Berbagai Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Selama Social Distancing

Penyebaran virus COVID-19 telah membuat seluruh dunia waspada. Negara-negara di dunia, termasuk Indonesia pun menghimbau warganya untuk melakukan social distancing. Upaya dilakukan dengan cara menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain.

Masyarakat juga dihimbau agar melakukan aktivitas di rumah masing-masing dan tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal mendesak. Kamu yang biasa beraktivitas di luar rumah mungkin akan merasa bosan karena harus bekerja dan melakukan segala aktivitas dari rumah. Ketika pekerjaan dari kantor atau tugas kuliah sudah beres, kamu pun bingung harus melakukan apa setelahnya.

Supaya kamu tidak bingung lama-lama, Gotomalls sudah merangkum beberapa aktivitas yang bisa kamu coba lakukan untuk mengisi waktu. Yuk simak aktivitas berikut ini untuk membunuh rasa bosan selama social distancing.

Bersih-Bersih Aplikasi Chat dan Media Sosial

article image

Image source: mojok.co

Kita bisa mulai dari hal yang paling mudah. Selama ini kamu tentu aktif menggunakan aplikasi chat dan media sosial kan? Nah, mumpung sekarang kamu punya waktu senggang lebih banyak, cobalah untuk cek aplikasi chat dan media sosialmu untuk melakukan bersih-bersih.

Kamu bisa mulai dengan memilah chat dan menghapus chat yang sudah lebih dari tiga bulan tidak terpakai. Supaya tidak memenuhi memori ponsel, bersihkan storage chat dengan menghapus kiriman gambar yang otomatis tersimpan di device kamu. Lalu kamu bisa leave dan delete grup chat yang sudah selesai dan tidak terlalu penting lagi.

Menata dan Mengatur Ulang Meja Kerja

article image

Image source: gizmologi.id

Himbauan work from home (WFH) dari pemerintah membuat kamu harus melakukan pekerjaan kantor dari rumah. Supaya betah bekerja di rumah selama social distancing, coba deh untuk menata dan mengatur ulang meja kerja kamu. Periode WFH bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kondisi penyebaran virus COVID-19, jadi mempersiapkan area kerja merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan.

Aturlah meja kerjamu senyaman mungkin dan sesuai dengan kebutuhan kamu selama bekerja di rumah. Setidaknya dengan suasana yang baru dan meja kerja yang lebih rapi akan membuat kamu lebih semangat bekerja.

Melakukan Olahraga di Rumah

article image

Image source: hellosehat.com

Di tengah wabah COVID-19 yang melanda, kamu harus tetap menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang kaya nutrisi dan berolahraga. Jangan menjadikan kebijakan social distancing ini sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Aktivitas ini tidak harus dilakukan di gym atau di luar rumah. Kamu justru bisa berolahraga di rumah.

Luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berlatih yoga untuk pemula atau body weight workout yang bisa dilakukan tanpa alat. Saat ini sudah banyak aplikasi olahraga atau workout yang bisa kamu ikuti atau tutorial dari Youtube.

Olahraga akan membuat badan kamu lebih segar dan bugar selama social distancing. Daripada hanya rebahan seharian, mending olahraga supaya lebih sehat kan?

Saatnya Mencoba Resep Masakan Baru

article image

Image source: beritagar.id

Waktu yang lebih senggang di rumah bisa kamu manfaatkan untuk memasak dan mencoba resep baru. Kamu bisa bereksperimen untuk memasak menu sehat dan lezat selama social distancing. Pastinya bakalan seru kalau kamu mencoba resep masakan yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Aktivitas memasak ini bisa kamu lakukan bersama anggota keluarga lain. Kamu bisa memasak bareng suami atau anak-anak, kemudian melanjutkannya dengan acara makan bersama di rumah. Kamu bisa mencoba resep yang berbeda-beda setiap hari supaya tidak bosan.

Merapikan Seisi Rumah

article image

Image source: freepik.es

Seharian berada di dalam rumah dalam jangka waktu lama akan membuat kamu merasa sumpek. Untuk menghilangkan perasaan sumpek itu, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk membersihkan rumah. Inilah saat yang tepat untuk merapikan seisi rumah.

Kamu bisa mencicil kegiatan ini dan memulainya dari ruang tidur. Kamu bisa merapikan pakaian dan memilah-milah mana yang sudah tidak kamu pakai lagi. Singkirkan pula barang-barang yang sudah rusak dan tidak terpakai. Jangan lupa untuk merapikan segala peralatan make up dan skin care kamu. Coba deh dicek siapa tahu ada yang sudah kadaluwarsa dan harus dibuang.

Membaca Buku Di Waktu Senggang

article image

Image source: mastekno.com

Membaca buku bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa bosan. Kegiatan ini cukup efektif untuk membunuh waktu. Tanpa terasa kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca sebuah buku. Tidak ada salahnya bila kamu membeli buku baru untuk dibaca di waktu senggang.

Mungkin kamu juga memiliki tumpukan buku yang belum sempat dibaca. Daripada hanya jadi pajangan saja di rak buku, lebih baik kamu membacanya. Supaya aktivitas membaca lebih seru, kamu juga bisa mengikuti challenge membaca buku tertentu di media sosial.

Menonton Drama Korea Favorit

article image

Image source: womantalk.com

Siapa nih yang suka menonton drama Korea? Selama social distancing ini kamu punya lebih banyak waktu untuk menonton drama Korea favorit. Sambil menunggu episode terbaru, kamu bisa menonton drama favorit kamu secara maraton.

Kamu juga jadi punya lebih banyak waktu untuk menonton daftar panjang drama Korea yang ingin kamu tonton. Kalau kamu menginginkan sesuatu baru, cobalah menonton drama dengan genre yang tidak pernah kamu tonton sebelumnya. Tak ada salahnya kan menonton drama dengan tema fantasi, kriminal, bahkan cerita psikopat yang menegangkan.

Berikut ini rekomendasi drama Korea yang bisa kamu tonton:

Articles


Itu tadi beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama social distancing supaya tidak bosan. Hindari keluar rumah untuk hal yang tidak begitu penting dan beraktivitaslah di dalam rumah untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: vradiofm.com