Bahaya Makan Mie Instan Secara Berlebihan, Salah Satunya Menyebabkan Keguguran!

Bahaya makan mie instan tidak bisa dianggap sepele. Dampaknya bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan mulai dari gangguan fungsi pencernaan hingga yang terburuk menyebabkan keguguran pada wanita hamil.
Mie instan memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern. Proses memasaknya yang sangat praktis dan efektif untuk menghilangkan rasa lapar membuat banyak orang memilih mie instan sebagai menu makanan utama.

Terutama anak kos, sebagian besar di antara kalian mungkin sudah terlanjur ketergantungan sarapan mie instan setiap hari. Jika kebiasaan ini terus berlangsung dalam jangka panjang, metabolisme dan sistem kekebalan tubuh kamu akan melemah dan akhirnya mudah jatuh sakit.

Meningkatkan Potensi Kanker

article image

Image source: slate.com

Walaupun memasaknya instan, makanan ini tidak bisa dicerna secara instan oleh sistem pencernaan, bahkan cenderung memberatkan. Karena prosesnya yang lamban, kandungan bahan kimia dan pengawet akhirnya mengendap di dalam tubuh, terutama Butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-butylhydroquinone (TBHQ). Kedua bahan kimia tersebut bersifat karsinogenik. Yang artinya dapat meningkatkan potensi kanker di dalam tubuh.

Menghambat Proses Penyerapan Nutrisi

article image

Image source: nutraingredients-usa.com

Salah satu bahaya makan mie instan yang tidak kalah mengkhawatirkan adalah terhambatnya penyerapan nutrisi penting oleh tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi mie instan sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Karena tubuh membutuhkan nutrisi maksimal untuk mendukung pertumbuhan.

Obesitas

article image

Image source: military.com

Seperti yang kita tahu bahwa mie instan memang praktis untuk memberikan efek mengenyangkan. Tapi dalam beberapa saat saja, rasa lapar biasanya sudah kembali lagi. Mengingat kandungan kalori dan karbohidratnya cukup tinggi, kebiasaan makan mie instan akhirnya malah memicu obesitas.

Meningkatkan Risiko Keguguran

article image

Image source: jateng.tribunnews.com

Kandungan pengawet pada mie instan ternyata bisa berakibat fatal untuk wanita hamil, apalagi jika dikonsumsi terlalu sering. Kandungan bumbu dan pengawet mie instan bisa mempengaruhi pertumbuhan janin sehingga meningkatkan risiko keguguran.

Gangguan Fungsi Pencernaan

article image

Image source: sbs.com.au

Akibat penghambatan proses penyerapan nutrisi, sistem pencernaan juga akan ikut terganggu. Pencernaan yang lancar memerlukan bantuan mineral dan serat yang cukup. Jika fungsi pencernaan terganggu, biasanya seseorang akan mengalami sembelit, perut kembung, bahkan usus bocor. Bahaya makan mie instan yang satu ini adalah yang paling sering terjadi.

Makan mie instan boleh-boleh saja, asal jangan berlebihan mengonsuminya. Yuk coba Indomie Rasa Seblak, dengan rasa yang unik.

Paket 10 Pcs - Indomie HypeAbis Rasa Seblak Hot Jeletot

article image

Beli Sekarang

Kerusakan Organ

article image

Image source: taasir.com

Salah satu bahan dasar pembuatan mie instan adalah propylene glycol. Bahan ini berperan sebagai pengawet untuk mencegah tekstur mie tetap lembap dan tidak mengalami pengeringan. Propylene glycol yang terlalu sering diserap tubuh akan terakumulasi di jantung, hati, dan ginjal. Proses ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada organ-organ tersebut.

Reaksi Alergi

article image

Image source: health.harvard.edu

Mie instan juga mengandung MSG (monosodium glutamate) yang berfungsi untuk menambah cita rasa mie. Jika seseorang yang memiliki alergi terhadap MSG mengonsumsi mie instan, reaksi tubuh yang muncul akan terasa sangat tidak nyaman. Mulai dari rasa terbakar, panas di area dada, kemerahan pada wajah, hingga sakit kepala.

Tekanan Darah Tinggi

article image

Image source: alodokter.com

Hati-hati kalau kamu memiliki masalah hipertensi. Salah satu bahaya makan mie instan secara berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah. Mie instan mengandung sodium yang bersifat merangsang tekanan darah.

Kerusakan Jaringan Otak

article image

Image source: blogsbycategory.com

Penumpukan zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh akibat terlalu sering makan mie instan bisa menyebabkan kerusakan sel-sel jaringan otak. Penumpukan tersebut memiliki efek fatal berupa penurunan transmisi sinyal otak. Lebih jauh, jaringan sel otak yang rusak akan memicu penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti stroke atau kelumpuhan.

Meningkatkan Risiko Diabetes dan Kencing Manis

article image

Image source: diabetesselfcaring.com

Tahukah kamu, mie instan juga ternyata mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Orang-orang dengan riwayat diabetes sebaiknya menghindari makan mie instan. Selain itu, kandungan gula yang tinggi juga bisa memicu kencing manis.

Mengganggu Siklus Menstruasi

article image

Image source: timeslive.co.za

Kalau siklus menstruasi sering terganggu, coba periksa ulang kebiasaan makan sehari-hari. Apakah kamu sering mengonsumsi mie instan? Kalau ya, bisa jadi itu penyebabnya. Selain meningkatkan tekanan darah, kandungan sodium dalam mie instan juga bisa mengganggu hormon yang bertanggung jawab atas siklus menstruasi.

Produk


Nah, setelah mengetahui bahaya makan mie instan secara berlebihan, apakah kamu masih ingin meneruskan kebiasaan ini? Jangan lupa untuk selalu memperhatikan pola makan agar kualitas kesehatan tetap terjaga. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: blog.japancentre.com