Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate

Menempuh proses interview kerja memang tak mudah. Sebelum dipanggil ke kantor, Anda akan diseleksi lewat resume agar pihak perusahaan memahami segala data diri dan latar belakang. Tak cuma contoh CV yang bagus, siapkan pula mental agar wawancara berjalan lancar dan sukses

Khusus buat kalangan fresh graduate, proses interview kerja bakal terasa menegangkan. Pasalnya, inilah pengalaman pertama Anda sejak lulus sekolah atau perguruan tinggi. Wawancara profesional berbeda dengan tanya jawab biasa, perlu tips khusus dan spesial.

Konon, pekerjaan pertama adalah langkah Anda dalam menempuh karier selamanya. Ia merupakan sebuah batu loncatan untuk menuju tingkat kesuksesan di masa depan. Wajar jika perasaan seperti jantung yang berdebar hingga sulit konsentrasi, sering terjadi.

Mudah saja, Anda sebagai fresh graduate dapat mengatasi perasaan waswas tersebut dengan membaca tips interview kerja di bawah ini. Yuk, simak secara seksama.

Riset Perusahaan Sebelum Interview

article image

image source : loketpintar.id

Kesalahan klasik yang dilakukan kebanyakan fresh graduate adalah abai meneliti perusahaan tempat mereka diwawancarai. Tips interview kerja yang satu ini penting buat Anda catat sebagai upaya mengantisipasi pertanyaan terkait profil serta bidang perusahaan.

Dengan memahami perusahaan, Anda akan dilihat sebagai kandidat yang berniat untuk menghabiskan waktu mengenal calon perusahaannya di masa depan. Riset perusahaan dan tahu banyak hal di dalamnya, bakal menjadi nilai plus yang dicatat oleh pihak HRD.

Hindari Jawaban Palsu dan Standar

article image

image source : non indonesia distribution brta in

Perlu diketahui bahwa pewawancara yang duduk di hadapan Anda memiliki banyak pengalaman, pengetahuan, dan cara pandang untuk memutuskan kandidat seperti apa yang mereka inginkan dalam tim. Maka dari itu, berilah jawaban yang memuaskan, bukannya standar dan palsu.

Hindari penjelasan umum untuk pertanyaan yang tampaknya umum. Ini adalah waktu Anda untuk berbicara tentang kekuatan diri, kecocokan dalam dunia kerja, hingga apa yang dapat Anda berikan jika suatu saat nanti diterima. Jadilah percaya diri, namun tetap rendah hati.

Sebelum lebih jauh, Anda bisa cek beberapa rekomendasi brand yang pas dengan kebutuhan wawancara nanti.

Brand

Menangani Pertanyaan Wawancara Berbasis Kompetensi

article image

image source : pexels.com

Pertanyaan berbasis kompetensi dirancang untuk memeriksa pengetahuan, keterampilan, dan sikap kandidat. Anda mungkin harus menghadapi pertanyaan seperti bagaimana cara mengatasi stres atau kecepatan kerja yang tinggi. Tangani dengan jawaban yang baik dan logis.

Anda mungkin perlu memberikan contoh dalam menangani situasi tersebut, hingga kemampuan apa yang Anda gunakan untuk menyelesaikannya. Semakin gamblang dalam menjawab, semakin HRD dan User yakin bahwa Anda adalah orang yang berkompeten.

Identifikasi Kekuatan Unik dalam Diri

article image

image source : grid.id

Ada banyak kandidat lain di luar sana yang mungkin memiliki kualifikasi serupa dengan Anda. Mereka bahkan mungkin berasal dari perguruan tinggi, latar belakang hingga kesukaan objek yang juga sama. Putar otak, segera identifikasi kekuatan unik dalam diri Anda!

Apa yang membuat Anda berbeda, lalu mengapa perusahaan harus mempekerjakan Anda, adalah momen yang tepat untuk menjabarkan keunggulan diri. Ada banyak aspek untuk diungkapkan, semisal ketahanan kerja, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan lain-lain.

Cek juga rekomendasi artikel terkait seputar kerja, wawancara, interview dan gaji untuk menambah wawasan kamu sebelum melamar kerja.

Artikel

Hindari ‘Menjual Diri’ Berlebihan

article image

image source : digination.id

Seni untuk wawancara yang sukses adalah mengetahui di mana harus mencapai keseimbangan. Percaya diri, tapi tidak sombong. Bersikaplah vokal tetapi tidak mengganggu. Jadilah cerdas, bukan egois. Jual potensi dan bakat Anda, tetapi jangan berlebihan.

Anda mungkin tidak memiliki pengalaman sebagai seorang fresh graduate, sehingga keuntungan utama Anda haruslah keterampilan sehari-hari, pengalaman magang, hingga berorganisasi saat masih di kampus. Boleh jabarkan ini semua, asal jangan berlebihan.

Itu tadi 5 tips interview kerja untuk kalangan fresh graduate. Segera setelah proses wawancara selesai, tunggulah hasil terbaik yang biasanya akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Sebelum anda maju interview, yakinkan anda mempersiapkan segala keperluan penunjang.

Gotomalls menyediakan beberapa artikel terkait seputar tips interview, pakaian yang tepat digunakan dalam interview, dan beberapa review gaji yang bisa jadi referensi Anda sebelum melakukan interview nanti. Gotomalls juga merekomendasikan beberapa brand yang bisa anda kunjungi untuk membeli beberapa perlengkapan penunjang interview nanti. Selalu cek Gotomalls.com dan dapatkan informasi terbaru seputar promo di brand-brand di seluruh Indonesia dan juga update event-event menarik di Mall favorit Anda.

Brand

Artikel

Mall