Empat Pilar Gizi Seimbang

Apakah selama ini kamu sudah mengonsumsi makanan dengan benar dan telah memenuhi gizi seimbang? Jika belum, simak penjelasan tentang gizi seimbang untuk menuju hidup yang lebih sehat lagi dari hari ini dan seterusnya. Pada 2014, Kementerian Kesehatan meluncurkan Program Gizi Seimbang untuk diterapkan sehari-hari baik dari jenis dan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam penerapannya ada 4 pilar gizi seimbang yang perlu kamu terapkan untuk mencegah masalah kesehatan. Untuk memperingati Hari Gizi dan Makanan yang jatuh setiap tanggal 27 Januari, berikut ini 4 pilar gizi seimbang yang perlu kamu ketahui dan terapkan:

Konsumsi Makanan Beragam

article image

Image source: suarasurabaya.net

Pilar pertama dari 4 pilar gizi seimbang adalah mengonsumsi makanan beraneka ragam. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tubuh kita mendapat asupan gizi dari berbagai jenis pangan. Karena satu jenis makanan tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Seperti kebutuhan akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh seseorang terutama anak-anak. Penuhi asupan gizi dengan mengonsumsi beragam makanan dalam satu piring dengan tetap memerhatikan jumlah asupan yang cukup dan tidak berlebih.

Menjaga Berat Badan Ideal

article image

Image source: today.line.me

Kedua dari 4 pilar gizi seimbang adalah menjaga berat badan agar tetap ideal dalam indeks massa tubuh. Mengonsumsi makanan beraneka ragam bukan berarti kita bisa sembarangan memakan apa pun. Jika makanan sembarang yang dikonsumsi tidak bisa memenuhi gizi, maka akan cepat membuat kita lapar khususnya anak-anak. Jika tidak bisa dikontrol dan rasa cepat lapar selalu muncul justru membuat badan bisa menjadi obesitas yang kemudian berujung berbagai masalah kesehatan muncul satu per satu. Tidak mau seperti itu, bukan? Untuk itu, jaga badan tetap ideal dengan memperhatikan asupan makanan yang bergizi.

Pola Hidup Bersih dan Sehat

article image

Image source: investor.id

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga berat badan ideal, 4 pilar gizi seimbang yang juga harus diperhatikan adalah menjaga pola hidup bersih dan sehat. Jangan terlalu cuek atau acuh tak acuh terhadap kebersihan jika tidak tubuh mudah terinfeksi berbagai kuman dan bakteri. Ketika kuman dan bakteri sudah masuk dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Jika sudah seperti ini, maka mengacu pada status gizi seseorang. Gizi yang tidak seimbang dan kebersihan yang kurang terjaga bisa membuat seseorang mudah terserang penyakit dan secara tidak langsung zat gizi yang ada dalam tubuh ikut menurun.

Melakukan Kegiatan Fisik atau Berolahraga

article image

Image source: iu.co.id

4 pilar gizi seimbang yang terakhir adalah melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara rutin. Tujuannya adalah keluar dan masuknya gizi dan energi di dalam tubuh bisa seimbang. Dengan begitu, maka akan membantu melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh. Jika kalori yang masuk tidak diimbangi dengan yang dikeluarkan, maka akan berubah jadi lemak. Untuk itu, melakukan aktivitas fisik sangat disarankan dan dengan bergerak mengeluarkan keringat tubuh pun jadi lebih sehat dan bugar.

Selain itu lengkapi kebutuhan kesehatan kamu dengan beberapa suplemen yang baik bagi tubuh di bawah ini:

Products


Itulah 4 pilar gizi seimbang yang perlu dijalani setiap harinya untuk mendapat asupan gizi yang cukup dan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Belum terlambat untuk memulainya dari sekarang. Selamat hidup sehat!

Articles

Malls

featured image source: medcom.id