Beasiswa S2 Dalam Negeri

Terkendala biaya saat berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang magister? Sebaiknya kamu mulai melirik lembaga pemberi beasiswa S2 dalam negeri untuk membantu mewujudkan keinginanmu. Melanjutkan pendidikan dari jenjang S1 ke S2 memang cukup pelik. Selain soal kriteria, urusan biaya juga sering kali merepotkan.

Tetapi jangan terlalu khawatir, mengingat saat ini sudah semakin banyak lembaga pemberi beasiswa S2 yang bisa kita pilih, sehingga peluang untuk memperoleh beasiswa juga semakin besar.

Kalau kamu sedang dihadapkan dengan masalah seperti itu, berikut 5 beasiswa S2 dalam negeri yang sebaiknya kamu pertimbangkan:

1. Beasiswa S2 Dalam Negeri Kominfo 2021

article image

Image source: karirglobal.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia kembali membuka Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Tahun 2021. Program Beasiswa ini terbuka bagi masyarakat umum dari instansi swasta, aparatur pemerintah pusat maupun daerah, termasuk juga TNI dan Polri.

Melansir laman resmi Kementerian Kominfo, beasiswa ini merupakan salah satu wujud komitmen untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Ada dua pilihan program studi yang tersedia, yaitu program S2 informatika dan program S2 komunikasi, dengan pilihan perguruan tinggi yang cukup lengkap di universitas-universitas terkemuka.

2. Beasiswa Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)

article image

Image source: Kursiguru.com

Sejak tahun 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyelenggarakan program beasiswa istimewa, yaitu Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Seperti yang tertera dalam situs resminya, program ini merupakan salah satu terobosan untuk mempercepat laju pendidikan doktor dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan agar memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2.

Sebelum mendaftarkan diri, calon peserta beasiswa harus mempelajari profil dosen calon promotor yang tersedia dan menyesuaikan tawaran penelitian dari promotor dengan bidang yang kamu minati. Peserta PMDSU ini dituntut agar bisa menghasilkan minimal 2 buah publikasi hasil riset di Jurnal Internasional.

3. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

article image

Image source: detikFinance

Lembaga pemberi beasiswa S2 dalam negeri yang satu ini sudah cukup populer di kalangan mahasiswa. Seperti dilansir melalui Tirto, LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI.

LPDP memiliki program unggulan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang banyak diincar anak muda yang ingin mendapatkan gelar S2 baik di dalam maupun luar negeri.

Beasiswa ini meliputi biaya pendaftaran, SPP, serta non-SPP (buku, seminar, dsb.). Selain itu, peserta beasiswa juga bisa mendapatkan dukungan lainnya seperti biaya transportasi, asuransi kesehatan dasar visa, biaya darurat, biaya kedatangan, dan juga uang saku bulanan.

4. Program Beasiswa IsDB (Islamic Development Bank)

article image

Image source: isdb.org

Program Beasiswa IsDB yang diselenggarakan tahun ini tidak cuma tersedia untuk studi S2, tapi juga Program Undergraduate (S1), PhD (S3), dan Post-doctoral Research (Riset Post Doktoral).

Islamic Development Bank (IsDB) menyediakan program ini bagi warga negara dari negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia dan komunitas muslim yang berada di negara non anggota IsDB.

Melalui beasiswa IsDB, calon peserta bisa mendaftar beasiswa untuk tujuan studi di dalam negeri. Pilihan perguruan tinggi yang tersedia meliputi universitas-universitas yang masuk dalam peringkat 10 terbaik di negaranya.

5. Dexa Award Science Scholarship 2021

article image

Image source: Phiradio.net

Dexa Award Science Scholarship adalah program Beasiswa S2 penuh dengan pilihan prodi yang tak terbatas di seluruh universitas berakreditasi A di Indonesia, dengan catatan; proposal riset S2 yang diajukan harus berhubungan dengan kesehatan manusia.

Selain itu, peserta yang memenangkan beasiswa ini juga berkesempatan untuk berkarir di Dexa Group. Seperti yang tertera dalam website resminya, proses pendaftaran beasiswa ini dimulai tanggal 23 Maret 2021 dan pengumumannya pada tanggal 11 Juni - 30 Juni 2021.


Itulah 5 program beasiswa S2 dalam negeri yang bisa kamu pertimbangkan tahun ini. Untuk mendapatkan info dan tips bermanfaat lainnya, simak terus update artikel terbaru lainnya di Gotomalls.com, Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: Theguardian.com