Android Sering Lemot? 8 Aplikasi Pembersih Sampah dan Virus Ini Bisa Mengatasinya

Sampah dan virus adalah penyebab paling umum yang membuat performa Android kita jadi lemot dan tidak stabil. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan digunakan otomatis akan membuat sampah, cache, dan temporary file tidak penting menjadi semakin menumpuk! Semua itu akan menguras kapasitas RAM, CPU, dan tentu saja media penyimpanan.

Untuk mengatasinya tidak cukup hanya dengan menghapus cache secara manual. Karena sebagian data-data ‘sampah’ bisa tersimpan di folder-folder tertentu yang tidak terdeteksi sebagai cache file, terutama jika perangkat kita sudah terjangkiti virus. Maka dari itu, kita memerlukan aplikasi tambahan yang bisa melakukan semuanya secara all-in-one. Ada beberapa aplikasi pembersih sampah dan virus yang bisa kita gunakan, berikut daftarnya:

1. CCleaner

article image

Image source: gihosoft.com

Aplikasi CCleaner sudah lama dikenal sebagai aplikasi pembersih sampah yang banyak digunakan dalam perangkat PC berbasis Windows atau MAC. CCleaner juga telah tersedia untuk pengguna smartphone berbasis Android. Fitur-fitur yang dimilikinya pun sudah sangat lengkap, mulai dari membersihkan file sampah, menghapus riwayat panggilan dan SMS, memantau kondisi CPU/RAM/memori, memantau kondisi baterai, serta menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan.

2. Clean Master

article image

Image source: underspy.com

Clean Master adalah aplikasi pembersih sampah dan virus populer yang paling banyak direkomendasikan untuk perangkat smartphone berbasis Android. Selain karena memiliki berbagai fitur pembersih canggih, Clean Master juga menawarkan antivirus gratis! Tetapi, aplikasi pembersih sampah dan virus ini sebaiknya tidak digunakan pada perangkat dengan kapasitas RAM di bawah 1 GB, mengingat ukurannya yang lumayan besar sekitar 19 MB, bisa-bisa smartphone kamu malah makin lemot!

3. Clean Master Lite (Boost)

[[img-3]

Image source: askwat.com

Kalau kamu tetap ingin menggunakan aplikasi Clean Master dengan smartphone berkapasitas RAM kecil, Clean Master Lite bisa kamu coba! Selain hadir dengan ukuran yang lebih ringan sekitar 4 MB, versi ini juga tetap memiliki fitur-fitur andalan yang tak kalah ampuh untuk membersihkan sampah dan virus, seperti pembersih cache, aplikasi tak terpakai, phising ads, menstabilkan performa, fitur penghemat daya dan hibernasi, dan tentu saja antivirus.

4. 360 Security Lite

article image

Image source: giridhar.co.in

360 Security Lite adalah versi ringan dari 360 Security, yang dibuat khusus untuk perangkat smartphone berkapasitas RAM 1 GB atau kurang. Walau ukurannya hanya 8 MB, aplikasi ini sanggup membersihkan sampah dan virus dengan cukup efektif! Selain itu, 360 Security Lite juga memiliki fitur pendingin CPU agar performa smartphone tetap stabil.

Baca juga rekomendasi artikel aplikasi lainnya yang berguna untuk kamu di bawah ini:

Articles

5. Avast Mobile Security & Antivirus

article image

Image source: androidbooth.com

Avast merupakan salah satu penyedia program proteksi keamanan dan antivirus yang paling populer di kalangan pengguna PC. Menariknya lagi, Avast juga sudah tersedia untuk perangkat smartphone berbasis Android. Kalau kamu membutuhkan aplikasi yang mampu melindungi perangkat Android dari malware, situs-situs yang terinfeksi virus berbahaya, atau bahkan gangguan phising, aplikasi ini boleh kamu coba. Tapi sebelumnya, pastikan kapasitas RAM dan memori perangkat kamu memadai, karena aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 26.7 MB.

6. CM Security Master

article image

Image source: appslisto.com

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini tidak hanya menawarkan fitur pembersih sampah dan virus, tapi juga dapat menjaga performa Android tetap lancar dan stabil. Menariknya lagi, terdapat fitur VPN di aplikasi CM Security Master yang bisa kita gunakan jika ingin mengakses website-website yang diblokir! Ukurannya pun cukup ringan, hanya 12.8 MB saja.

7. ESET Mobile Security & Antivirus

article image

Image source: welivesecurity.com

ESET adalah satu dari sekian software developer yang menawarkan program keamanan dan antivirus dengan performa tinggi. Selain bisa melindungi perangkat smartphone dari gangguan virus, ESET Mobile Security & Antivirus juga bisa melindungi data-data penting yang tersimpan dalam perangkat. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Google Play Store dengan ukuran 14.4 MB.

8. DU Cleaner

article image

Image source: apkduke.com

Kalau yang kamu butuh kan adalah aplikasi pembersih sampah saja tanpa fitur-fitur tambahan lainnya, DU Cleaner adalah pilihan yang tepat! DU Cleaner bisa membersihkan data-data sampah secara detail, dan kita bisa menentukan jenis-jenis file apa saja yang akan dihapus. Walaupun ukurannya kecil sekitar 6 MB, DU Cleaner sanggup menganalisis pembersihan secara mendalam.


Sekarang tinggal kamu tentukan aplikasi mana yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan, dan jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik seputar tips dan trik lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: wikiapk.com