Aplikasi Pembuat Video Animasi

Kebutuhan konten visual di era digital tidak cuma sebatas hiburan semata, melainkan sudah menjadi alat penting untuk menunjang eksistensi bisnis, pemasaran, dan berbagai macam kepentingan lainnya. Maka tak heran jika aplikasi pembuat konten visual begitu laris dalam satu dekade terakhir ini.

Di antara jenis-jenis konten visual yang sudah umum, konten video termasuk yang paling disukai oleh sebagian besar pengguna internet. Selain efektif untuk menyampaikan informasi, konten video juga dianggap lebih atraktif, terutama video-video animasi.

Dalam proses produksinya sendiri para content creator terbiasa menggunakan bantuan sejumlah aplikasi pembuat video animasi. Beberapa diantaranya bahkan sudah tersedia dalam versi mobile untuk memudahkan penggunanya, seperti aplikasi-aplikasi pembuat video animasi di bawah ini misalnya.

Kalau kamu sedang mencari rekomendasi aplikasi mobile untuk membuat konten video, sebaiknya kamu coba salah satu aplikasi berikut:

1. Blender

article image

Image source: Pinterest

Aplikasi pembuat video animasi yang satu ini sudah cukup populer di kalangan content creator. Aplikasinya bisa kalian gunakan baik di laptop maupun perangkat mobile untuk membuat animasi 3D.

Blender adalah pilihan yang ideal untuk membuat game, 3D modelling, motion tracking, dan lain sebagainya.

Blender juga sudah dibekali dengan berbagai tools dan fitur-fitur keren. Semuanya akan sangat berguna untuk menciptakan karakter animasi berdasarkan model 3D yang sudah tersedia di database-nya.

Hanya saja aplikasi ini agak rumit untuk pemula, sehingga membutuhkan waktu sampai benar-benar terbiasa.

2. Synfig Studio

article image

Image source: synfig.org

Kalau Blender dirasa terlalu kompleks, alternatifnya bisa coba Synfig Studio, sebuah aplikasi pembuat video animasi yang bersifat open source alias gratis. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang masih belajar membuat konten animasi.

Interface aplikasi ini terbagi dalam 4 window untuk mempermudah proses pembuatan video animasi. Masing-masing window berisikan tools, parameter, fitur editing, serta navigasi window-nya itu sendiri.

Adapun fitur andalan yang ditawarkan Synfig Studio seperti vector tweening, bone system, layer & filtering, dan masih ada lagi sejumlah fitur teknis untuk membantu para animator. Hanya saja, konsep animasi yang bisa dibuat disini masih berupa animasi 2D.

3. Stick Nodes

article image

Image source: herliati-azizah - blogspot

Kalau kamu sudah cukup akrab dengan dunia animasi, kemungkinan besar kamu pasti sudah akrab dengan karakter Stickman. Karakter Stickman sudah diadaptasi menjadi mobile game hingga film-film pendek.

Kalau kamu ingin membuat animasi seperti karakter Stickman dengan konsep sendiri, kamu bisa menggunakan aplikasi Stick Nodes. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menciptakan berbagai motion keren dalam setiap frame-nya.

Kita juga bisa mengekspor animasi dalam format GIF. Hanya saja, untuk mengubahnya ke format MP4 lengkap dengan audio, kita perlu membeli versi Pro terlebih dahulu.

4. OpenToonz

article image

Image source: Morevnaproject.org

Aplikasi pembuat video animasi berikutnya yaitu OpenToonz. Aplikasi ini merupakan versi pengembangan dari Toonz yang bersifat open source. Kamu bisa membuat model desain animasi 2D dengan aplikasi ini.

Menariknya, beberapa film animasi besutan Studio Ghibli seperti Princess Mononoke dan The Secret World of Arrietty ternyata diproduksi menggunakan aplikasi ini. Terlebih lagi, OpenToonz juga tetap dilengkapi dengan fitur-fitur unik macam GTS dan KumoWorks seperti pada versi sebelumnya.

5. Clara.io

article image

Image source: Youtube/Threekit 3D & Augmented Reality

Rekomendasi terakhir ada aplikasi pembuat video animasi yang berbasis cloud. Kalian enggak perlu repot-repot melakukan instalasi software untuk bikin konten video animasi disini, cukup unggah bahan-bahannya, dan kamu bisa langsung mulai berkreasi.

Clara.io menawarkan solusi menarik bagi para content creator yang butuh alat praktis. Mereka juga telah menyediakan beragam tools dan efek-efek ciamik sehingga sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Selain itu, kita bisa memilih berbagai referensi photorealistic material untuk menyempurnakan desain karakter dengan setup yang simpel dan multi-platform. Keren kan? Selamat mencoba!


Demikianlah beberapa aplikasi pembuat video animasi di laptop dan Android. Untuk mendapatkan tips menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: Fixthephoto.com