Aplikasi Tes Buta Warna

Tes buta warna adalah salah satu tes kesehatan wajib yang dianjurkan sebelum masuk dalam dunia kerja. Hal ini dapat mempengaruhi banyak pekerjaan ke depan terutama yang berhubungan dengan identifikasi warna. Apalagi bagi seorang teknisi tidak boleh sampai salah membedakan warna karena dapat berakibat fatal.

Buta warna sendiri dapat dibedakan menjadi 3 jenis. Buta warna merah-hijau, biru-kuning, dan total. Dalam kasus buta warna total orang hanya bisa melihat warna monokrom saja, alias hitam dan putih. Sedangkan untuk buta warna merah-hijau dan kuning-biru mereka hanya tidak bisa membedakan warna-warna tersebut.

Itu mengapa kamu perlu menjalani tes buta warna ketika masuk dalam instansi baru. Nah, jika biasanya tes buta warna dilakukan di rumah sakit, klinik, atau puskesmas, kini kamu bisa melatih ketajaman mata hanya dari ponsel. Berikut ini 5 aplikasi tes buta warna yang bisa kamu coba sendiri dari rumah.

1. Ishihara Color Blindness Test

article image

Image source: iteachandroid

Adalah aplikasi tes buta warna yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Store. Aplikasi ini telah banyak diunduh dan di review banyak pengguna.

Aplikasi ini dirancang untuk menyediakan berbagai tes buta warna menggunakan metode ishihara. Apa itu metode ishihara? Sebuah metode tes buta warna dengan menunjukkan sebuah gambar titik-titik berpola kombinasi berwarna.

Layaknya tes buta warna, pengguna akan diberikan berbagai gambar dan diminta untuk menebak pola yang terlihat di sana. Setelah itu kamu akan diberi hasil dari tes ishihara. Apakah normal, buta warna merah-hijau, kuning-biru, atau buta warna total.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur sederhana. Bagi pengguna awam pun, tes ini akan sangat membantu mendeteksi gangguan buta warna dengan cepat.

2. Tes Buta Warna Ishihara Offline

article image

Image source: sllypochank.com

Aplikasi tes buta warna berikutnya bisa didownload pada perangkat Android. Aplikasi ini juga menggunakan metode yang sama untuk mengecek mata kita dalam membedakan warna.

Tes Buta Warna ishihara ini belum banyak didownload seperti aplikasi sebelumnya. Meski begitu sudah ada sedikitnya 56 user yang memberikan review atas aplikasi ini.

Sekilas nama aplikasi ini mirip dengan aplikasi tes buta warna sebelumnya, hanya saja ini menggunakan bahasa Indonesia. Seperti namanya, Tes Buta Warna Ishihara offline ini dapat kamu gunakan bahkan ketika tidak memiliki paket data.

Pada aplikasi tersebut kamu juga bisa memilih bentuk tes yang akan kamu selesaikan. Misalnya menunjukkan pola hewan, angka, atau huruf sesuai pilihanmu.

3. Tes Buta Warna

article image

Image source: nextrend.com

Tes Buta Warna ini mendapat rating 3,7 di Google Store. Aplikasi tes buta warna ini mengklaim memiliki tampilan yang fokus pada fungsi, praktis, dan sangat mudah digunakan. Designnya pun menarik dan dapat kamu gunakan dengan atau tanpa jaringan internet.

Untuk soal-soal tesnya tidak jauh berbeda. Aplikasi ini menghadirkan pola titik-titik berwarna yang kemudian meminta pengguna menjawab gambar atau angka yang terlihat di sana.

Menariknya, pada tes ini akan ada tingkatan level soal. Setelah itu kamu akan mendapat hasil tes buta warna dalam bentuk presentase. Di sini kamu juga akan memperoleh penjelasan mengenai gejala dan tingkatan seseorang menderita buta warna.

4. Daltonism Test: Examine Color Blindness

article image

Image source: appmonk.com

Masih ditujukan untuk perangkat Android, aplikasi tes buta warna ini mendapatkan rating yang cukup tinggi yakni 4,1 dan telah di-review lebih dari 408 pengguna di Google Store.

Aplikasi tes buta warna ini hadir dengan berbagai tingkatan level. Mulai dari easy, medium, hard, red test, green test, blue test, dan mixed test. Masing-masing tes terdiri dari 9 gambar acak yang harus pengguna tebak polanya. Untuk dapat menyelesaikan tes tersebut, pengguna hanya diberi waktu 10 detik setiap 2 nomor.

5. Color Blind Test

article image

Image source: likesimilar.com

Aplikasi tes buta warna berikutnya ini termasuk salah satu yang paling banyak di-download oleh pengguna. Ratingnya pun cukup baik yakni 4,2 dengan totol pengguna lebih dari 1.000 akun.

Aplikasi tes buta warna ini gratis dan soal-soal yang lebih detail lagi. Di sini kamu dapat lebih mendalam dalam menganalisa ketajaman warna.

Itu tadi kelima aplikasi tes buta warna yang bisa di-download secara gratis dari perangkat Android kalian. Selamat mencoba ya.


Simak juga info rekomendasi menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Articles

Featured image source: youtube.com