Cara Mengurangi Minyak di Wajah dengan Bahan Alami

Produksi minyak pada kulit wajah berguna penting untuk menjaga kelembaban. Hanya saja, jika produksi minyak mulai berlebihan justru dapat meningkatkan resiko masalah kulit. Oleh karenanya, kadar minyak pada wajah perlu dikontrol agar tidak berlebihan.

Ada berbagi kemungkinan yang menjadi sebab produksi minyak wajah berlebihan. Mulai dari faktor gen atau turunan, pola makan, kebiasaan-kebiasaan tertentu, hingga perubahan hormon ketika memasuki siklus menstruasi pada perempuan.

Selain itu, faktor cuaca dan usia juga bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah. Penting untuk menyadari hal-hal yang menjadi sebab kulit wajah terlalu berminyak. Namun, cara mengurangi minyak di wajah juga tidak kalah penting untuk diketahui, termasuk dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti berikut: .

1. Green Tea

article image

Image source: Kitchen of Indonesia

Cara mengurangi minyak di wajah yang pertama adalah dengan menggunakan teh hijau. Seperti yang banyak diketahui teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu mengurangi produksi sebum dan juga bermanfaat untuk mengobati jerawat akibat minyak berlebih.

Selain itu, teh hijau juga terkenal kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), sebuah polifenol yang menurut penelitian dapat mengatasi kulit berminyak.

Ambil beberapa kantong teh hijau bekas dan simpan di lemari es selama beberapa waktu. Kemudian oleskan isi kantong teh dingin tersebut ke seluruh wajah dan biarkan menyerap selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Tomat

article image

Image source: Healthline.com

Tomat terkenal dengan kandungan asam salisilat yang dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi jerawat. Asam dalam tomat juga dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori wajah.

Dalam hal ini asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang dapat membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Kamu bisa menggunakan tomat untuk mengatasi kulit berminyak dengan hanya menempelkan langsung potongan tomat pada kulit atau bisa juga menjadikannya sebagai masker, scrub atau toner alami untuk membersihkan dan menyegarkan wajah kamu.

3. Oatmeal

article image

Image source: Orami.co.id

Cara mengurangi minyak di wajah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan oatmeal. Kulit yang meradang juga dapat diatasi dengan oatmeal.

Selain itu oatmeal juga dapat membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Cara mendapatkan manfaat oatmeal juga terbilang sangat mudah cukup dengan mencampurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta dan tambahkan 1 sendok makan madu.

Balurkan campuran oatmeal dan madu ke seluruh wajah sambil dipijat, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan tisu atau handuk bersih.

4. Madu

article image

Image source: healthline.com

Cara mengurangi minyak di wajah berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Pasalnya madu terkenal dengan sifat antibakteri dan antiseptiknya yang dapat mengatasi kulit berminyak dan rawan jerawat. Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembap tetapi tidak berminyak.

Dalam hal ini madu bertindak sebagai emolien alami yang dapat melembapkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Sifat antimikroba yang dimiliki madu juga dapat mencegah jerawat timbul.

Untuk menggunakan madu sebagai solusi kulit berminyak sangat sederhana kamu hanya perlu siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran.

Dengan menggunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Lidah Buaya

article image

Image source: Medical News Today

Terakhir dengan memanfaatkan lidah buaya yang telah lama dikenal untuk menyembuhkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya.

Banyak orang menggunakan lidah buaya sebagai cara alami menghilangkan minyak di wajah. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa lidah buaya membantu merawat kulit bersisik yang disebabkan oleh kulit berminyak.

Cara mendapatkan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan minyak di wajah juga sangat mudah, kamu cukup mengoleskan tipis gel lidah buaya pada seluruh wajah kamu sebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya.

Tapi perlu diketahui, lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Jika kamu belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sedikit pada lengan. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, maka lidah buaya aman digunakan.

Nah, itulah beberapa cara mengurangi minyak di wajah dengan bahan alami. Jangan lupa ikuti terus info dan tips menarik dari Gotomalls dalam update artikel berikutnya!

Malls

Articles

Featured image source: 1NEWS