Alat Elektronik Rumah Tangga

Di jaman yang serba digital seperti saat ini, kehadiran alat elektronik rumah tangga sudah pasti menguntungkan. Kecanggihan teknologi yang diusung mampu memberikan dampak positif untuk kehidupan sehari-hari.

Apalagi untuk ibu rumah tangga yang super sibuk, peralatan dapur elektronik sudah pasti jadi incaran. Selain praktis, alat elektronik rumah tangga juga efisien memangkas waktu.

Dan berikut ini 8 alat elektronik rumah tangga yang perlu kalian miliki untuk mempermudah keseharian kamu.

Rice Cooker

article image

Image source: thenewyorktimes.com

Alat canggih yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke 20-an. Rice cooker pertama kali ditemukan dan dikembangkan di Jepang yang kemudian dipasarkan hingga ke seluruh penjuru dunia.

Alat elektronik rumah tangga ini sudah pasti jadi barang wajib yang harus kalian miliki. Dengan memilikinya kamu tidak perlu lagi takut nasi akan gosong saat ditinggal aktivitas lain.

Sungguh praktis, kamu tinggal mencuci beras, menambahkan air sesuai takaran, dan menyalakan tombol On atau mode masak pada rice cooker.

Tanpa diaduk, mode masak pada rice cooker akan mati dengan sendirinya saat nasi telah masak. Setelah matang, jangan lupa untuk memindahkan tombol ke mode menghangatkan.

Blender

article image

Image source: eatthis.com

Tak kalah berguna dari rice cooker, blender juga memegang peranan penting di dapur. Alat penghalus makanan ini memiliki banyak keunggulan termasuk menghaluskan bumbu masakan hingga membuat minuman segar.

Buat kamu yang suka minum jus atau smoothies, alat elektronik rumah tangga ini harusnya sudah ada di dapurmu.

Oh iya blender juga bisa digunakan untuk menghaluskan makanan bayi lho.

Masing-masing ukuran blender biasanya memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari merk dan juga variasinya.

Mesin Cuci

article image

Image source:copicola.com

Selayaknya rice cooker, alat elektronik rumah tangga ini juga nggak kalah bermanfaat untuk dimiliki. Apalagi jika kamu punya segudang kegiatan super padat dan ga sempat mencuci baju secara manual.

Dengan mesin cuci, urusan baju kotor tidak akan terlalu menguras tenaga dan waktumu.

Biasanya masyarakat yang hidup di perkotaan akan lebih nyaman jika menggunakan mesin cuci ketimbang laundry. Karena kita bisa memisahkan baju sesuai jenis dan bahan jadi tidak takut luntur ataupun tidak bersih.

Mesin cuci yang beredar saat ini kebanyakan memiliki satu tabung, sudah bisa cuci dan jadi pengering juga. Ada pula yang masih dua tabung, tergantung budget.

Cara pemakaiannya pun mudah. Cukup masukkan pakaian kotor ke dalam tabung, masukkan detergen lalu pilih mode pencucian dan start.

Setelah selesai mesin cuci akan otomatis berhenti, artinya baju sudah bersih siap dijemur.

Teko Listrik

article image

Image source: spy.com

Kini masak air pun tidak perlu repot sampai harus menyalakan kompor. Kamu sudah bisa menggunakan teko listrik untuk mempermudahnya.

Cara kerjanya pun mudah, cukup isi menggunakan air lalu colok kan kabel ke pusat aliran listrik, lalu tinggal tunggu sampai air mendidih.

Kalau kita menginap di hotel, biasanya teko listrik ini banyak kita jumpai sebagai pelengkap fasilitas kamar.

Kulkas

article image

Image source: averageus.com

Lemari pendingin akan sangat membantu sebagai tempat penyimpanan makan. Makanan akan lebih awet, tidak mudah basi, dan jika buah maka kesegarannya akan terus terjaga.

Seiring dengan berkembangnya zaman, model kulkas pun semakin beragam dan hemat energi.

Air Fryer

article image

Image source: theweddingvow.com

Ini dia alat elektronik rumah tangga yang belakangan ini lagi tren. Adalah air fryer.

Alat ini begitu viral karena mengusung isu bebas menggoreng tanpa minyak. Dan benar, air fryer ini bekerja sebagai penggorengan makanan bebas minyak.

Air fryer mengganti minyak dengan uap panas sehingga alat ini diklaim lebih sehat dan praktis.

Cara kerjanya, cukup taruh makanan yang ingin kamu goreng ke dalam alat tersebut, tutup dan atur timer untuk mulai menggoreng.

Setelah waktu berakhir makanan pun siap disantap.

Coffee Maker

article image

Image source: centrum.com

Daripada dikit-dikit nongkrong di kafe untuk beli kopi, mendingan bikin sendiri dengan coffee maker. Alat elektronik rumah tangga ini jadi jawaban buat kamu yang gemar banget minum kopi.

Dengan coffee maker, kamu bisa mengkreasikan kopi buatanmu sendiri lebih praktis dan murah.

Microwave

article image

Image source:urbanrepair.com

Alat elektronik rumah tangga yang terakhir adalah microwave. Memanfaatkan radiasi gelombang mikro membuat alat ini sangat dibutuhkan ketika memanaskan makanan bahkan memasak.

Dulu microwave memang dikenal hanya bisa untuk memanaskan makanan, namun seiring berkembangnya teknologi kini alat rumah tangga ini sudah bertransformasi dan bisa juga digunakan untuk memasak.

Misalnya membuat keripik, mengembangkan adonan, dan masih banyak lagi.

Cara pakainya juga gampang, cukup masukkan makanan di dalamnya, lalu set timer tekan start. Tunggu deh sampai waktu berhenti dan makananmu sudah siap.


Pilihan alat elektronik rumah tangga di atas baru sebagian kecil yang bisa meringankan semua aktivitas harianmu. Masih banyak lagi alat elektronik lainnya dengan fungsi yang berbeda. Kalau disuruh menyebutkan, kira-kira sekarang kamau lagi butuh alat elektronik rumah tangga yang seperti apa sih?

Simak juga info-info menarik lainnya di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: theguardian.com