Tempat Wisata Hijau di Indonesia

Orang Indonesia layak bersyukur dan berbangga hati tinggal di negara yang unik ini. Sebab, kondisi geografis Indonesia sangat menguntungkan dari berbagai sisi, mulai dari sektor perdagangan hingga pariwisata.

Potensi-potensi alam Indonesia tak pernah gagal memikat para wisatawan untuk datang dan menikmati pemandangannya yang cantik. Berkat karakteristik alam tropisnya, kita bisa dengan mudah menemukan spot-spot wisata alam hijau yang menyegarkan mata.

Kali ini, Gotomalls akan membagikan beberapa referensi tempat wisata hijau di Indonesia yang patut kamu kunjungi. Ada banyak hal menarik untuk dijelajahi sekaligus memperkaya pengalaman. Berikut daftarnya:

1. Pusuk Sembalun - Nusa Tenggara Barat

article image

Image source: gotripina.com

Pegunungan adalah lokasi yang sempurna untuk menikmati pemandangan pepohonan hijau secara utuh. Di Taman Wisata Pusuk Sembalun, yang terletak di lereng Gunung Rinjani, kamu bisa menyaksikan salah satu lanskap terbaiknya.

Sejauh mata memandang, terlihat hamparan hutan hijau khas daerah tropis yang tersibak diantara awan-awan tipis. Pengunjung juga bisa menyaksikan kawanan monyet berkeliaran bebas di dahan-dahan pohon. Jangan pula jelajahi spot-spot menarik seperti Kalibiru, Lodge Maribaya, Padangbon, dan sebagainya.

2. Ngarai Sianok - Bukittinggi

article image

Image source: NativeIndonesia.com

Sesuai dengan namanya, Bukittinggi punya sejumlah destinasi wisata keren bernuansa alam dari atas perbukitan. Hawa sejuk dan budaya setempat yang unik menjadikan kota ini disukai para wisatawan. Ngarai Sianok salah satunya.

Bukan cuma pemandangan hijau yang bisa kamu nikmati di tempat ini. Di sekeliling ngarai terdapat kafe-kafe dan spot atraksi wisata alam, cocok sekali untuk kamu yang mencari paket wisata lengkap. Beberapa tempat yang patut dikunjungi diantaranya Taruko Café Resto, Rumah Pohon Abdul, Taman Panorama, Jam Gadang, dsb.

3. Dataran Tinggi Dieng - Jawa Tengah

article image

Image source: Google Sites

Dataran Tinggi Dieng sudah tersohor akan panorama alamnya. Dari atas ketinggian 2.093 mdpl, pengunjung akan dimanjakan dengan hawa sejuk yang bersih, hamparan pepohonan hijau berkabut, dan tentunya spot-spot menarik untuk atraksi wisata.

Salah satu spot menarik yaitu Kawah Sikidang. Pemandangan di sekitar kawah ini bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah kita jumpai. Kepulan asap belerang menyaru indah dengan hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang sangat kontras.

Ingin menikmati sunrise? Kamu bisa mampir ke Puncak Sikunir yang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk berburu sunrise.

4. Malino Highlands - Sulawesi Selatan

article image

Image source: CNN Indonesia

Tempat yang semula hanya perkebunan teh biasa di salah satu daerah pelosok di Makasar, kini telah disulap menjadi destinasi wisata alam yang cantik dan beragam.

Malino Highlands menawarkan segudang atraksi dan fasilitas yang lengkap. Kamu bisa menonton paralayang, berkeliling sambil menunggangi kuda, berfoto di kebun bunga, petting zoo, main bungee jumping, trampolin, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Setelah puas dengan aktivitas-aktivitas menyenangkan, jangan lupa mampir ke Green Pekoe Café. Kafe dengan konsep dinding kaca semi terbuka yang cocok untuk menyantap hidangan lezat sambil melihat pemandangan kebun teh.

5. Bukit Matang Kaladan - Kalimantan Selatan

article image

Image source: Celebes.co

Di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Banjar, ada Bukit Matang Kaladan yang disebut-sebut mirip seperti Raja Ampat-nya Papua, terutama jika dilihat dari ketinggian.

Satu hal paling berkesan di tempat ini adalah lanskap pepohonan hijau di tengah pulau-pulau kecil yang terletak di perairannya. Di ujung lainnya, terdapat Waduk Riam Kanan, yang menyuguhkan pemandangan bukit dan pulau.

Tentunya pengalaman wisatamu kurang lengkap jika belum mengabadikan keindahan alamnya. Nah, di bukit ini juga sudah disediakan spot-spot ciamik untuk berfoto, ada spot rumah kabin, perahu, hingga platform di pepohonan.

Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: pesonaindo.com