Aplikasi Wajib Install Selama Bulan Ramadhan 2020

Memasuki bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Momen ini juga merupakan salah satu yang paling dinantikan oleh seluruh umat Muslim. Pasalnya, menjalani ibadah selama bulan Ramadhan memiliki nilai yang lebih istimewa ketimbang hari-hari biasa.

Selain itu, orang-orang biasanya akan lebih giat beribadah dan mempelajari ilmu agama. Mulai dari mengaji Al Quran, mengikuti kajian keagamaan, mengapal Surah-Surah, hingga melaksanakan ibadah-ibadah sunnah.

Untuk itu, supaya aktivitas peribadatan selama Ramadhan menjadi lebih mudah dan menyenangkan, tidak ada salahnya kamu install aplikasi-aplikasi yang bisa menunjang ibadah berikut ini.

Sahur Alarm

article image

Image source: play.google.com

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi alarm, hanya saja Sahur Alarm memiliki fungsi utama sebagai alarm untuk jam sahur, sesuai dengan namanya. Aplikasi ini akan membangunkan penggunanya ketika jam sahur tiba. Dengan kehadiran aplikasi ini, sahur kita tentunya akan lebih mudah. Tidak perlu khawatir bangun kesiangan dan melewati jam sahur.

Sahur Alarm dikembangkan oleh Polatic dan tersedia di Google Play Store. Aplikasinya sudah di install oleh lebih dari 50 ribu pengguna dengan rating Google Play 4.3/5. Ukurannya pun sangat terjangkau hanya sebesar 1.5 MB. Terakhir diperbaharui pada 12 Juli 2013.

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

article image

Image source: play.google.com

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla adalah aplikasi yang berguna untuk menampilkan jadwal shalat rutin berdasarkan lokasi pengguna. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin lebih tepat waktu dalam menjalani ibadah shalat wajib. Selain itu, terdapat pula fitur notifikasi yang bisa disesuaikan ketika jadwal shalat tiba.

Beberapa fitur unggulan dari aplikasi ini adalah:

• Perhitungan jadwal shalat bisa menggunakan metode yang ditentukan oleh pengguna. Aplikasi akan mendeteksi dan memberikan rekomendasi metode terbaik untuk pengguna. Namun tetap bisa diganti sesuai keinginan.
• Terdapat berbagai macam pilihan alarm. Kamu bisa memilih menggunakan alarm berupa suara Adzan atau menggunakan notifikasi standar untuk mengingatkan waktu shalat.
• Penghitung mundur ke jam shalat berikutnya dengan warna yang disesuaikan untuk menunjukkan sisa waktu menuju shalat selanjutnya.
• Kompas Kiblat untuk menunjukkan arah Kaabah/Mekkah.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kodelokus Cipta Aplikasi dengan rating Google Play 4.6/5. Sudah 5 juta pengguna lebih yang mengunduh aplikasi ini. Ukurannya sekitar 12MB dan terakhir di-update pada 10 Maret 2020.

Al Quran Indonesia

article image

Image source: play.google.com

Tadarus Al Quran adalah salah satu kegiatan yang paling disarankan selama bulan suci Ramadhan. Melalui bantuan aplikasi Al Quran Indonesia, kamu bisa melakukan tadarus melalui layar gawai tanpa harus membuka kitab fisik. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan audio murottal full meliputi 114 surah/30 juz dengan tampilan User-Interface yang sangat nyaman bernuansa hijau tosca.

Fitur-fitur yang ditawarkan Al Quran Indonesia di antaranya:

• Membaca Al Quran dengan mode layar landscape atau portrait.
• Surah Index
• Juz Index
• Rasm/penulisan (IndoPak dan Utsmani style).
• Aksara latin
• Tafsir Al Quran (Kemenag-RI & Tafsir Al-Jalalain Indonesia).
• Bookmark, copy, dan share ayat-ayat Al Quran.
• Penanda bacaan terakhir.
• Terjemahan per kata dari Arabic ke Bahasa Indonesia.
• Audio control & audio manager murottal
• Pencarian Surah/ayat berdasarkan kata kunci.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Andi Unpam dengan rating Google Play 4.8/5. Ukurannya 19MB dan terakhir di update pada 27 Maret 2020. Al Quran Indonesia sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android.

Konsultasi Syariah

article image

Image source: play.google.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan layanan informasi seputar syariah Dakwah, Hadist, Ekonomi, hingga Aqidah Islam. Sebelum hadir dalam versi mobile, info-info dari Konsultasi Syariah awalnya hanya bisa diakses melalui situs www.konsultasisyariah.com.

Dalam situsnya terdapat artikel-artikel tanya jawab seputar syariah Islam, meliputi masalah Ibadah, Dzikir & Doa, Aqidah, Kesehatan, Halal & Haram, Adab, Manajemen Qolbu, Nasehat, Pergaulan, Ramadhan, dan masih banyak lagi. Versi Androidnya dibuat supaya pembaca bisa mengakses artikel-artikel tersebut dengan lebih mudah.

Waktu Solat -Kiblat, Adzan, Doa

article image

Image source: play.google.com

Aplikasi ini tidak cuma menampilkan informasi yang berkaitan dengan waktu shalat, kiblat, ataupun doa, tapi juga memiliki fitur Locator yang berguna untuk menemukan masjid terdekat dari lokasi pengguna dan menunjukkan arah kiblat lengkap dengan jaraknya.

Untuk mempermudah kegiatan ibadah selama bulan Ramadhan, kamu bisa menggunakan fitur tasbih, daftar doa harian, dan panduan shalat Qasar dan Jama’.

Selain itu, ada beberapa fitur bermanfaat lainnya yang bisa kamu gunakan, yaitu:
• Kalender Hijriah dan Gregorian.
• Asmaul Husna, kisah 25 nabi, dan malaikat-malaikat dalam pemahaman Islam.
• Informasi Event Islami.


Demikianlah 5 aplikasi wajib instal selama bulan Ramadhan 2020. Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan.

Malls

featured image source: indozone.id