5 Cara Meredakan Sakit Gigi Bungsu

Seiring bertambahnya usia, gigi bungsu akan terus tumbuh secara lengkap. Pada orang dewasa, jumlah gigi ada 32 buah yang tumbuh pada usia 17 hingga 25 tahun. Disebut gigi bungsu karena gigi ini adalah yang paling terakhir terbentuk dan mencuat ke atas permukaan gusi. Gigi bungsu adalah empat gigi geraham ketiga yang tumbuh dua di rahang atas dan dua di bawah, di bagian mulut paling belakang.

BACA JUGA:
6 Gerakan Olahraga di Rumah yang Sederhana Tapi Bikin Kurus!

Pertumbuhan gigi bungsu biasanya terasa menyakitkan, meskipun ada beberapa orang yang beruntung tidak mengalami rasa sakit tersebut. Namun beberapa di antaranya bahkan sampai harus menjalani operasi gigi karena gigi yang tumbuh mengalami masalah, seperti tumbuh miring. Rasa sakit pada gigi bungsu bisa benar-benar menyakitkan hingga nggak bisa menjalani aktivitas seperti biasanya.

Nggak perlu panik, ada 5 cara meredakan sakit gigi bungsu yang efektif buat kamu ikuti:

Minum Obat Pereda Nyeri

article image

source: phentermine.com

Untuk sementara, kamu bisa meminum obat pereda nyeri sakit gigi yang mengandung paracetamol atau ibuprofen. Obat semacam ini bisa dibeli dengan bebas di apotek. Bila sakitnya tak kunjung hilang, kamu bisa berkunjung ke dokter gigi untuk minta diresepkan antibiotik guna mempercepat penyembuhan infeksi.

kamu mungkin tertarik dengan promo perawatan gigi di bawah ini. Yuk dicek!

Kumur Air Garam Hangat

article image

source: suffieldtimes.com

Kalau nggak mau mengonsumsi obat, kamu bisa mencoba cara meredakan sakit gigi bungsu secara alami, yakni berkumur dengan air garam hangat. Cara ini adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menyingkirkan sakit gigi bungsu. Cukup larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur mulut selama beberapa menit, dan kamu akan menemukan sedikit kelegaan. Ulangilah beberapa kali sehari jika diperlukan.

Obat Kumur

article image

source: suffieldtimes.com

Obat kumur antibakteri yang mengandung chlorhexidine juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan gusi yang disebabkan tumbuhnya gigi bungsu. Kamu bisa membelinya di apotek. Berkumurlah secara rutin biar rasa sakitnya sedikit berkurang.

Kamu bisa beli obat kumur ini di apotek terdekat, atau di apotek yang bisa kamu temui di mall seperti berikut ini :

Brands

Kompres dengan Es

article image

source: 1health.id

Selain enak dinikmati untuk melegakan rasa haus, ternyata es juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, lho. Kamu bisa menempelkan kompres es di pipi tempat gigi bungsu tumbuh selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali jika diperukan. Namun ingat, jangan gunakan kompres panas.

Periksa ke Dokter Gigi

article image

source: cdn2.tstatic.net

Kalau keempat cara meredakan sakit gigi bungsu di atas sudah nggak manjur, jalan terakhir adalah pergi periksa ke dokter gigi. Kebanyakan dokter gigi menyarankan gigi bungsu yang menyebabkan sakit untuk dicabut sebelum keluhan berubah menjadi masalah besar. Dokter gigi atau ahli bedah gigi akan membuka jaringan gusi di atas gigi bungsu jika diperlukan dan mencabut gigi bermasalah tersebut. Kadang, gigi akan terlebih dulu dipotong menjadi potongan-potongan kecil untuk lebih memudahkan pencabutan. Setelah gigi dicabut, kamu mungkin perlu jahitan. Kalau kamu memiliki infeksi, kamu mungkin harus menunggu sampai infeksinya hilang sebelum gigi bungsumu dicabut.

Happy Dental Clinic merupakan klinik gigi terpercaya yang bisa kamu kunjungi untuk masalah sakit gigi mu. Dokter dan tenaga medisnya profesional yang juga didukung oleh peralatan medis berkualitas. Klinik ini sudah banyak tersebar di beberapa mall di Indonesia. Jadi nggak mager buat periksa kesehatan gigi dan mulut kita kan?

Untuk tahu lokasi Happy Dental Clinic, kamu bisa mencarinya di GoToMalls.com.

Malls


Brands