Berbagai Pilihan Aplikasi Untuk Belajar Online Selama Masa Karantina Wabah COVID-19

Di era digial seperti sekarang ini, hampir semua urusan bisa dilakukan melalui jaringan internet. Mulai dari belanja, pesan tiket dan akomodasi penginapan, nonton film, bahkan belajar secara online.

Metode belajar online atau e-Learning sebenarnya sudah bukan hal baru di Indonesia. Tetapi, sejak wabah COVID-19 merebak dan menyebabkan aktivitas para pelajar dan mahasiswa dibatasi sementara, metode belajar online akhir-akhir ini semakin banyak diterapkan sebagai solusi alternatif untuk tetap mencicil pelajaran di sekolah dan di kampus.

Berikut ini Gotomalls akan membagikan rekomendasi 7 aplikasi belajar online untuk para mahasiswa dan pelajar. Yuk simak rekomendasinya di bawah ini:

IndonesiaX

article image

Image source: uiupdate.ui.ac.id

IndonesiaX terbuka untuk umum. Siapa saja boleh bergabung untuk belajar berbagai kecakapan, keterampilan, dan pengetahuan menarik dari para pengajar terbaik, tanpa dipungut biaya sepeser pun. Yang kamu butuhkan hanya koneksi internet dan jaringan yang stabil.

IndonesiaX sendiri merupakan sebuah platform Massive Open Online Course (MOOC) atau kursus terbuka secara online dan massal. Di sini tersedia berbagai kursus pelajaran dari universitas-universitas di Indonesia yang dibimbing langsung oleh para profesor dari perusahaan terkemuka. IndonesiaX memastikan kualitas pendidikan dengan menyeleksi instansi dan tenaga ajar dengan standar tinggi.

Coursera

article image

Image source: coursera.org

Coursera adalah perusahaan teknologi pendidikan dari Amerika Utara yang didirikan oleh Profesor Ilmu Komputer Andrew Ng dan Daphne Koller. Bermarkas di kota Mountain View, California, Coursera menawarkan kursus online di berbagai bidang dengan program berkualitas tinggi. Profesor pengajarnya pun sebagian besar berasal dari universitas dan institusi terkenal di Amerika.

Platform ini juga memiliki fitur teknologi canggih yang memungkinkan pengguna mendapat pengalaman belajar yang menyenangkan dan lebih menarik. Walaupun Coursera merupakan platform kursus online kejuruan jangka panjang dan penuh yang umumnya berbayar, di sini juga tersedia lebih dari 900 kursus yang didistribusikan secara gratis.

edX

article image

Image source: ghulghul.blogspot.com

edX adalah organisasi nonprofit yang didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Melalui situsnya, kita bisa mengakses materi kuliah yang diajarkan di universitas bergengsi tersebut. Situs ini juga menggunakan sistem Massive Open Online Course (MOOC) yang menyediakan lebih dari 1.300 kursus dari berbagai mata kuliah.

Selain Harvard dan MIT, ada puluhan universitas top dunia lainnya yang juga tergabung dalam edX, organisasi nonprofit, dan perusahaan-perusahaan besar dunia. Menurut Wikipedia, pada akhir 2016 edX tercatat memiliki 1.270 kursus online dengan 10 juta pelajar dari seluruh dunia.

Moodle

article image

Image source: moodle.org

Moodle merupakan sebuah aplikasi belajar online berbasis website yang bisa mengubah sistem pembelajaran offline menjadi online (web-based). Moodle memungkinkan para pelajar dan mahasiswa untuk mengakses suatu ruang virtual yang berfungsi sebagai ruang kelas untuk mengakses semua materi kuliah dari para pengajar.

Aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur-fitur untuk para pengajar membuat kuis, materi pembelajaran, jurnal, dan sebagainya. Moodle juga telah tersedia di platform Android dan iOS.

Cek juga rekomendasi aplikasi belajar lainnya di bawah ini:

Articles

Edmodo

article image

Image source: go.edmodo.com

Walaupun belum banyak dikenal di Indonesia, layanan kelas online ini sudah sangat populer di Amerika. Edmodo khususnya sangat populer di kalangan guru karena bisa memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari. Layanan seperti Edmodo sendiri dikenal dengan istilah Learning Management System (LMS).

Melalui aplikasi atau situsnya, guru bisa membagikan berbagai konten teks, video, dan pekerjaan rumah kepada para murid via online. Aplikasi ini biasa digunakan para guru baik ketika sedang mengajar di kelas ataupun di luar kelas. Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk membantu guru, karena siswa dan orang tua hanya bisa login jika sudah mendapat undangan dari guru.

Google Classroom

article image

Image source: google.com

Aplikasi belajar online yang satu ini adalah salah satu layanan dari Google yang didesain khusus untuk para pengajar untuk membagikan materi kuliah dengan dukungan Google. Google Classroom juga telah terintegrasi dengan layanan-layanan Google lainnya secara bersamaan untuk mempermudah lembaga pendidikan dalam mengubah sistem pembelajaran menjadi web-based atau online.

Pemberian dan penyelesaian tugas dilakukan via Google Drive serta akun Gmail untuk menerima notifikasi dari Google Classroom. Para mahasiswa atau pelajar hanya perlu memasukkan kode kelas yang telah didaftarkan pengajar untuk bisa terhubung dengan kelas.

EdLink

article image

Image source: sevima.com

Sama seperti Google Classroom, EdLink juga menyediakan layanan belajar online untuk membantu proses pembelajaran dari dosen/pengajar kepada para mahasiswa atau pelajar. EdLink memiliki fitur lengkap untuk membagikan jadwal, materi kuliah, hingga tugas-tugas rumah. Di sini juga telah tersedia fitur menarik untuk membuat forum diskusi, membagikan file dengan berbagai macam format, pesan pribadi, dan masih banyak lagi.


Nah, itulah 7 aplikasi untuk belajar online selama masa karantina wabah COVID-19. Supaya kita selalu terhindar dari penularan virus korona, mulai sekarang ikuti kebijakan physical distancing secara tertib dan rajin cuci tangan menggunakan sabun sehabis beraktivitas. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh selalu prima! Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: shape.com