Universitas Asing Favorit Mahasiswa Indonesia

Melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi di luar negeri sudah menjadi impian banyak orang di Indonesia. Tak ayal, berbondong-bondong para pelajar di dalam negeri rela melakukan upaya ekstra demi menggapainya.

Perguruan tinggi di luar negeri menawarkan kualitas pendidikan yang lebih maju, canggih, dengan pendekatan pembelajaran yang humanis dan efektif.

Terbukti, alumni-alumni universitas luar negeri nyaris selalu sukses ketika terjun ke dunia profesional. Lebih dari itu, tidak sedikit diantaranya yang mampu menciptakan inovasi-inovasi brilian yang berguna bagi masyarakat.

Ada sederet universitas asing yang menjadi favorit siswa dari Indonesia. Daftar universitas berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk merencanakan masa depan pendidikan:

1. The University of Melbourne - Australia

article image

Image source: socialsciences.org.au

The University of Melbourne adalah salah satu kampus tertua di Australia, dan termasuk jajaran universitas paling bergengsi di dunia. The University of Melbourne punya kredibilitas tinggi di bidang kelimuan sosial, budaya dan biomedis.

Sudah sejak lama kaum-kaum terpelajar di Indonesia menimba ilmu di kampus ini. Tahun lalu saja, LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merilis daftar 10 universitas luar negeri paling banyak menerima awardee (mahasiswa penerima beasiswa LPDP), dimana The University of Melbourne menduduki peringkat 3 besar.

2. Nanyang Technological University - Singapura

article image

Image source: suneducationgroup.com

Singapura dikenaal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Meskipun biaya hidup di sana cukup tinggi, hal itu tidak menyurutkan minat siswa asal Indonesia untuk melanjutkan studinya di Singapura.

Salah satu universitas terbaik yang kerap menjadi langganan mahasiswa Indonesia adalah Nanyang Technological University (NTU), perguruan tinggi terbaik ke dua di Asia.

NTU menaungi sejumlah pusat penelitian terkemuka, diantaranya Energy Research Institute NTU (ERIAN), Nanyang Environment & Water Research Institute (NEWRI), serta Institute on Asian Consumer Insight (ACI).

3. University of California - Amerika Serikat

article image

Image source: edsource.org

Di Amerika Serikat terdapat sejumlah universitas bergengsi terbaik dunia, maka tak heran banyak mahasiswa dari seluruh penjuru dunia menganyam pendidikan di sana, termasuk dari Indonesia.

University of California atau biasa disingkat UCLA menjadi salah satu pilihan favorit bagi mahasiswa Indonesia. Universitas negeri yang dinaungi oleh pemerintah negara bagian California ini menawarkan 300 lebih program sarjana dan pascasarjana dari berbagai macam disiplin ilmu.

4. University of Tokyo - Jepang

article image

Image source: schoolynk.com

University of Tokyo (UTokyo) adalah universitas tertua di Jepang dan masuk dalam jajaran kampus paling bergengsi. Kampus ini telah menelurkan nama-nama politikus besar, karya penelitian fenomenal, hingga beragam hadiah Nobel yang berhasil diraih para lulusannya.

Meskipun universitas ini mengajarkan hampir segala jenis bidang akademis, pamor mereka lebih tinggi di fakultas hukum dan sastra.

5. Wageningen University - Belanda

article image

Image source: Rivandi Pranandita Putra's Story

Wageningen University mungkin sudah tak asing di telinga kaum akademisi Indonesia. Salah satu kampus tertua dan bergengsi di Belanda ini terkenal dengan bidang-bidang keilmuan dalam rumpun life-sciences.

Salah satu alasan yang membuat banyak mahasiswa Indonesia memilih kampus ini karena ketersediaan beasiswanya yang cukup banyak, mulai dari beasiswa LPDP, StuNed, OKP, Anne van den Ban Fund, beasiswa kementerian dan institusi pemerintah, dan masih banyak lagi.

Demikianlah 5 universitas asing favorit mahasiswa Indonesia. Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: britannica.com