Arsitek Ternama Indonesia yang Mendunia

Meskipun jarang tersorot, nyatanya Indonesia menyimpan segudang talenta berharga di bidang arsitektur. Bahkan, beberapa di antara mereka termasuk diperhitungkan di kancah internasional.

Nama-nama arsitek Indonesia berikut ini memiliki karya arsitektur yang cantik dan elegan. Ada pun karya-karya mereka yang sudah mendapat pengakuan dan apresiasi di kalangan arsitek dunia.

Mereka membangun berbagai macam bangunan, mulai dari tempat ibadah, gedung pemerintahan, hingga pemukiman warga, berikut deretan arsitek ternama Indonesia yang karyanya sudah mendunia:

1. Achmad Noe'man

article image

Image source: arsitek.in

Achmad Noe'man dikenal sebagai arsitek legendaris yang merancang bangunan Masjid Islamic Center, Jakarta. Selain itu, pria kelahiran Garut, Jawa Barat ini sudah membuat banyak bangunan masjid yang indah dan megah di dalam negeri.

Memang, sebagian besar karya beliau merupakan bangunan masjid. Selain Islamic Center di Jakarta, Achmad Noe'man juga merancang Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan.

Acmad Noe'man pun memiliki peran penting dalam perkembangan arsitektur di Indonesia, karena dia merupakan salah satu pendiri Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

2. Ir. Soekarno

article image

Image source: hot.liputan6.com

Sang Proklamator, Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno adalah salah seorang arsitek terbaik kebanggaan Indonesia. Tidak sedikit bangunan pada masa awal berdirinya negara ini lahir dari ide beliau dan banyak direalisasikan oleh Frederich Silaban.

Selain melahirkan ide-ide brilian, Bung Karno juga berperan penting dalam merancang bangunan-bangunan penting seperti Gedung MPR dan DPR, meskipun tidak sepenuhnya ditangani beliau karena tuntutannya menjalankan pemerintahan.

3. YB Mangunwijaya

article image

Image source: kagama.co

Arsitek ternama Indonesia yang mendunia berikutnya adalah YB Mangunwijaya. Karya beliau bukan sekadar menarik dipandang mata, melainkan juga bisa meninggalkan kesan tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya.

Salah satu karya terbaik YB Mangunwijaya dan yang paling populer adalah kawasan pemukiman Kali Code di Yogyakarta. Berkat karyanya tersebut, beliau mendapat apresiasi penghargaan Internasional Aga Khan.

YB Mangunwijaya dianggap sukses menjadikan pemukiman di sekitar bantaran Kali Code menjadi pemukiman yang indah, mengingat sebelumnya daerah ini tergolong kumuh dan rawan aksi kriminal.

4. Frederich Silaban

article image

Image source: travel.kompas.com

Berikutnya ada Frederich Silaban. Meskipun tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi, arsitek lulusan STM ini telah melahirkan bangunan-bangunan monumental.

Beberapa karya Frederich Silaban yang terkenal adalah Tugu Khatulistiwa di Kalimantan, Monumen Nasional (Monas), hingga Stadion Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta.

Selain itu, Frederich juga merupakan perancang Masjid Istiqlal, yang membuat dirinya diberi penghormatan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Sipil dari pemerintah Indonesia.

5. Budi Pradono

article image

Image source: HousingEstate

Selanjutnya ada Budi Pradono, salah satu arsitek terbaik di Indonesia. Salah satu karya beliau yang paling menarik perhatian adalah Bambo Tampah. Karyanya ini sempat menarik perhatian dunia internasional dan mendapat penghargaan Arcasia Architecture Award pada 2016.

Selain Bambo Tampah, Budi Pradono juga merancang Dancing Mountain House yang dibangun menggunakan konsep Borderless Home atau rumah tanpa sekat.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: Solider.id