Menu Sarapan Sehat Dunia

Sarapan adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Tanpanya, tubuh akan kekurangan energi sehingga orang mudah merasa lelah dan lesu.

Menu sarapan pagi tidak cukup hanya dengan mengutamakan kelezatan rasa. Sarapan yang baik idealnya harus mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh.

Di Indonesia, orang-orang biasa sarapan dengan menu pokok, yaitu nasi. Ditambah lagi dengan lauk berupa olahan daging/ikan dan sayuran berkuah.

Sementara itu, di belahan bumi lainnya orang-orang sarapan bersama roti, olahan keju, kentang, daging, hingga masakan-masakan khas negaranya masing-masing.

Nah, kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda untuk sarapan pagi, simak menu sarapan sehat dunia berikut ini:

1. Afrika Selatan

article image

Image source: Eskort.com

Orang-orang di Afrika Selatan punya satu olahan kuliner sehat yang biasa dijadikan menu sarapan, yaitu Putu pap. Putu pap bisa dibuat dari jagung atau sereal-sereal lainnya.

Putu Pap biasanya dihidangkan bersama susu. Makanan ini terkenal mengandung tinggi serat dan kalsium yang efektif untuk membuat perut kenyang pada pagi hari.

2. Swiss

article image

Image source: Femelle.ch

Sehari-harinya warga Swiss memilih menu sarapan pagi yang praktis seperti halnya birchermüesli tradisional. Makanan ini berupa campuran gandum dengan isian buah, kacang, dan disajikan bersama yogurt kental.

Lain halnya saat akhir pekan, setelah menyantap birchermuesli, hidangan berikutnya dilanjutkan dengan panekuk kentang, keju, dan menu utama zopf. Zopf sendiri adalah roti telur yang disajikan dengan madu, mentega dan selai, bentuknya mirip seperti rambut dikepang.

3. Jepang

article image

Image source: Serious Eats

Menu sarapan sehat di Jepang punya kemiripan dengan di Indonesia. Meja makan akan dihiasi dengan sekumpulan mangkuk dan piring-piring berisi lauk tradisional bercita rasa gurih.

Beberapa menu yang dihidangkan biasanya berupa potongan ikan--terutama salmon atau makerel--ada pula sup miso, acar sayuran, telur dadar tamagoyaki, lengkap dengan semangkuk nasi.

[

4. Islandia

article image

Image source: Pinterest

Orang-orang di Islandia biasa memulai sarapan paginya dengan olahan minyak hati ikan kod, sumber asam lemak omega-3 yang baik.

Makanan-makanan itu kemudian dihidangkan bersama semangkuk hafragrautur, oatmeal kental yang dicampur butiran kacang, kismis, dan gula. Ada juga yang menambahkan skyr, semacam produk olahan keju dan susu kental mirip yogurt.

5. Maroko

article image

Image source: Dreamstime.com

Baghir dan teh daun mint merupakan menu sarapan sehat dunia yang lazim dijumpai di Maroko. Baghrir sendiri adalah olahan roti bundar tipis beragi dengan tekstur berlubang, oleh karenanya, roti ini disebut sebagai 'pancake seribu lubang'.

Selain baghir, ada pula biskuit Harcha yang renyah terbuat dari rempah semolina yang disajikan bersama keju, mentega madu, dan selai.

6. Jerman

article image

Image source: MyHeart.net

Beralih ke Jerman, negara ini terkenal dengan hidangan wurst sebagai sarapan sehari-hari. Dalam satu porsinya biasanya terdiri dari sosis dan olahan-olahan daging, lengkap dengan tambahan roti, keju, buah segar, dan telur rebus.

7. Turki

article image

Image source: Istanbulpoints.com

Menu sarapan orang Turki yang satu ini termasuk menu istimewa. Di meja makan tersedia banyak mangkuk dan piring-piring kecil berisi aneka jenis hidangan. Ada roti bundar, roti simit, roti pipih kenyal, telur yang dimasak dengan irisan sosis sapi kering, potongan buah-buahan, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: Selerasa.com