Safety Check Mobil Sebelum Liburan

Tak terasa sebentar lagi musim liburan akhir tahun akan segera tiba. Dalam beberapa pekan ke depan, tempat-tempat tujuan rekreasi seperti pantai, mall, hingga taman wisata akan mulai dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah.

Sebelum berangkat liburan, ada baiknya kita memeriksa kesiapan kendaraan, terutama bagi kamu yang membawa mobil bersama rombongan keluarga.

Jangan anggap remeh perkara safety check mobil sebelum liburan. Selain untuk menjamin keselamatan, jika mobil sampai mogok di tengah perjalanan, belum tentu ada bengkel terdekat yang bisa kita jangkau.

Jangan sampai waktu liburan terbuang percuma gara-gara mobil mogok. Oleh sebabnya, simak dulu tips safety check mobil berikut ini:

1. Periksa Kondisi Ban

article image

Image source: hondabintangmadiun.co.id

Pertama-tama, periksa kondisi ban mobil. Pastikan ban terisi angin dengan tekanan ideal (lihat buku manual/stiker rekomendasi di pintu supir).

Jangan lupa cek rotasi roda dan sediakan juga ban cadangan di bagasi mobil. Kalau rotasi sudah tidak seimbang, segera lakukan spooring dan balancing agar berkendara lebih aman dan nyaman.

2. Pastikan Rem Berfungsi dengan Baik

article image

Image source: CarTreatments.com

Kendaraan dengan sistem pengereman yang bermasalah sangat rawan mengalami celaka fatal. Maka dari itu, pastikan rem mobil kamu berfungsi dengan baik.

Memeriksa kondisi rem sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli. Waspada kalau-kalau ada kebocoran pada selang rem atau kondisi oli yang sudah tidak layak.

Selain itu, pastikan juga kampas rem masih cukup tebal. Jika pedal rem sudah mulai terasa longgar pada saat diinjak, jangan ragu untuk mengganti dengan kampas baru, terutama kalau sudah mengeluarkan suara-suara mendesit.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

article image

Image source: TotalEnergies Egypt

Kapan terakhir kali mobil dibawa ke tempat servis untuk ganti oli? Jika hendak melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan kondisi oli mesin masih dalam kondisi baik.

Gunakan dipstick untuk cek kadar oli. Caranya, celupkan dipstick ke dalam oli, dan pastikan berada di garis antara L dan F, atau lebih baik jika berada sedikit di bawah garis F. Jika sudah mendekati garis L, sebaiknya tambah sedikit oli dengan produk yang sama.

Selain oli mesin, cek juga kondisi cairan-cairan ruang mesin lainnya, seperti air radiator, fluida power steering (kalau masih pakai), oli transmisi otomatis, air aki (untuk aki konvensional), hingga air wiper.

4. Periksa Sistem Kelistrikan, Wiper, dan AC

article image

Image source: Hargatoyota.com

Setelah itu, periksa juga sistem kelistrikan. Pastikan lampu-lampu seperti lampu jauh, lampu dekat, lampu sein, lampu kabut, sampai lampu rem berfungsi dengan baik.

Mengingat liburan kali ini bertepatan dengan musim hujan, pengendara juga harus memastikan kondisi wiper dalam keadaan bagus.

Bagian interior pun tidak kalah penting untuk diperiksa. Misalnya AC, sebagai penunjang kenyamanan. AC yang tidak dingin juga akan mengganggu visibilitas karena kaca mobil bisa mengembun.

5. Pakai Sabuk Pengaman

article image

Image source: rac.co.uk

Meskipun mobil sudah dalam kondisi prima dan siap dibawa liburan, jangan lengah dengan ketertiban berkendara. Pastikan semua orang mengenakan sabuk pengaman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Kondisi fisik pengemudi juga wajib dicek. Jika sedang mengalami keluhan-keluhan pada tubuh, apalagi jika berkaitan dengan konsentrasi dan fungsi kinetik, jangan memaksakan diri untuk mengemudi.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: bestholidaytips.co.uk