10 Alat Musik Paling Unik di Dunia Terbuat dari Keju Hingga Sayuran

Alat musik merupakan instrumen yang dibuat untuk menghasilkan nada. Kamu mungkin sudah familier dengan alat musik seperti piano, gitar atau drum. Nah, selain alat musik yang umum digunakan tadi, ternyata ada alat musik yang tidak biasa lho!

Alat musik yang tidak biasa ini memiliki keunikan berupa bahan atau material yang dan cara memainkan yang tidak lazim. Penasaran dengan alat musik paling unik di dunia? Yuk simak deretan alat musik unik yang mencuri perhatian berikut ini.

Organ di Broadway Hall Atlantic City

article image

Image source: pressofatlanticcity.com

Broadway Hall merupakan bangunan bersejarah di Atlantic City, New Jersey dan menjadi tempat diadakannya berbagai acara besar. Broadway Hall juga memiliki organ terbesar didunia. Uniknya, organ tersebut mampu menirukan bunyi alat musik lainnya seperti cello, harpa dan gitar.

Organ berbentuk lingkaran tersebut dibuat oleh perusahaan pembuat organ The Midmer-Losh Organ Company. Alat musik unik tersebut memiliki 33.112 pipa dengan volume enam kali lebih nyaring dari peluit kereta yang paling keras. Namun sayangnya sejak badai pada 1944, organ ini tidak lagi berfungsi dengan baik.

Hydraulophone

article image

Image source: youtube.com

Hydraulophone pertama kali diperkenalkan oleh Steven Mann, seorang profesor dari Universitas Toronto. Steven Mann mengenalkan alat musik dengan ciri khas pipa dan air tersebut pada acara International Computer Music Conference pada 2007.

Alat musik unik tersebut memiliki pipa yang memanjang dengan lubang-lubang di atasnya. Jumlah lubang tersebut memengaruhi banyaknya nada yang dihasilkan. Air yang mengalir dalam pipa akan keluar dari lubang-lubang tersebut, yang bila ditiup akan mengeluarkan bunyi.

Cheese Drum Set

article image

Image source: djarumcoklat.com

Tahukah kamu bahwa ada alat musik yang terbuat dari keju? Yup, cheese drum set namanya. Alat musik unik ini dibuat dari beberapa jenis keju dengan ukuran berbeda-beda. Namun tidak semua komponen alat musik ini terbuat dari keju.

Seperti halnya drum biasa, drum keju ini juga mengeluarkan suara lho! Caranya tergantung dari bagaimana dan di mana kamu memukulnya. Hal tersebut akan menentukan suara yang dihasilkan. Setiap jenis keju menghasilkan suara yang berbeda tergantung dari kepadatan jenis keju.

Aeolian Wind Harp

article image

Image source: djarumcoklat.com

Aeolian Wind Harp merupakan alat musik kecapi yang dimainkan dengan bantuan angin. Alat musik ini masuk dalam kategori tradisional, dibentuk dari sebuah kotak kayu dengan string yang membentang di kedua papan. Tali atau string tersebut dibuat dengan ketebalan berbeda.
Kalau kamu ingin mendengar suara Aeolian Wind Harp, kamu harus menempatkan alat musik tersebut di dekat jendela yang terbuka dengan memanfaatkan angin yang bisa meniupnya. Fakta menarik, Aeolian Wind Harp adalah satu-satunya alat musik yang bisa bermain sendiri dengan bantuan angin.

Organ Laut

article image

Image source: universitari.eu

Organ laut sebetulnya merupakan objek arsitektur yang terletak di tepi laut di Kota Zadar, Kroasia. Kamu akan mendengar suara 'misterius' yang dihasilkan oleh ombak. Berbeda dengan organ biasa, organ laut tidak dapat dimainkan dengan menekan tuts, melainkan hanya bisa berbunyi saat dilewati ombak.

Alat musik unik ini diciptakan dengan deretan tangga di tepi laut yang memiliki rongga pipa udara. Di bagian bawah tangga terdapat lubang yang menjadi pintu masuk air menuju rongga pipa. Ombak dan angin yang melewati rongga pipa tersebut akan menghasilkan bunyi-bunyi acak tetapi harmonis.

Road Music

article image

Image source: muralform.com

Road music dibuat oleh anggota peneliti industri di Hokkaido. Wujud alat musik ini berupa arsiran yang diukir di sepanjang jalan dan apabila kita melintasinya akan tercipta suara alunan musik.

Ide brilian tersebut ditemukan oleh Shinoda yang terinspirasi dari kerusakan jalan di sekitar rumahnya. Jalan yang diukir menjadi alat musik ini memiliki lebar 6 meter dan terpisah setiap jarak 12 meter.

Cucumber Phones

article image

Image source: gigsplay.com

Sesuai namanya alat musik unik ini terbuat dari mentimun dan sayuran lainnya. Macam-macam sayuran tersebut dibuat menyerupai berbagai alat musik seperti trompet.
Cucumber phones merupakan alat musik yang menjadi bagian dari orkestra sayuran di Wina. Alat musik ini terdiri dari bagian mulut yang terbuat dari wortel, tubuh mentimun dan cabai di bagian pangkal untuk membantu produksi suara. Menariknya, setelah digunakan alat musik sayuran ini tidak dibuang, melainkan akan dibawa pulang dan dimasak.

Hang Drum

article image

Image source: gigsplay.com

Hang drum memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai UFO atau piring terbang. Alat musik ini terbuat dari baja dan mampu memproduksi banyak nada dari pukulan di bagian-bagian tertentu. Orang yang sudah mahir memainkannya akan bisa menghasilkan suara lonceng, kecapi hingga harmonika.

Sharpsichord

article image

Image source: favershamlife.org

Jika sebelumnya ada alat musik yang memanfaatkan tenaga angin, kali ini ada alat musik yang menggunakan tenaga surya. Sharpsichord diciptakan oleh Henry Dagg berupa alat musik silinder yang berisi 11.520 lubang dan pin yang dapat menghasilkan suara. Pin pada alat musik tersebut akan memicu alunan instrumen yang sesuai.

Zeusaphone

article image

Image source: pinterest.com

Nama Zeusaphone berasal dari nama dewa Zeus dan masuk dalam kategori alat musik yang unik. Alat musik unik ini dibuat dari tesla oil yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk menghasilkan gelombang musik yang dikendalikan dari frekuensi. Zeusaphone memanfaatkan arus listrik tegangan rendah dari sebuah kumparan.

Penamaan Zeusaphone sendiri diberikan ketika alat musik ini diperkenalkan kepada publik pada 9 Juni 2007. Orang yang memainkan alat musik ini adalah Steve Ward, seorang mahasiswa jurusan teknik elektro dari University of Illnois.


Nah, itulah 10 alat musik paling unik di dunia. Kreativitas yang luar biasa ternyata mampu menghasilkan alat musik yang dimainkan dengan cara tidak biasa. Cek informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: flickr.com