Fakta Menarik Seputar Halloween

Jutaan orang di seluruh dunia merayakan Halloween setiap tanggal 31 Oktober. Di setiap sudut kota akan nampak orang-orang mengenakan kostum unik untuk memeriahkan perayaan Halloween.

Umumnya, orang dewasa akan merayakan Halloween dengan kostum tersebut untuk berpesta sepanjang malam. Sementara anak-anak akan menyatroni rumah-rumah tetangga mereka untuk bermain trick or treat, lengkap dengan busana bertema horor.

Nah, dibalik meriahnya perayaan Halloween yang telah lama dipopulerkan di Amerika Serikat, tradisi ini awalnya muncul dari Eropa. Halloween sendiri terkait dengan festival celtic kuno Samhain, di Irlandia.

Berikut 5 fakta menarik seputar Halloween yang perlu kamu tahu:

1. Bentuk Penghormatan Bagi Orang-Orang yang Sudah Mati

article image

Image source: 99.co

Halloween bermula dari salah satu tradisi Bangsa Celtic kuno, yaitu perayaan Samhain setiap tanggal 1 November. Samhain diselenggarakan sebagai ritual penghormatan bagi orang mati.

Secara harfiah, Halloween berasal dari istilah "All Hallows' Eve". Kata 'Hallow' diambil dari kosakata Inggris Kuno yang berarti 'suci' dan 'malam' mengacu pada pengaturan malam hari.

All Hallows' Eve atau disebut juga All Hallows' Even, yang kemudian disingkat menjadi "Hallow-e'en" di abad ke-16. Lantas, tanda kutip dan tanda hubung dihilangkan pada abad ke-18.

2. Kostum Halloween untuk Mengelabui Roh Jahat

article image

Image source: Pinterest

Pada tahun 2008, dalam sebuah kesempatan wawancara oleh National Geographic News bersama Ken Nilsen, profesor studi Celtic di Universitas St. Francis Xavier Kanada, Ken mengungkapkan bahwa masyarakat Celtic kuno menggunakan bagian tubuh hewan dalam ritualnya.

Ada kepercayaan bahwa jiwa-jiwa yang sudah berpulang akan mebali berjalan di muka bumi, mencari kehidupan untuk dibawa pada hari Halloween. Oleh karenanya, kostum Halloween dipakai untuk menipu roh jahat agar berpikir bahwa yang mereka lihat adalah sesama hantu, bukan orang hidup.

3. Asal Usul Jack O' Lanterns

article image

Image source: ichi.pro

Perayaan Halloween sangat identik dengan figur menyeramkan berkepala labu, yang dikenal sebagai Jack O' Lanterns. Namun, di tempat asalnya kepala Jack-o'-lanterns berasal dari buah lobak, bit, dan kentang yang dibentuk sedemikian rupa.

Ada pria bernama 'Stingy Jack' dibalik figur Jack-o'-lanterns. Menurut foklor Celtic kuno, pria tersebut sering mempermainkan iblis semasa hidupnya. Sampailah pada hari Stingy Jack meninggal dunia, lantas iblis memasukkan jasadnya ke dalam lobak berukir.

Rakyat setempat meyakini bahwa hantu Stingy Jack masih berkeliaran. Akhirnya orang-orang membuat wajah-wajah menakutkan dengan buah lobak dan meletakkannya di depan rumah untuk menakut-nakuti hantu Stingy Jack.

Saat orang-orang Irlandia bermigrasi ke Amerika, mereka menemukan bahwa labu justru lebih cocok untuk membuat kepala Jack O'Lanterns.

4. Trick or Treat

article image

Image source: tokopedia.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pada perayaan Halloween anak-anak akan mendatangi rumah-rumah tetangganya untuk bermain trick or treat.

Permainan itu masih berasal dari tradisi orang-orang Celtic. Mereka yang telah memakai kostum akan berkeliling untuk saling bertukar makanan atau minuman.

Seiring dengan perkembangannya, tradisi ini dilakukan dengan cara mengucapkan “trick or treat!” untuk meminta camilan seperti cokelat, permen, atau kue. Kalau pemilik rumah tidak memberikan yang mereka minta, anak-anak akan menjahili pemilik rumah.

5. Ritual unik Mencari Jodoh

article image

Image source: somersetlive.co.uk

Selain kemeriahan pesta dan permainan seru untuk anak-anak, ada pula praktik yang tak kalah menarik dalam perayaan Halloween, yaitu ritual mencari suami. Pada abad ke-18, sebagian kalangan perempuan diketahui memanfaatkan tradisi Halloween untuk menemukan pasangan mereka.

Ritual ini dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, ada yang menggunakan media buah apel untuk dilempar, dengan harapan inisial nama jodoh mereka muncul dalam bentuk pola.

Selain itu, ada juga yang berdiri di ruang gelap, memegang lilin, dan menatap lurus ke arah cermin. Konon, wajah sang calon suami akan muncul di permukaan cermin.

Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: kompas.com