Gunakan 5 Bahan Alami Ini Untuk Mengatasi Mata Bengkak dan Menghitam Seperti Panda!

Pernahkah kamu mendapati matamu membengkak dengan kantung yang tampak lebih kendur dan kehitaman? Masalah ini sangat umum terjadi dan bisa dialami siapa saja. Kendati demikian, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir karena ini bukanlah gangguan kesehatan yang berdampak membahayakan, hanya saja mengganggu penampilan.

Sebagian besar mata bengkak bisa muncul karena mengalami kesulitan tidur atau insomnia, bisa juga akibat efek konsumsi alkohol, stres, menangis di malam hari, dehidrasi dsb. Untuk mengatasi mata bengkak sebenarnya cukup mudah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah seperti timun, kentang, putih telur, kantung teh, atau es batu.

1. Mentimun

article image

Image source: Propagation Place

Mentimun adalah salah satu bahan alami yang sering dijadikan bahan dasar pembuatan masker wajah. Di sisi lain, sayuran yang sering dijadikan lalapan ini juga bermanfaat untuk mengatasi mata yang membengkak. Mentimun memiliki kandungan astringen yang berfungsi untuk menyegarkan mata yang sembab atau bengkak.

Untuk meredakan pembengkakan mata dengan menggunakan mentimun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengiris 2 potong mentimun, lalu kompres kedua mata kamu selama sekitar 10 menit atau lebih, kamu juga bisa menggunakan kompresan mentimun ini sambil menggunakan masker wajah.

Cek juga beberapa rekomendasi artikel seputar kesehatan di Gotomalls.

Articles

2. Kentang

article image

Image source: crocus.co.uk

Selain ketimun, sayuran yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata bengkak dan menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Kentang memiliki kandungan asam sifat dan asam fosfat yang efektif untuk mengurangi peradangan kulit, termasuk kulit yang ada di area mata. Oleh sebab itu, jangan remehkan khasiat sayuran yang satu ini!

Cara menggunakannya pun cukup mudah, pertama-tama kentang yang telah dikupas lalu ditumbuk atau digiling sampai halus. Setelah itu, bungkus tumbukkan kentang tersebut dengan sehelai kain tipis. Celupkan kain tersebut ke dalam air hangat dan tempelkan pada mata. Kalau ingin yang lebih instan, kamu juga bisa mengiris 2 potong kentang yang sudah didinginkan dan tempel pada kedua mata.

3. Putih Telur

article image

Image source: Tribunnews.com

Protein memiliki sejumlah manfaat positif untuk kecantikan kulit, dan salah satu sumber protein terbaik adalah putih telur. Kandungan protein dalam putih telur sangat berguna untuk mengencangkan kulit secara alami. Dengan mengoleskan sedikit putih telur mentah ke sekitar area mata, maka kantung mata pun akan kempis dengan mudah.

Untuk menggunakannya, kamu perlu mengaduk putih telur sampai tampak berbusa, setelah itu oleskan di sekitar area kantung mata. Usahakan jangan sampai mengenai mata bagian dalam. Setelah itu pijat halus selama 5 menit dan bilas dengan air hangat setelah 30 menit didiamkan.

Gotomalls juga punya beberapa rekomendasi promo di dunia kesehatan.

4. Kantung Teh Bekas

article image

Image source: Kompas Lifestyle

Jangan langsung buang kantung teh celup yang sudah kamu pakai, karena teh celup bekas ternyata bisa digunakan untuk mengompres mata bengkak! Ambil 2 kantung teh celup yang sudah kamu seduh di dalam air panas, kemudian peras kantung teh bekasnya dan tiriskan sampai cukup dingin. Setelah itu, segera kompres kelopak mata kamu menggunakan 2 kantung teh tersebut. Kompres mata dengan kantung teh selama kurang lebih 15 menit.

Agar memperoleh hasil yang lebih baik, gunakan kantung teh celup hitam atau teh hijau, karena kedua jenis teh ini mengandung kafein yang efektif untuk mempercepat pengempisan mata bengkak. Teh hijau dan teh hitam juga memiliki kandungan flavonoid, salah satu antioksidan tanin yang bermanfaat untuk membantu menjaga kulit di sekitar area mata agar tetap kencang.

5. Es Batu

article image

Image source: JakartaNotebook

Kalau kamu tidak memiliki bahan-bahan di atas, kamu masih bisa menggunakan satu bahan lain yang mudah ditemukan dan efektif untuk mengempiskan mata bengkak, yaitu es batu! Cara menggunakan es batu untuk mengompres mata bengkak juga cukup sederhana dan mudah, kamu hanya perlu menempelkan potongan es pada kelopak mata dan area sekitar mata sambil dipijat halus selama kurang lebih 5 menit.

Lakukan proses ini selama 3 hari setiap pagi, maka kantung mata pun akan menghilang dengan sendirinya. Selain itu, kamu juga perlu mengimbanginya dengan istirahat dan tidur yang cukup, untuk menjaga kantung mata terlihat tetap segar. Cukup mudah bukan? Hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah, kita bisa mengatasi permasalahan mata bengkak dengan cara sederhana!

Ikuti juga perkembangan info-info menarik seputar tips dan gaya hidup lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

Brands

Featured image source: desakabut.com