6 Aplikasi Video Conferencing Terbaik yang Bisa Kamu Pakai Selama #WorkFromHome

Merebaknya wabah virus corona membuat pemerintah akhirnya menghimbau masyarakat untuk bekerja di rumah atau work from home (WFH). Segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan di kantor harus kita selesaikan di rumah. Kita pun harus melakukan rapat dan diskusi dari rumah.

Dengan adanya teknologi, jarak bukan lagi menjadi penghalang. Kita tidak harus bertatap muka secara langsung untuk bisa melakukan meeting. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa aplikasi video conferencing dalam
smartphone.

Daripada bingung mau pakai aplikasi yang mana, yuk simak rekomendasi aplikasi video conferencing terbaik yang bisa kamu pakai selama WFH berikut ini.

[[pusa]]

Skype

article image

Image source: slashgear.com

Dengan aplikasi Skype, kamu dapat melakukan obrolan video grup untuk 50 orang. Skype merupakan salah satu aplikasi video conferencing yang dapat mempermudah kamu saat melaksanakan rapat atau kelas online untuk para guru.

Dengan Skype bekerja jarak jauh menjadi lebih efisien. Para siswa yang harus belajar di rumah pun dapat menggunakannya dan tidak perlu pusing dengan pembelajaran jarak jauh. Dengan berbagi layar grup, kamu dapat menyajikan slide PowerPoint, rekaman video dan dokumen lain ke seluruh anggota grup. Fitur ini pun bisa dimanfaatkan para guru yang harus mengajar dari rumah.

Skype dapat kamu gunakan pada smartphone, tablet maupun desktop. Skype juga menyediakan fitur perekaman panggilan dan subtitel langsung untuk arsip, terutama untuk mencatat hal-hal penting dalam diskusi. Kamu pun bisa mencari dokumen, tautan dan foto dalam percakapan dengan mudah.

GoToMeeting

article image

Image source: youtube.com

Aplikasi GoToMeeting dapat kamu gunakan di segala jenis perangkat elektronik, antara lain komputer Mac, Linux dan Windows, iPhone, perangkat Android atau tablet dan iPad. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk menjadwalkan rapat dengan rekan kerja. Menariknya, rekan kerja kamu dapat bergabung tanpa harus mendaftar dan membayar.

Selain praktis, GoToMeeting juga bisa kamu manfaatkan untuk menampilkan presentasi atau slide PowerPoint dan laporan saat melakukan meeting. Kamu juga bisa memilih mengobrol dengan semua orang yang ikut dalam rapat atau hanya mengobrol dengan salah satu peserta.

Aplikasi video conferencing ini dapat mendukung 15 peserta sehingga cocok untuk rapat dengan tim terbatas. Selain mendukung video call, GoToMeeting juga bisa kamu gunakan untuk panggilan audio.

Zoom Cloud Meeting

article image

Image source: apkpure.com

Aplikasi video conferencing yang bisa kamu gunakan berikutnya adalah Zoom Cloud Meeting. Aplikasi ini cukup powerful karena dapat mendukung hingga 100 partisipan dalam single meeting. Jadi aplikasi ini cocok digunakan untuk tim besar.

Kamu dapat menggunakan Zoom Cloud Meeting secara gratis dengan fitur terbatas tetapi cukup fungsional. Aplikasi ini menyediakan fitur audio-only, video dan text chatting. Aplikasi ini juga telah didukung dengan kualitas high definition atau HD dan dilengkapi dengan alat kolaborasi bawaan yang memungkinkan kamu untuk berbagi layar secara bersamaan.

Dengan Zoom Cloud Meeting kamu bisa memanfaatkan fitur penjadwalan untuk memulai rapat melalui akun Outlook, Gmail atau iCal. Para pengguna juga dapat merekam rapat dan menyimpannya di perangkat masing-masing atau pada akun Cloud. Riwayat obrolan grup pun dapat dengan mudah dicari, file yang dibagi dan arsip dapat disimpan selama sepuluh tahun.

Hangouts Meet

article image

Image source: gsuiteupdates.googleblog.com

Opsi berikutnya adalah Hangouts Meet yang merupakan layanan premium atau berbayar dalam Google G Suite. Aplikasi video conferencing ini dapat mendukung hingga 250 peserta dalam satu telekonferensi dengan kualitas video dan audio yang baik.

Kabar baiknya, Google menggratiskan layanan Hangouts Meet ini hingga 1 Juli 2020 untuk membantu para pekerja yang harus melakukan WFH akibat wabah virus corona. Hangouts Meet tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk melakukan rapat, tetapi juga untuk kegiatan belajar mengajar online. Siaran langsung telekonferensi bisa ditonton hingga 100.000 penonton dengan satu domain.

Hanya pemilik akun G Suite yang bisa mengadakan rapat online dengan menggunakan Hangouts Meet. Kamu bisa melakukan rapat online dengan perangkat komputer maupun smartphone. Video conference bisa dilakukan browser Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari atau Microsoft Edge, atau mudahnya kamu bisa mengunduh aplikasi Hangouts Meet di PlayStore.

Cisco Webex Meetings

article image

Image source: apkpure.com

Aplikasi video conferencing ini cukup populer di kalangan pengguna bisnis. Cisco Webex Meetings memiliki berbagai fitur menarik, kamu bisa menjadwalkan rapat langsung dari aplikasi, menyesuaikan layout video dan bergabung dalam sebuah rapat hanya dengan sekali tap.

Rapat akan menjadi lebih efisien dan kamu hanya tinggal mengirimkan undangan rapat melalui email ke beberapa rekan kerja untuk bergabung. Aplikasi ini dapat mengundang 25 partisipan dalam satu pertemuan dan memiliki kualitas video HD. Kamu bisa menggunakan aplikasi video conferencing ini dengan smartphone, PC, laptop, notebook maupun PC tablet.

Kamu juga dapat menyesuaikan fitur dalam aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan. Selain Webex Meetings, kamu juga dapat menggunakan Webex Team dan Webex Calling. Kamu tidak usah khawatir dengan keamanan data karena privasi pengguna dikontrol dengan kebijakan yang ketat. Kamu dapat melakukan rapat secara face to face maupun berbagi presentasi di layar.

Join.me

article image

Image source: getapp.ie

Aplikasi konferensi audio dan video melalui telepon atau internet ini memungkinkan kamu untuk bisa melihat dan mendengar apa pun secara real time. Dengan Join.me kamu dapat menjadwalkan rapat langsung di aplikasi. Kamu juga bisa mengundang kolega dan rekan kerja untuk melaksanakan rapat virtual yang terjadwal maupun spontan dengan mudah.

Rekan kerja yang diundang rapat tinggal mengetik kode yang sama untuk bisa bergabung. Kamu bisa memperbesar atau memperkecil layar, berbagi layar bersama, menampilkan slide presentasi, membuka dokumen maupun situs web. Kamu juga bisa membuka pembicaraan dengan salah satu anggota rapat saja atau terbuka dengan semua peserta.


Itulah rekomendasi aplikasi video conferencing terbaik yang bisa kamu pakai selama WFH. Jangan sampai kebijakan WFH ini menghambat kamu dalam bekerja ya! Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com

Malls

featured image source: lifesize.com