Alat Wajib Untuk Vlogger

Buat Mall Goers yang suka nge-youtube pasti sadar kalau sekarang ini jumlah vlogger Indonesia sudah semakin meningkat jumlahnya. Mulai dari beauty vlogger yang membahas tentang make up dan kosmetik, travel vlogger, ataupun vlogger tutorial, mulai dari tutorial masak, mengenakan hijab, sampai editing.

Tapi jangan salah lho Mall Goers, para creator di youtube ini nggak sembarangan bikin video. Konsep matang mereka siapkan terlebih dahulu supaya hasilnya terlihat cantik dan dapat dinikmati para viewer-nya. Sebagian dari creator juga menggunakan peralatan yang sudah disiapkan khusus untuk membuat video. Tapi meskipun begitu, buat kita yang sudah niat mulai nge-vlog, jangan patah semangat dulu, karena kita tetap bisa kok bikin konten dengan peralatan yang sudah ada.

Berikut peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi vlogger dari yang sederhana hingga yang mumpuni.

Kamera atau Smartphone

article image

source: wearetop10

Bisa dibilang kamera merupakan alat utama untuk membuat video. Kalau kita memang menyukai traveling atau fotografi, nggak ada salahnya beli kamera yang sedikit merogoh kocek karena kalau bisa memanfaatkan dengan baik kita bisa kok balik modal.

Kamera Sony a51000 lumayan banyak dipakai oleh vlogger Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau. Selain itu speknya pun sudah cukup memenuhi kebutuhan yaitu microphone stereo, layar sentuh flip-able, dan body yang tipis mempermudah dalam mengambil video. Alternatif kedua adalah, Canon EOS 70D yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.399.000. Kamera ini termasuk kamera profesional yang cocok buat kita yang mau menekuni dunia fotografi dan vlogging.

Sedangkan kalau mau hemat, kita bisa kok pakai smartphone yang kita punya. Beberapa vlogger menggunakan iphone untuk merekam momen dan meng-upload-nya di youtube. Tapi untungnya sekarang banyak smartphone terjangkau yang bisa kita pakai, salah satunya adalah Asus Zenfone 2 atau Lenovo Vibe X.

Kamu bisa cek product rekomendasi kami yang kamu bisa beli langsung dari link ini.

Products

Lighting

article image

source: photojojo

Nah, item ini nih yang bisa ngebantu kita menghasilkan video yang terang. Jadi sebenarnya nggak masalah mau pakai kamera atau smartphone apa selama ada lighting. Kebanyakan para vlogger, terutama beauty vlogger, milih utuk menggunakan ring light. Karakter lampu yang smooth dan silky bakal ngebuat kulit kita cerah dan mata menjadi lebih hidup.

Unfortunately, baru beberapa tempat aja yang menyediakan ring light. Buat kita yang kreatif, di beberapa video youtube sudah banyak yang menyediakan tutorial DIY-nya. Tapi kalau kita belum sempet untuk bikin sendiri, bisa juga mengakalinya dengan meletakkan kamera dengan posisi membelakangi kamera. Tinggal manfaatin pencahayaan alami matahari aja.

Cek juga promo-promo menarik seputaran elektronik dan gadget yang bakal bikin kamu makin irit dalam membeli perlengkapan Vlog kamu.

Michrophone

article image

source: teneightymagazine

Mic penting disiapkan juga supaya suara kita terdengar jelas di video. Beberapa laptop dan kamera biasanya sudah dilengkapi dengan built-in mic supaya kita bisa bicara langsung di depannya. Tapi biasanya suara yang dihasilkan menggema, jadi ada baiknya kalau kita tetap menyiapkan mic khusus.

Buat yang akan membuat video dalam ruangan seperti tutorial hijab atau make up bisa menggunakan mic kecil yang bisa diletakkan di meja. Tapi kalau ingin mengambil gambar di luar dan kegiatan sehari-hari, sebaiknya menggunakan mic yang diletakkan di atas kamera atau clip on supaya nggak mengganggu saat proses berlangsung. Mic juga bisa diganti lho pakai headset kita, jadi tetep bisa shoot dengan perlangkapan yang ada.

Cek juga merchant rekomendasi kami untuk tempat kamu beli perlengkapan elektronik kamu.

Brands

Tripod

article image

source : pinterest

Supaya video kita kualitasnya bagus dan nggak goyang, sebaiknya gunakan tripod, gorilla pod, atau bahkan tongsis. Pengambilan gambar yang nggak butuh mobilitas tinggi bisa menggunakan tripod karena bisa diatur ketinggiannya, tapi di satu sisi resikonya adalah kesulitan meletakkan tripod di ruangan yang sempit dan penuh barang. Sedangkan kalau merekam kegiatan sehari-hari, bisa menggunakan gorilla pod atau tongsis. Hasil dari keduanya bisa cukup mengurangi ketidakstabilan saat kita jalan.

Kalau ada budget lebih atau memang ingin berfokus pada konten jalan-jalan, ada baiknya menggunakan stabilizer karena sangat meminimalisir guncangan saat sedang jalan atau berkendaraan.

Baca juga :

5 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik Pilihan Para Fotografer

10 Rekomendasi Smartphone Dengan Kamera Terbaik

Laptop atau Komputer

article image

source : pinterest

Bisa dibilang laptop jadi alat terakhir yang kita butuhkan untuk finalisasi hasil video yang sudah kita rekam. Selama komputer atau laptop kita pakai processor quad-core dan punya RAM 4GB, proses editing bisa lebih lancar. Sedangkan untuk software editing, menurut youthmanual, bisa menggunakan Adobe Premier, After Effect, iMovie dan Sony Vegas Pro.

**

Kira-kira kelima tools ini lah yang dibutuhkan saat proses nge-vlog. Kalau memang mau diseriusin, lebih baik kita mulai nyicil peralatan profesional untuk hasil maksimal. Supaya nggak bingung waktu beli dan over budget, bisa hunting dulu ke outlet Elektronik Solution (ES) karena lengkapnya produk yang ditawarkan bikin kita nggak perlu ke mana-mana lagi untuk memenuhi kebutuhan elektronik. Selain itu kita bisa juga konsultasi dengan staff ES yang profesional dan juga friendly. Cek juga GoToMalls.com dan page ES untuk mengetahui promo dan event apa yang sedang berlangsung di sana.

Segera kunjungi kami di GoToMalls.com untuk dapatkan informasi promo belanja terkini hanya dalam genggaman tanganmu!

[[product]]

Brands

Malls