6 Bahan Alami Untuk Membuat Bibir Berwarna Merah Muda

Bibir hitam sering membuat seseorang merasa kurang percaya diri, apalagi ketika harus tampil di hadapan banyak orang. Akhirnya, mau tidak mau kamu harus menggunakan berbagai produk kosmetik untuk mempercantik warna bibir. Tetapi, bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya sering kali membuat kulit bibir kering kusam hingga terkelupas dan malah memperburuk kesehatan.

Walaupun sekarang sudah banyak bermunculan berbagai produk kosmetik dengan bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan, bukan berarti itu sepenuhnya aman, terutama jika digunakan dalam jangka panjang. Karena setiap produk kosmetik pasti mengandung bahan pengawet agar bisa bertahan lebih lama. Maka dari itu, untuk membuat warna bibir menjadi lebih merah dan segar, sebaiknya kamu menggunakan bahan-bahan yang 100% alami!

Faktor Pemicu Bibir Berwarna Gelap

article image

Image source: top10homeremedies.com

Selain karena faktor genetik atau bawaan, ada beberapa penyebab tertentu yang membuat warna bibir kamu menghitam dan gelap. Seperti beberapa faktor berikut ini:

Usia

Tidak bisa dipungkiri lagi jika usia yang semakin bertambah akan diiringi pula dengan perubahan kondisi fisik, salah satunya adalah warna bibir yang menjadi lebih gelap. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi enzim-enzim dan hormon penting yang berfungsi untuk menjaga kondisi fisik luar. Produksi kolagen yang berkurang juga turut mempengaruhi kondisi kulit bibir menjadi tidak sekencang sebelumnya.

Sinar UV dari Paparan Matahari

Aktivitas sehari-hari di luar ruangan juga turut mempengaruhi proses penggelapan warna bibir. Kalau kamu terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, apalagi di area-area yang tinggi polusi dan banyak mengandung radikal bebas, cukup masuk akal kalau warna bibir kamu menjadi lebih gelap dari biasanya. Kontak langsung antara kulit dan sinar UV bisa membuat kecerahan kulit menghilang perlahan.

Rokok

Yang satu ini adalah faktor umum yang sering membuat warna bibir seseorang menjadi gelap kehitaman. Hal ini disebabkan oleh berbagai kandungan bahan kimia di dalam rokok. Jadi, cukup masuk akal kalau seorang perokok aktif selalu memiliki bibir berwarna gelap.

Kafein

Selain rokok, kafein juga turut memicu perubahan warna bibir! Mengonsumsi kafein dalam jumlah besar secara rutin bisa membuat bibir berwarna gelap, terutama kafein yang terkandung dalam kopi. Jadi sebaiknya kamu tidak mengonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir sehari.

Cara Membuat Warna Bibir Terlihat Merah Muda

article image

Image source: New Health Guide

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab warna bibir menjadi hitam dan gelap, selanjutnya kamu bisa mengubah warna bibir menjadi lebih cerah dan tampak merah muda dengan bahan-bahan alami berikut ini!

1. Jeruk Nipis

article image

Image source: duta.co

Pertama adalah jeruk nipis, lebih tepatnya air yang terkandung dalam jeruk nipis. Bahan ini merupakan agen pemutih alami yang bisa membantu proses detoksifikasi sel-sel mati di dalam tubuh. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggosok potongan jeruk nipis pada permukaan bibir secara perlahan selama kurang lebih dua menit. Setelah itu, biarkan selama 10 menit sebelum dibasuh menggunakan air hangat. Selain jeruk nipis, kamu juga bisa menggunakan jeruk lemon.

2. Madu

article image

Image source: Tribunnews.com

Selain jeruk, madu juga merupakan bahan alami yang bisa membuat bibir terlihat lebih merah merona. Kamu hanya membutuhkan dua sendok teh madu ditambah satu sendok teh air perasan jeruk nipis. Campur sampai merata lalu oleskan pada bibir. Biarkan campuran tersebut meresap selama 10 menit, lalu cuci menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan proses ini selama 30 hari.

3. Susu

article image

Image source: Dairy Farmers of Canada

Siapa sangka kalau susu juga bisa digunakan untuk mencerahkan warna bibir! Hanya dengan beberapa tetes gliserin dan susu segar yang dioleskan di permukaan kulit bibir pada malam hari dapat membuat warna bibir menjadi merah muda. Biarkan campuran tersebut meresap semalaman dan cuci dengan air saat bangun tidur. Selain untuk bibir, resep ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah!

4. Lemon dan Gula

article image

Image source: fwdlife.in

Lemon banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai produk kecantikan. Buah asam ini sangat berguna untuk membersihkan kulit dari berbagai kotoran yang menempel, terutama kulit wajah! Untuk merubah warna bibir, kamu bisa menggunakan irisan lemon dengan sedikit taburan gula pasir di atasnya, lalu oleskan pada bibir dan diamkan selama 15 menit.

5. Kelopak Bunga Mawar

article image

Image source: Merdeka

Kelopak bunga mawar dapat digunakan untuk mencerahkan bibir gelap secara efektif! Caranya, pertama-tama kamu harus merendam beberapa kelopak mawar dalam susu selama 30 menit. Kemudian tambahkan beberapa tetes gliserin dan sedikit madu, lalu aduk campuran tersebut sampai teksturnya kental seperti pasta. Setelah bahannya jadi, oleskan pasta ini pada bibir sambil di pijat-pijat selama beberapa menit dan biarkan 20 menit sebelum dicuci.

6. Bubuk Kunyit

article image

Image source: Nakita.ID

Rempah kunyit bukan hanya dikenal sebagai bahan masakan atau bahan dasar membuat ramuan kesehatan, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk membuat warna bibir menjadi merah muda dan cerah! Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil setengah sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh susu, lalu campurkan bahan tersebut. Oleskan campurannya pada kulit bibir secara rutin!


Itulah 6 bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat bibir tampak merah muda dan lebih cerah. Dengan bahan-bahan alami di atas, kamu tentu akan mendapatkan hasil bibir alami kembali ke warna merah muda. Tentu kamu bisa melakukan perawatan tersebut di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada dan mudah ditemukan di rumah. Berbelanja bahan-bahan di Carrefour ataupun Hypermart. Keduanya selalu menawarkan bahan segar dan berkualitas ditambah dengan adanya promo menjadikan harganya lebih terjangkau. Untuk informasi lebih lengkap mengenai merchant tersebut bisa kamu cari di GoToMalls.com. Aplikasi berbasis website ini selalu memberikan informasi terlengkap dan terbaru dari merchant di mall seluruh Indonesia.

Brands

Malls

featured image source: mudamudi.co.id