6 Aplikasi Remote Serba Guna Untuk Bantu Hari-Harimu

Sekarang ini ponsel atau smartphone tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk menelepon, mengirim pesan atau sekadar membuka media sosial. Smartphone yang kamu pegang juga bisa berfungsi sebagai remote, lho! Tidak hanya remote TV, kamu juga bisa mengendalikan perangkat elektronik lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi remote serbaguna yang kamu install di smartphone kamu.

Aplikasi remote serbaguna ini tentunya akan sangat membantu kamu yang tidak ingin ribet mencari-cari remote untuk mengontrol perangkat elektronik. Apalagi bagi kamu yang suka malas gerak, aplikasi ini pasti akan menjadi favorit kamu. Agar tidak penasaran apa saja aplikasi remote serbaguna itu, yuk simak deretan aplikasi remote serbaguna berikut ini.

1. Mi Remote

article image

Image source: c.mi.com

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Xiaomi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Meskipun dikembangkan oleh brand Xiaomi, Mi Remote juga bisa digunakan untuk smartphone lain seperti Samsung, Huawei dan lain-lain. Aplikasi remote serbaguna ini tidak hanya digunakan untuk mengontrol TV, tetapi juga bisa digunakan untuk mengontrol barang elektronik yang lain.

Kamu bisa menggunakan Mi Remote untuk AC, DVD Player, kamera dan juga proyektor. Wah, kalau kamu sering kehilangan remote TV atau AC aplikasi ini pastinya akan sangat membantu kamu. Kamu tidak perlu lagi mencari remote karena bisa mengendalikan itu semua dengan menggunakan smartphone.

2. Peel Universal Smart TV Remote

article image

Image source: gadgets.ndtv.com

Peel Universal Smart TV Remote merupakan aplikasi remote serbaguna yang dikembangkan oleh Peel Technologies Inc. Sama seperti Mi Remote, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mengontrol televisi saja. Kamu bisa menggunakan aplikasi remote serbaguna ini untuk mengontrol AC, XBox, Chromecast dan lain sebagainya.

Untuk menghubungkan Peel Universal Smart TV Remote ke perangkat yang ini dikontrol, kamu harus menggunakan jaringan internet atau WIFI. Apabila kamu sedang tidak menggunakan WIFI, kamu bisa menghubungkan aplikasi remote serbaguna ini dengan menggunakan jaringan inframerah. Aplikasi ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Playstore.

Fitur menarik yang ada di Peel Universal Smart TV Remote ini adalah pengingat acara televisi. Dengan fitur ini kamu tidak usah khawatir akan ketinggalan acara TV favorit kamu. Kamu akan selalu mendapat notifikasi pengingat setiap acara tersebut akan tayang.

3. Unified Remote

article image

Image source: dumbcogetza.tk

Aplikasi remote serbaguna yang satu ini cocok untuk kamu yang suka malas gerak. Dengan Unified Remote, kamu bisa menggunakan smartphone atau tablet untuk menjadi remote komputer. Kamu pun bisa mengendalikan komputer dari jarak tertentu tanpa harus berada di depan layar monitor.

Untuk dapat menggunakan Unified Remote, kamu harus mengunduh aplikasi remote serbaguna ini pada smartphone dan komputer kamu. Di sini komputer kamu berfungsi sebagai server, sedangkan smartphone kamu berfungsi sebagai client. Aplikasi ini akan menampilkan mouse dan keyboard virtual pada interface smartphone yang bisa kamu kendalikan dengan sentuhan. Aplikasi ini bisa bekerja asal kamu berada dalam jangkauan jaringan WIFI atau bluetooth.

Lalu apa saja yang bisa lakukan dengan Unified Remote saat mengendalikan komputer dari jarak jauh? Jawabannya macam-macam guys, kamu bisa mengendalikan slide presentasi power point, mendengarkan musik, mengatur volume, memainkan video, mematikan Windows (shutdown, restart, sleep dan hibernate) dan lain-lain. Semuanya bisa kamu kendalikan dengan menggunakan mouse dan keyboard virtual yang ditampilkan.

