Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

Sampai sekarang kamera polaroid nggak pernah sepi peminat. Nggak heran, mengingat keunikan dari kamera ini dan kesan retro classic yang dihasilkan di foto-fotonya. Nggak bisa dipungkiri, they are so lovely! Apakah kamu mulai untuk mempertimbangkan untuk memiliki kamera cantik ini? Cek dulu kelebihan dan kekurangan dari kamera polaroid. Kira-kira apa saja ya?

Kamera Polaroid sendiri sebenarnya adalah merk dagang dari jenis kamera langsung, di mana foto terproses secara langsung di dalam badan kamera setelah pemotretan dilakukan. Kamera ini pertama kali dipasarkan sekitar tahun 1947 dan dirancang oleh Dr. Edwin Land. Sekarang ini kamera polaroid lebih banyak digunakan sebagai koleksi ketimbang difungsikan normal seperti kamera pada umumnya. Tapi bukan berarti kamera ini udah nggak bisa bersaing dengan kamera pada umumnya lho!

Kamu juga bisa beli kamera polaroid di store-store rekomendasi Gotomalls.

Brands

Kelebihan Kamera Polaroid

article image

Source: Pinterest

Cocok buat fotografer pemula

Berbeda dengan kamera digital yang memiliki banyak sekali tombol pengaturan, kamera polaroid ini memang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan pilihan tombol yang sedikit dan mudah dimengerti cara menggunakannya. So, praktis banget buat digunakan.

Mudah dan cepat

Dari pemotretan sampai pencetakan hasil gambar, semua bisa dilakukan less than 5 minutes! Berbeda sekali dengan kamera biasa yang membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk mencetak foto, kan? Disini, kita bisa langsung cek fisik foto nggak pakai lama-lama.

Eksklusif

Kamera ini hanya mencetak satu foto setiap pemotretan. Tentunya jadi lebih berharga dan berkesan gitu. Apalagi jika foto-foto yang diambil memiliki nilai dan memori tersendiri. Pasti berharga banget.

Desain yang unik

Kamera polaroid ini didesain dengan berbagai macam bentuk, warna, dan karakter yang beda banget satu sama lainnya. Nggak cuma itu aja, aksesoris pendukungnya pun nggak kalah unik. Dari hardcase glow in the dark yang funky sampai tas kulit yang elegan, semua ada. Refill filmnya juga berbagai macam. Seru banget buat dikoleksi.

Cocok untuk kegiatan outdoor

Kamera ini cocok banget buat digunakan diluar ruangan atau outdoor. Cahaya matahari memang berperan penting untuk menghasilkan foto yang maksimal, tapi berbeda dengan kamera digital yang harus diatur terlebih dahulu pencahayaannya, kamera polaroid bisa bekerja dengan sangat baik di tempat yang cukup terang.

Kamu bisa cek promo seputaran dunia elektronik dan kamera di Gotomalls

Kekurangan Polaroid

article image

Source: Pinterest

Ukuran foto yang terbatas

Karena foto langsung tercetak, maka ukurannya pun tidak bisa disesuaikan besar kecilnya sesuai kebutuhan. Agak susah kalau kita pas butuh ukuran yang lebih kecil atau lebih besar.

Refill kertas foto

Terbatasnya isi kertas foto yang dimasukan ke dalam kamera membuat kita harus selalu membawa kertas refill kemana-mana. Kalau kertas foto habis dan nggak bawa refill, maka kameranya nggak bisa dipakai.

Harga Kertas Refill yang Pricey

Selain jumlah kerta refill yang terbatas, harganya pun terbilang sedikit pricey. Untuk harga 1 pak tanpa motif yang berisi 10 lembar dibandrol harga (kurang lebih) Rp 100.000. Sedangkan untuk kertas bermotif biasanya berkisar di Rp 120.000. Nah, kalau dihitung-hitung sih sekali jepret memakan biaya Rp 10.000an.

Kualitas gambar yang berbeda dengan kamera digital

Pengaturan yang terbatas memberikan efek apa adanya pada hasil foto. Nggak bisa di-adjust filter atau fokusnya.

Bekerja kurang baik pada low light condition

Terbatasnya pengaturan cahaya membuat kamera ini nggak begitu baik buat dipakai di tempat gelap atau minim cahaya.

Baca Juga :

7 Rekomendasi Kamera Underwater Terbaik untuk Liburan Musim Panas

Itu dia plus dan minus yang bisa kita dapatkan dari kamera polaroid. Kamera polaroid memang bukan menekankan pada kualitas gambar, tetapi lebih ke penggunaan yang bisa dikreasikan dari hasil foto-fotonya. Supaya nggak salah pilih beli polaorid, mending langsung ke gerai kamera favoritmu. Jangan lupa cek GoToMalls.com untuk dapetin promo terkait elektronik dan gadget!

Brands

Malls