Bangkit dari Keterpurukan

Semua orang pernah mengalami masa sulit, ada yang makin terpuruk namun ada juga yang berhasil sukses bangkit dari titik rendahnya. Bangkit dari keterpurukan memang tidaklah mudah, namun harus diusahakan.

Orang-orang sukses menemukan cara melewati setiap rintangan. Tapi bagaimana cara bangkit dari keterpurukan dan mulai mengatasi semua masalah? Ternyata mereka tidak berdiam diri dan larut dalam kesedihan. Mereka menjauhkan semua emosi, pikiran negatif, dan kesedihan untuk sukses.

Dan berikut ini 10 cara orang sukses dapat bangkit dari keterpurukan.

1. Temukan Sesuatu yang Menyenangkan atau Lucu

article image

Image source: lapthink.com

Tertawa adalah obat terbaik menyembuhkan luka. Itu adalah cara tubuh kita mengatasi stres, melepas penat, ketegangan, dan mengatur ulang kerja otak menjadi lebih positif.

Tertawa kecil dapat melepaskan endorfin dan dopamin, bahan kimia alami yang membuat tubuh bahagia dan bangkit dari keterpurukan. Mungkin sulit menemukan sesuatu yang lucu saat kita bersedih, namun dengan mengingat momen paling membahagiakan mungkin sedikit mengobati lara.

Kamu juga bisa menyaksikan tontonan lucu agar sedikit mengobati rasa sedih dalam hati.

2. Siap Secara Mental

article image

Image source: lifehack.org

Memberi motivasi diri untuk siap menghadapi segala kondisi termasuk keterpurukan. “Aku siap untuk hal terburuk, tapi aku akan terus mencoba lebih baik.” Kata-kata itu terlihat sangat simpel, namun memiliki kekuatan luar biasa untuk membangkitkan gairahmu.

Tidak ada salahnya selalu mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan. Dan ingat untuk terus melangkah meski telah jatuh.

Ini bukan berarti kamu harus memikirkan kemungkinan terjelek, tetapi jika ada hal buruk menimpamu kamu sudah siap dengan segala rencana agar tidak panik dan tetap rasional.

3. Perhatikan Semua Hal yang Telah Kamu Lalui

article image

Image source: insider.com

Kemalangan dan kesulitan yang kita alami dapat memberi keyakinan jika kita mampu melewati semua rintangan. Ingat semua masa-masa sulit yang pernah dialami sebelumnya, bagaimana kita berjuang untuk bangkit dari sana.

Pengalaman masa lalu dapat membantu kita dalam menemukan kekuatan dan ketahanan batin.

4. Kesulitan Menawarkan Pengalaman Berharga

article image

Image source: fobes.com

Kesulitan adalah guru terhebat dalam hidup. Jatuh dan terpuruk membawa kesempatan untuk mendapatkan wawasan dan pengalaman berharga dalam hidup. Kamu bisa belajar banyak hal dari kesalahan di masa lalu sehingga mendapatkan peluang sukses lebih besar di lain waktu.

Perhatikan baik-baik setiap rencana, apakah kamu melewatkan sesuatu yang penting? Pertimbangkan semua dan upayakan semuanya dengan konsisten. Fokus pada area yang ada dalam kendali dan tanyakan pada diri sendiri apalagi yang bisa dilakukan kemudian hari

5. Berdamai dengan Situasi

article image

Image source: shutterstock.com

Ini bukan saatnya untuk menyalahkan orang lain. Mengasihani diri sendiri tidak akan berguna dan sebenarnya dapat menurunkan kemampuan menemukan solusi.

Penting untuk kita memikirkan kesalahan atau salah langkah apa yang mungkin telah dilakukan. Luangkan waktu untuk memproses apa yang bisa kita lakukan secara berbeda dan bertanggung jawab atas tindakan kita.

Buatlah perdamaian dengan apa yang telah terjadi. Terima semua situasinya dan lanjutkan hidup untuk bangkit dari keterpurukan.

Ini seperti kata Stave Jobs, ”Sometimes when you innovate, you make mistakes. It's best to admit them quickly and get on with improving your other innovations.”

6. Buat Kesulitan Jadi Jembatan untuk Mendapatkan Kesuksesan

article image

Image source: dailymail.com

Melalui masa-masa sulit itulah kita dapat mempelajari pengalaman hidup terpenting dan membangun ketahanan. Kesulitan kerap membawa peluang yang mungkin kita lewatkan.

Sekarang adalah saatnya untuk menggali lebih dalam potensi diri dari rintangan yang pernah terjadi. Masa sulit mengubah arah pandang, menemukan kembali jati diri dan jawaban atas kesulitan.

7. Katakan Tidak untuk Menyerah

article image

Image source: beinspiredchannel.com

Bangkit dari keterpurukan itu artinya kita perlu berkomitmen untuk menemukan jalan ke depan. Dekati masalah dengan tekad untuk memotivasi diri menjadi lebih baik.

Cara tersebut akan menciptakan pola pikir di mana kita melihat kesulitan sebagai sesuatu yang harus diatasi dan diselesaikan bukan diterima dengan pasif.

Apapun yang terjadi, kamu tidak boleh menyerah! Jika kamu telah memotivasi diri untuk tidak menyerah, kamu akan selalu melangkah lebih jauh dari apa yang diharapkan.

8. Buat Tujuan

article image

Image source: notionpress.com

Bangkit dari keterpurukan itu artinya kita sudah siap dengan segala resiko dan tentu saja memiliki tujuan hidup yang lebih baik. Buatlah gagasan yang jelas tentang apa yang akan dilakukan.

Jika kamu memiliki tujuan dan semangat untuk mencapainya, kamu akan terdorong untuk terus berjuang hingga titik darah penghabisan. Ketika ada sesuatu yang ingin dicapai, kita akan terdorong untuk tetap mengejarnya.

9. Berpikir Positif

article image

Image source: beinspiredchannel.com

Positive thinking adalah kunci. Kata ini mungkin tampak klise namun terkadang mengembangkan pola berpikir positif dapat menjadi penyemangat saat menghadapi masa sulit.

Benar, kita harus realistis dan melihat situasi dengan jelas. Tapi jika kamu terus membingkai semuanya dengan cara negatif kamu hanya akan menemukan hal buruk. Coba putar arah dan tumbuhkan aura positif. Jangan biarkan suara-suara pesimis menghantui langkah kita.

10. Percaya Pada Kemampuan Kita

article image

Image source: coli.org

Orang yang bangkit dari keterpurukan percaya bahwa mereka mampu menghadapi semua masalah dan dapat terus melanjutkan hidup dengan lebih baik. Jika kamu putus asa dan tidak berdaya, kecil kemungkinan untuk bisa menemukan jalan kesuksesan.

Percayalah, jika kamu juga memiliki kemampuan untuk sukses sama seperti orang yang kamu idolakan. Kamu harus mulai berpikir terbuka dan bersedia memanfaatkan bakat, pengetahuan, dan kecerdasan untuk mengatasi masa sulit.

Bangkit dari keterpurukan bukan hanya tentang waktu, tapi juga tentang bagaimana kamu mampu memotivasi diri untuk tegap melangkah dan yakin jika kamu bisa sukses lebih dari hari ini.


Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Featured image source: inc.com