Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Landasan penerbangan merupakan salah satu infrastruktur vital bagi sebuah negara. Tanpanya, sulit untuk membangun perekonomian dan hubungan yang ideal dengan dunia internasional. Oleh sebabnya, bandara selalu dirancang sebaik mungkin agar bisa memberikan pelayanan maksimal.

Namun, di dunia ini ada sejumlah bandara yang tergolong ekstrim untuk dijadikan landasan pesawat. Saking berbahaya, tidak sembarang pilot bisa mendaratkan atau menerbangkan pesawat dengan aman di bandara-bandara tersebut. Berikut 5 bandara paling berbahaya di dunia:

1. Lukla Nepal Airport

article image

Image source: Shutter Stock

Lukla Airport adalah salah satu bandara di negara Nepal yang dianggap salah satu bandara paling berbahaya di dunia. Pasalnya, bandara ini hanya mempunyai landasan pacu yang sangat pendek, yaitu sekitar 527 meter saja.

Meskipun berbahaya, bandara ini menjadi salah satu akses keluar-masuk bagi para pendaki yang ingin menuju gunung Everest. Hanya saja sang pilot harus ekstra waspada dan memiliki jam terbang yang cukup untuk melewati tantangan berat di bandara Lukla.

Bukan cuma landasan pacunya yang pendek, lokasinya yang berada di ketinggian 2.895 mdpl juga bisa semakin menyulitkan sang pilot.

2. Princess Juliana International Airport, St. Maarten

article image

Image source: Shutter Stock

Bandara yang terletak di area pantai Pulau Saint Martin ini juga tergolong berbahaya bagi penerbangan pesawat. Sang pilot harus ekstra berhati-hati, karena landasan bandara ini berbatasan langsung dengan bibir pantai yang selalu dipenuhi wisatawan. Bahkan, jarak maksimal lepas landas pesawat dengan area tersebut terhitung hanya beberapa meter saja.

Semula, bandara ini dikhususkan untuk jenis-jenis pesawat kecil saja, berhubung landasan pacunya hanya sepanjang 2.179 meter. Namun, industri pariwisata yang kian berkembang pesat membuat bandara Pulau Saint Martin kini mulai digunakan oleh pesawat-pesawat berkapasitas besar.

3. Toncontin Airport, Tegucigalpa, Honduras

article image

Image source: Shutter Stock

Bandara paling berbahaya di dunia berikutnya ada Toncontin Airport di daerah pegunungan Honduras. Bandara ini cukup ekstrim dengan landasan pacu yang hanya sepanjang 6.112 kaki atau sekitar 1.800 meter.

Untuk bisa mendarat di bandara ini, pilot harus memutarkan pesawat sekitar 45 derajat sebelum bisa mendarat sempurna. Selain itu, bandara ini juga tidak memiliki landasan khusus untuk memutarkan badan pesawat, hanya ada landasan lurus dan pendek.

4. Paro Airport, Bhutan, Pegunungan Himalaya

article image

Image source: Shutter Stock

Negara Bhutan diapit oleh lembah pegunungan Himalaya, maka dari itu jalur transportasi udara menuju kawasannya begitu ekstrim, seperti halnya Bandara Paro yang terletak di lembah pegunungan di sekitar tepi Sungai Paro Chhu. Dengan ketinggian 18.000 kaki dan kondisi alam yang menantang, tidak sembarang pilot boleh mengoperasikan pesawat di bandara ini.

5. Madeira Airport Cristiano Ronaldo, Portugal

article image

Image source: Shutter Stock

Yang terakhir ada salah satu bandara sibuk di Kepulauan Madeira, Portugal. Nama bandara ini menyematkan nama salah satu mega bintang sepakbola Cristiano Ronaldo, yang memang berasal dari negara tersebut. Madeira Airport termasuk salah satu bandara paling berbahaya di dunia.

Hal itu dikarenakan lokasinya yang terletak di area tebing yang cukup curam. Selain itu, landasan yang dibangun di sekitar tebing tersebut membuat para pilot harus ekstra berhati-hati untuk mendaratkan pesawat. Bahkan, para pilot harus menjalani pelatihan khusus untuk mengoperasikan pesawat di bandara ini.


Itulah 5 bandara paling berbahaya di dunia. Simak juga info menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: flightradar24.com