8 Baju Adat Modern Untuk Tampil Cantik Saat Wisuda

Momen wisuda menjadi momen yang paling dinantikan-nantikan bagi yang baru saja lulus menempuh pendidikan di bangku kuliah. Setelah berkutat lama dengan perkuliahan dan skripsi, hari di mana kamu akan diwisuda mungkin menjadi hari yang membahagiakan dan membanggakan, baik untukmu maupun orang tuamu. Untuk di hari yang spesial tersebut, tentunya kamu membutuhkan pakaian dan tampilan yang spesial juga pastinya. Tak heran jika bagi para wisudawati, mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyiapkan diri di hari wisuda. Termasuk pula untuk memilih pakaian mana terbaik yang akan dikenakan. Mungkin kini ada banyak model baju modern yang cocok untuk digunakan saat wisuda, namun baju adat Indonesia juga bisa kamu kenakan di hari wisudamu. Nah berikut ini beberapa inspirasi baju adat modern untuk melengkapi penampilan cantikmu di hari wisuda.

Kebaya Bali

article image

Image source: kebayaterbaru2019.blogspot.com

Kebaya Bali menjadi salah satu inspirasi baju adat modern yang cantik untuk digunakan di hari wisuda. Modelnya juga tak kalah bagus dibandingkan kebaya lainnya. Ciri khas yang paling utama dari jenis kebaya ini adalah kehadiran aksesoris ikat pinggang (obi) yang menyatu atau terpisah dari kebayanya. Seiring dengan perkembangan zaman, model kebaya Bali pun kini telah bervariasi namun tetap tak meninggalkan karakteristik tradisional Bali, seperti yang ada pada gambar di atas. Biasanya pakaian ini menggunakan perpaduan kain katun dan kain brokat. Kamu bisa melengkapinya dengan aksesoris bros yang ditempatkan pada obi sehingga kesannya lebih elegan.

Kebaya Kutu Modern

article image

Image source: brilio.net

Tak jauh berbeda dengan model kebaya lainnya, baju kebaya ini juga sangat cantik untuk dikenakan saat wisuda. Dibandingkan dengan kebaya umumnya, model ini terdapat kain sambungan yang ditempatkan di bagian dada dan panjangnya mencapai perut. Mungkin kamu perlu menggunakan korset atau setagen sehingga mendapatkan kesan yang slim. Untuk bisa tetap tampilan maksimal namun simpel, gunakan kebaya yang berwarna netral polos dan padu padankan dengan kain batik berwarna senada.

Kebaya Encim

article image

Image source: beautynesia.id

Kebaya encim menjadi model kebaya yang cukup digemari mulai dari anak-anak hingga dewasa. Apalagi bagi kamu yang ingin tampil mengenakan baju tradisional namun bernuansa modern, maka pilihan ini akan sangat tepat untuk kamu. Kebaya encim mempunyai banyak variasi. Untuk acara wisuda yang formal, kamu bisa menggunakan kombinasi kebaya encim dengan adanya payet dan bordir yang menghiasi kebaya tersebut. Tentunya membuat kamu semakin cantik di acara wisuda.

Kebaya Betawi

article image

Image source: grosirkebaya.net

Mungkin bagi sebagian orang ini akan terlihat ketinggalan zaman tapi jika kamu bisa mengkreasikannya dengan baik, tentu kebaya Betawi bisa menjadi baju adat modern yang cocok untuk digunakan di acara wisudamu. Kebaya ini tersedia dalam pilihan warna yang beragam. Ciri khas dari kebaya betawi ini terlihat dari bordiran bunga serta daun warna-warni yang ada pada kebaya tersebut.

Kebaya Brokat

article image

Image source: riuhimaji.com

Rasanya jenis kebaya inilah yang paling sering digunakan untuk acara-acara formal seperti wisuda, mengingat kesannya yang simpel namun tetap menampilkan keanggunan. Tipe kebaya ini memang paling populer digunakan dan tentunya akan membuat kamu semakin cantik tampil di hari istimewamu. Kain brokat merupakan jenis kain dengan menampilkan pola-pola yang rumit, seperti pohon, bunga, daun serta banyak motif lainnya.

Kamu juga tidak perlu repot karena kini sudah banyak yang menjual baju adat wisuda yang tinggal pakai.

Kebaya Wanita Wisuda

article image

Beli Sekarang

Baju Bodo

article image

Image source: hipwee.com

Selain kebaya, baju adat lainnya yang juga sangat cantik dan cocok untuk dikenakan di hari wisuda adalah Baju Bodo. Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pakaian tradisional Sulawesi Selatan ini. Baju Bodo berbentuk seperti baju karung dengan siluet longgar yang memiliki akses sedikit menggelembung. Namun bagi kamu yang mengenakan hijab pun masih bisa menggunakan pakaian adat tradisional ini. tinggal menyesuaikan antara warna pakaian dan hijab agar tampil senada.

Jika ingin tampilan yang lebih mewah, kamu bisa menerapkannya pada warna atau coraknya. Baju Bodo memang sangat cocok dan nyaman untuk dikenakan di hari wisuda, mengingat siluetnya tidak terlalu ketat. Tentunya ini akan membuat nyaman mengingat acara wisuda yang berlangsung hingga berjam-jam.

Kebaya Kartini

article image

Image source: review.bukalapak.com

Meskipun baju tradisional, namun bukan berarti modelnya kuno dan lusuh. Jadi kamu tak perlu malu jika ingin menggunakan model ini untuk acara wisudamu. Yang terpenting adalah kamu bisa memilih kebaya yang pas untuk di tubuh kamu. Untuk kebaya Kartini ini akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki tubuh gemuk maupun langsing. Dikombinasikan dengan aksesoris yang cantik, membuat kamu tampil menawan ala Kartini masa kini.

Kebaya Batik

article image

Image source: idntimes.com

Model kebaya yang satu ini memang tidak ada matinya, jika kamu gemar memadu padankan kebaya dengan bawahan batik maka inspirasi baju adat ini bisa kamu kenakan untuk acara wisudamu. Kamu bisa menggunakan kebaya batik yang memiliki warna senada ataupun menggabungkan dua warna untuk rok batik dan kebayanya.


Mengenakan baju adat tradisional tak selalu akan terlihat kuno maupun jadul. Jika kamu bisa mengkreasikannya dengan baik, baju-baju tradisional ini tentunya akan berubah menjadi baju modern yang cantik dan menawan. Selain itu penggunaan baju adat dan tradisional tentunya menjadi salah satu aksi positif untuk melestarikan baju-baju adat tradisional.

Products

GoToMalls.com akan membantu Anda untuk menemukan gerai yang Anda cari, lengkap dengan informasi promo dan event yang selalu update. Promo fashion wanita, mulai dari yang tradisional hingga modern tersedia dengan lengkap di website yang memberikan informasi terlengkap dari merchant di seluruh Indonesia.

Malls

Brands

featured image source: sophiemartinindonesia