Cara Menjaga Kesehatan Mata

Masalah mata dapat dengan mudah dicegah ketika memperhatikan kebiasaan merawat mata setiap hari. Anehnya, justru mata lebih sering tidak dirawat daripada bagian tubuh lainnya.

Menjaga kesehatan mata berarti menjaga penglihatan tetap fokus, tajam, dan sehat. Dan jika kamu mulai merasa mata mulai kurang fokus mungkin kamu bisa menerapkan 9 kiat menjaga kesehatan mata di bawah ini.

1. Makan Makanan Bergizi

article image

Image source: visioneyeinstitute.com

Kesehatan mata yang baik dimulai dari makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Nutrisi seperti asam lemak, omega-3, lutein, seng, dan vitamin C serta E dapat membantu menangkal semua masalah kesehatan mata. Baik karena pola hidup maupun rentan usia.

Untuk itu kamu perlu konsumsi makanan seperti bayam, kangkung, sawi, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, jeruk, dan juga tiram.

2. Berhenti Merokok

article image

Image source: spine-health.com

Kebiasaan merokok dapat membuat seseorang mudah terserang penyakit katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Coba untuk menghentikan kebiasaan merokok sebelum mata mulai mengalami masalah.

3. Menggunakan Kacamata Hitam

article image

Image source: pinterest.com

Menggunakan kacamata hitam saat siang hari berdampak baik kesehatan mata. Sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari selain menyebabkan kanker kulit, ternyata juga tidak sehat untuk mata kita.

Terlalu banyak paparan sinar matahari meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan kacamata hitam atau sunglasses.

4. Sering-sering Mencuci Tangan

article image

Image source: thejakartapost.com

Sadar atau tidak, tangan kita kerap menyentuh area mata bahkan hanya sekedar menggosoknya. Tangan yang kotor dan penuh bakteri karena memegang banyak benda akan menimbulkan masalah kesehatan mata.

Untuk itu kamu perlu sering-sering mencuci tangan, terlebih saat hendak menyentuh area mata.

5. Jaga Jarak Monitor dan Pencahayaan Ruang

article image

Image source: quickanddirtytips.com

Sudah bukan isu lagi jika radiasi dari gadget dapat mempercepat kerusakan mata. Kamu perlu menjaga jarak pandang dan mengatur pencahayaannya agar tidak mengganggu penglihatan.

Ada baiknya mata sejajar dengan monitor untuk membuat mata kita lebih sedikit melihat ke bawah. Kamu juga perlu meposisikan kursi akan lebih nyaman. Jika mata terlalu kering berkediplah atau gunakan cairan untuk tetes mata.

6. Kunjungi Dokter Mata Secara Teratur

article image

Image source: rsananda.co.id

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur. Ini akan membantu penglihatan kita tetap fokus dan tajam. Pemeriksaan mata juga dapat membantu kamu menemukan gangguan mata seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala.

7. Gunakan Aturan 20-20-20

article image

Image source: allabaoutvision.com

Apa itu 20-20-20? Itu adalah istilah untuk aturan menjaga mata tetap dalam kondisi prima. Yang mana setiap 20 menit sekali alihkan pandangan dari monitor komputer dan arahkan ke objek yang berjarak 20 kaki darimu.

Lalu berkediplah sebanyak 20 kali berturut-turut untuk mencegah kekeringan pada mata. Lalu setiap 20 menit bangun dari tempat dudukmu dan ambil 20 langkah. Tips berikutnya ini tidak hanya baik untuk mata namun juga untuk meningkatkan postur dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

8. Cukup Tidur

article image

Image source: helpgiude.org

Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata juga perlu diistirahatkan. Penting sebabnya menjaga pola tidur yang cukup terlebih pada malam hari. Jadi pastikan kamu tidak begadang dan punya waktu tidur malam setidaknya 7 jam ya.

9. Lepas Kontak Lens Sebelum Mandi, Berenang, dan Membersihkan Wajah

article image

Image source: alodokter

Memakai kontak lens bukan hanya mempercantik tampilan kita namun juga bisa membantu pandangan kita lebih tajam dan fokus. Namun kontak lens tidak dapat digunakan terus-menerus begitu saja.

Kamu tidak bisa dan tidak diperbolehkan untuk mengenakan kontak lens saat tidur, mandi, dan membersihkan wajah. Pada dasarnya kontak lens tidak boleh basah. Ia memiliki sifat seperti spon yang menyerap bakteri dan parasit yang mungkin ada di kolam, danau, dan air yang dapat menyebabkan iritasi mata bahkan infeksi parah.

Mulai sekarang saatnya fokus untuk merawat mata dan menjaganya tetap memiliki pandangan yang tajam. Jangan lupa ya untuk menjaga kebersihan dan makan makanan yang sehat untuk menyeimbanginya.

Malls

Articles

Featured Image Source: laprensa.com.ni