Makanan Wajib Saat Paskah di Berbagai Negara di Dunia, Termasuk Indonesia

Paskah dirayakan oleh umat Kristiani sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus. Hari Paskah merupakan hari yang dinantikan terutama bagi anak-anak karena identik dengan makanan manis dan acara menghias telur.

Di beberapa negara, hari Paskah tidak selalu didominasi oleh telur warna-warni. Selain menghias telur, ada tradisi menghadirkan makanan tradisional yang khas dan wajib ada saat Paskah. Hidangan tersebut memiliki makna khusus dan juga filosofi tersendiri.

Nah, berikut ini Gotomalls sudah merangkum makanan wajib saat Paskah yang dihidangkan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Capirotada - Meksiko

article image

Image source: thespruceeats.com

Capirotada merupakan makanan khas Meksiko yang disajikan pada hari Jumat Agung. Hidangan khas ini merupakan puding roti, terbuat dari bolillo atau roti mirip baguette yang direndam dengan sirop gula, kayu manis dan cengkeh.

Makanan lezat ini juga memiliki topping yang beragam, bisa berupa buah kering, kacang-kacangan dan meses. Capirotada sendiri memiliki makna khusus, yakni dimaksudkan untuk menandakan peristiwa penyaliban. Kayu manis merupakan simbol salib, cengkeh menandakan paku sedangkan roti melambangkan tubuh Kristus.

Fanesca - Ekuador

article image

Image source: laylita.com

Fanesca merupakan sup hangat yang biasa dihidangkan saat Paskah di negara Ekuador. Hidangan lezat ini dimasak dengan berbagai biji-bijian, kacang-kacangan, bacalao dan ikan cod kering yang telah diasinkan.

Tiap rumah tangga umumnya menggunakan bahan yang berbeda, ada yang menggunakan kacang polong, kacang fava, bawang merah, bawang putih, labu, jagung, beras dan susu. Idealnya fanesca dimasak dengan 12 jenis kacang yang melambangkan 12 rasul dan wajib menambahkan bacalao yang melambangkan Yesus.

Pashka - Rusia

article image

Image source: idntimes.com

Pashka merupakan hidangan penutup khas Rusia yang disajikan saat Paskah. Makanan lezat ini berbentuk piramida dan terbuat dari keju yang dimasak secara tradisional.
Tumpukan adonan keju yang menjadi bahan utama Pashka ini sering dihias dengan buah kering dan simbol-simbol religius seperti surat-surat dari Christos Voskres yang berarti Kebangkitan Kristus.

Pashka juga sering dihias dengan bentuk huruf XB yang berarti Kristus telah bangkit. Makanan ini bisa dimakan langsung atau disantap dengan roti.

Tarta Pascualina - Argentina

article image

Image source: thedailymeal.com

Pascua merupakan kata dalam bahasa Spanyol yang berarti Paskah. Jadi Tarta Pascualina memiliki arti kue tart saat Paskah. Kue lezat ini biasanya dihidangkan selama pra-Paskah dan tidak terbuat dengan bahan daging. Umumnya kue ini memiliki isian ricotta, bayam, telur rebus, peterseli dan artichoke.

Karena tidak berisi daging, kue ini dimasak dengan telur yang banyak. Nah telur-telur inilah yang melambangkan kebangkitan Yesus Kristus.

Advocaat - Belanda

article image

Image source: privatechefisleofwight.co.uk

Makanan yang biasa disajikan saat Paskah di negara Belanda ini tidak seperti hidangan khas lainnya. Advocaat menyerupai eggnog, terbuat dari telur, gula dan brendi. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dan memiliki cita rasa seperti custard.

Advocaat yang pekat terbuat dari kuning telur dan umumnya digunakan sebagai toping untuk wafel dan bahan pastry. Hidangan khas ini juga dapat diminum langsung dan biasanya diberi taburan cokelat di atasnya.

Tsoureki - Yunani

article image

Image source: delonghi.com

Tsoureki adalah roti manis khas Yunani dengan bentuk kepang. Hidangan ini dibuat dari tepung, susu, mentega dan gula dengan bumbu mahlab dan kulit jeruk. Selain dikenal sebagai hidangan paskah, Tsoureki merupakan santapan wajib para jemaat yang beribadah pagi di gereja.

Roti manis ini dibentuk seperti kepang tiga yang melambangkan Tritunggal Maha Kudus. Sementara telur puyuh rebus berwarna merah yang diletakkan di atasnya merupakan simbol darah Kristus.

Cek juga makanan khas lainnya yang ada diberbagai daerah di Indonesia dan dunia di bawah ini:

Artikel

Chervil Soup - Jerman

article image

Image source: abelandcole.co.uk

Hari Kamis sebelum Paskah dikenal sebagai Kamis Putih atau Kamis Hijau di negara Jerman dan dikenal dengan sebutan Grundonnerstag. Hal tersebut kemudian memengaruhi tradisi masyarakat Jerman yang menyantap makanan berwarna hijau pada hari itu.

Salah satu makanan berwarna hijau yang disantap saat Paskah di Jerman adalah chervil soup. Hidangan ini merupakan sup sederhana yang dimasak dengan daun seledri dan peterseli.

Hot Cross Buns - Inggris

article image

Image source: theneffkitchen.com.au

Hot Cross Buns merupakan hidangan khas Paskah dari Inggris. Roti manis ini disantap saat Jumat Agung untuk menandai akhir dari masa pra-Paskah. Hal tersebut telah menjadi tradisi selama berabad-abad.

Umumnya Hot Cross Buns diberi topping kismis atau anggur kering sebagai hiasan dan menggunakan lapisan gula untuk membuat simbol cross atau salib di atasnya. Lapisan gula berbentuk salib ini merupakan simbol penyaliban Yesus.

Baked Ham - Amerika Serikat

article image

Image source: qraved.com

Di Amerika Serikat, ham panggang menjadi hidangan wajib saat Paskah. Biasanya hewan akan disembelih terlebih dahulu saat musim gugur, kemudian disimpan di dalam kulkas hingga Paskah tiba.

Daging tersebut kemudian diolah saat Paskah. Tidak hanya dipanggang, daging ham ini juga diberi tambahan bumbu madu, gula merah dan irisan nanas untuk menambah cita rasa daging ham.

Telur Rebus dan Soto Ayam - Indonesia

article image

Image source: pinterest.com

Nah, kalau di Indonesia telur rebus dan soto ayam menjadi hidangan wajib nih saat Paskah. Seperti di negara lain, biasanya telur rebus disajikan dengan warna-warni dan pernak-pernik yang cantik untuk kemudian diberikan kepada anak-anak.

Soto ayam sendiri menjadi salah satu hidangan penting saat Paskah di Indonesia. Soto ayam selalu disajikan di momen Paskah karena cara memasak yang cukup mudah dan cita rasa yang lezat. Tidak lupa umumnya aneka snack, permen, kue kering dan manisan juga dihidangkan sebagai menu pelengkap.


Itu tadi berbagai makanan lezat yang dihidangkan saat Paskah di berbagai negara di Indonesia. Nah, kamu sendiri akan memasak hidangan apa saat Paskah nanti? Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya untuk kamu hanya di Gotomalls.com

Mall

featured image source: myfoodbook.com.au