Unified Remote juga memiliki fitur menarik yakni screen preview yang membuat kamu bisa melihat tampilan antarmuka dari komputer di layar smartphone kamu. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai sistem operasi, tidak hanya untuk Windows dan Android saja. Kamu dapat menggunakan perangkat lain seperti iOS dan Windows Phone sebagai client, dan sistem operasi Linux dan Mac OS sebagai server.

Cek juga aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa kamu unduh dan gunakan sehari-hari di bawah ini:

Articles

4. Teamviewer

article image

Image source: teamviewer.com

Teamviewer memiliki fungsi serupa dengan Unified Remote. Aplikasi remote serbaguna ini sangat membantu untuk mengakses komputer atau ponsel di saat komputer atau ponsel berada jauh dari kita. Aplikasi ini dapat digunakan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Teamviewer memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mentransfer file dengan cara yang mudah. Kamu hanya memerlukan koneksi internet, ID dan password yang disediakan pada perangkat yang kamu gunakan. Aplikasi ini dapat digunakan dari komputer ke komputer atau dari komputer ke smartphone dan sebaliknya.

Jika kamu ingin menghubungkan smartphone ke komputer, kamu harus mengunduh Teamviewer di kedua perangkat tersebut. Dengan 200 juta lebih pengguna menjadikan Teamviewer sebagai salah satu aplikasi remote serbaguna yang paling banyak digunakan. Alasannya tentu saja karena fleksibilitas yang ditawarkan aplikasi tersebut.

5. Sure Universal

article image

Image source: apkpure.com

Sure Universal merupakan aplikasi remote TV yang juga bisa digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik yang lain. Salah satu keunggulan dari aplikasi remote serbaguna yang dikembangkan oleh Sure Universal Ltd ini adalah kamu dapat menransfer berbagai macam jenis file seperti audio, foto, video dan file lainnya dari smartphone ke smart TV.

Dengan keunggulan tersebut, kamu tidak perlu repot-repot memindahkan file secara manual ke perangkat lain. Aplikasi ini mendukung berbagai macam brand smart TV seperti Samsung, LG, Sharp, Panasonic, Toshiba dan lain-lain. Karena itulah Sure Universal telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Playstore.

6. Anymote

article image

Image source: anymote.io

Pengguna Anymote boleh jadi belum sebanyak pengguna aplikasi remote serbaguna yang lain. Namun kamu perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini. Anymote tidak hanya bisa digunakan untuk mengontrol smart TV, tetapi juga dapat dipakai untuk TV tradisional atau TV tabung.

Selain digunakan untuk mengontrol TV, Anymote juga bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat elektronik lain, bahkan disebut-sebut sebagai aplikasi remote terbaik untuk mendukung kamera DSLR, DVD, STB, AC dan hampir semua teknologi yang memiliki IR Blaster.

Buat kamu yang sering menonton film atau video dengan cara mengakses aplikasi berbayar, aplikasi remote serbaguna ini juga akan sangat membantu. Hal itu dikarenakan Anymote telah dilengkapi tombol khusus untuk Netflix, Hulu dan Kodi untuk jenis TV tertentu. Anymote menampilkan interface seperti layaknya sebuah remote
sehingga akan sangat memudahkan kamu.


Nah, itu tadi deretan aplikasi remote serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan aktivitas santai kamu. Dengan remote virtual tadi, tentunya kamu tidak perlu pusing lagi mencari-cari remote TV atau perangkat lainnya bukan? Namun dengan adanya aplikasi remote serbaguna ini jangan menjadikan diri kamu makin malas gerak ya! Jangan lupa cek juga promo-promo smartphone Android yang ada di GoToMalls. Aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: beebom.com