Cara Meningkatkan Daya Ingat

Otak manusia begitu kompleks dan muskil dipahami, tetapi organ ini memiliki peran vital sebagai komando sistem saraf. Otak kita mengendalikan hampir semua aktivitas tubuh, mulai dari menjalani proses, mengintegrasikan, hingga mengkoordinasi informasi.

Namun, faktor usia dapat menyebabkan kualitas kinerja otak menurun, utamanya kemampuan daya ingat. Pada usia muda, manusia bisa mengingat sesuatu dengan mudah hingga hal-hal yang rumit sekalipun. Tetapi ketajaman ingatan mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Bahkan, kemampuan dalam mempelajari hal baru pun bisa terasa sulit.

Masalah seperti ini sebetulnya masih bisa dihindari dengan cara meningkatkan daya ingat melalui aktivitas-aktivitas otak yang mampu merangsang dan memelihara ketajaman ingatan. Kalau kamu merasa punya masalah dalam mengingat, kamu bisa coba 5 latihan berikut ini:

1. Menambah Kosakata Baru

article image

Image source: Infercabulary.com

Cara meningkatkan daya ingat yang paling sederhana bisa kamu lakukan dengan mempelajari dan menghafal kosakata baru. Memiliki gudang kosakata yang melimpah tidak cuma membuat seseorang kelihatan cerdas, tapi juga efektif untuk memelihara kesehatan otak. Aktivitas ini akan merangsang otak untuk terus mencerna dan menyimpan informasi.

Kamu bisa mulai dengan menuliskan kata atau istilah yang jarang ditemui. Siapkan catatan kecil saat sedang membaca, menonton, atau mendengarkan musik. Jika ada kata-kata atau istilah yang kedengaran asing, segera catat dan pelajari artinya. Kemudian, jangan lupa juga untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Gunakan Semua Indera dalam Mencerna Informasi

article image

Image source: hms.harvard.edu

Semakin banyak indera yang dilibatkan dalam mengingat hal baru, pun semakin banyak bagian otak yang terlibat dalam merekam informasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang akan lebih mudah mengingat sebuah objek dalam gambar ketika aroma aslinya dihadirkan. Aroma tersebut akan merangsang indra penciuman dan korteks piriform menjadi lebih aktif.

Nah, temuan ini bisa digunakan untuk melatih ketajaman daya ingat. Ketika sedang mencerna informasi baru, misalnya saat mencicipi minuman, libatkan kelima indra secara bersamaan untuk mengingat setiap detailnya. Mulai dari aroma, tekstur, rasa, dan juga penampilannya.

3. Memperbaiki Koordinasi Mata dan Tangan

article image

Image source: Yardleyarts.org

Everyday Health menjelaskan bahwa latihan otak bisa dilakukan dengan sering melakukan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan. Cara meningkatkan daya ingat ini misalnya dengan melakukan aktivitas motorik halus seperti menggambar, merajut, atau menyusun puzzle.

Dengan selalu meningkatkan kemampuan kognitif, maka otak akan terus terangsang untuk menggunakan kemampuan ingatan. Hobi kreatif seperti menggambar atau merajut memang membutuhkan keuletan. Namun, ada banyak riset yang membuktikan bahwa kegiatan itu memang terbukti mampu meningkatkan daya ingat.

4. Latihan Observasi 4 Detail

article image

Image source: simplycharlottemason.com

Cara meningkatkan daya ingat yang satu ini cukup menyenangkan. ‘Latihan observasi 4 detail’ atau disebut juga ‘latihan memori pasif’ dilakukan dengan cara mengamati detail khusus dari suatu objek/subjek untuk mengingatnya kemudian. Latihan pengamatan ini bertujuan untuk memaksa otak mengingat informasi di lain waktu.

Cara melakukannya cukup sederhana. Misalnya jika kita baru berkenalan dengan seseorang, coba amati 4 detail tentang orang tersebut; warna pakaian, tempat tinggal, jenis kendaraan, dan model jam tangannya, lalu tulis dalam catatan. Jika bertemu lagi di lain waktu, perhatikan lagi 4 detail sebelumnya, apakah kamu masih bisa mengingatnya? Setelah itu, cocokkan dengan catatan yang kamu buat.

5. Meditasi

article image

Image source: sweetyhigh.com

Latihan meditasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mental, dan spiritual. Meditasi tidak cuma membuat kita merasa lebih rileks, tapi juga mampu meningkatkan daya ingat. Sejumlah penelitian pun sudah membuktikan efektivitas meditasi terhadap peningkatan ketajaman memori otak.

Lebih dari itu, meditasi dapat meningkatkan fokus, empati, hingga sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa aktivitas yang satu ini sangat dianjurkan. Kamu hanya perlu meluangkan beberapa menit untuk berkonsentrasi penuh terhadap setiap tarikan nafas, mengosongkan pikiran, sambil merasakan setiap sensasi yang muncul. Untuk mendapat hasil yang optimal, lakukan latihan ini secara rutin.

Demikianlah 5 cara meningkatkan daya ingat yang efektif untuk kamu coba. Simak juga info menarik seputar tips gaya hidup berikutnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: ucl.ac.uk