Moms, Ini Dia Patokan Berat Badan Ideal Bayi 0-12 Bulan

Salah satu indikator dalam memantau kesehatan dan pertumbuhan bayi adalah berat badan bayi. Pertambahan berat badan akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia bayi. Penting bagi Moms untuk mengetahui pertumbuhan bayi yang normal dan melakukan penimbangan berat badan secara rutin.

Supaya lebih jelas mengenai berat badan ideal bayi dari usia 0 hingga 12 bulan, berikut ini adalah patokan berat badan ideal bayi yang harus Moms ketahui.

0 Bulan

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Rata-rata berat badan bayi yang lahir ada di kisaran angka 3,2 kilogram. Berdasarkan tabel persentil WHO, bayi laki-laki yang baru lahir dapat dikatakan normal apabila memiliki berat badan antara 2,5 - 4,3 kilogram. Untuk bayi perempuan yang baru lahir, dapat dikatakan normal apabila memiliki berat badan antara 2,4 - 4,2 kilogram.

1 Bulan

article image

Image source: guzmanpsychotherapy.com

Menginjak usia 1 bulan, kisaran normal berat badan bayi laki-laki adalah 3,4 - 5,7 kilogram dengan berat rata-rata 4,5 kilogram. Sedangkan bayi perempuan dapat dikatakan ideal apabila memiliki berat badan antara 3,2 - 5,4 kilogram dengan berat rata-rata 4,2 kilogram.

2 Bulan

article image

Image source: alodokter.com

Ketika bayi berusia 2 bulan, berat badan ideal untuk bayi laki-laki adalah antara 4,4 - 7 kilogram. Rata-rata berat badan ideal bayi laki-laki di usia 2 bulan adalah 5,6 kilogram. Untuk bayi perempuan normalnya memiliki kisaran berat badan 4 - 6,5 kilogram. Rata-rata berat badan ideal bayi perempuan di usia ini adalah 5,1 kilogram.

3 Bulan

article image

Image source: motherandbaby.co.id

Umumnya di usia 3 bulan, Moms akan merasa si kecil mengalami pertumbuhan yang cepat. Di usia ini, berat badan ideal bayi laki-laki ada di rentang 5,1 -7,9 kilogram dengan rata-rata 6,4 kilogram. Sedangkan berat badan ideal bayi perempuan usia 3 bulan berada di kisaran 4,6 -7,4 kilogram dengan rata-rata 5,8 kilogram.

Perkembangan berat badan bayi di usia 0-3 bulan dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diterima bayi dan kebiasaan bayi buang air besar. Pada usia ini, bayi membutuhkan asupan ASI 8 kali dalam sehari dengan durasi menyusui selama 10 menit.

4 Bulan

article image

Image source: alodokter.com

Ketika bayi menginjak usia 4 bulan, berat badan ideal bayi laki-laki berada di kisaran 5,6 - 8,6 kilogram. Rata-rata berat badan bayi laki-laki di usia ini adalah 7 kilogram. Berat badan ideal bayi perempuan di usia 4 bulan berada di antara 5,1 - 8,1 kilogram dengan rata-rata 6,4 kilogram.

5 Bulan

article image

Image source: nakita.grid.id

Berat badan ideal bayi usia 5 bulan seharusnya berkisar antara 6,1 - 9,2 kilogram untuk bayi laki-laki. Rata-rata berat badan ideal bayi laki-laki di usia ini adalah 7,5 kilogram. Sedangkan berat badan ideal bayi perempuan berada di rentang 5,5 - 8,7 kilogram dengan rata-rata 6,9 kilogram.

Baca juga artikel lainnya tentang bayi di bawah ini:

Articles

6 Bulan

article image

Image source: motherandbaby.co.id

Rentang normal berat badan ideal bayi laki-laki usia 6 bulan adalah 6,4 - 9,7 kilogram dengan rata-rata 7,9 kilogram. Sedangkan bayi perempuan seharusnya memiliki berat badan ideal antara 5,8 - 9,2 kilogram atau rata-rata 7,3 kilogram.

Di usia 4 - 6 bulan, berat badan ideal bayi dapat dicapai dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Sebaiknya bayi di usia ini diberikan ASI setiap 3 hingga 4 jam sekali. Selain itu, bayi usia 6 bulan sudah bisa diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI yang diperkenalkan secara perlahan dengan porsi yang kecil.

7 Bulan

article image

Image source: alodokter.com

Menginjak usia 7 bulan, bayi laki-laki dapat dikatakan memiliki berat badan ideal dengan 6,7 - 10,2 kilogram dengan rata-rata 8,3 kilogram. Sedangkan untuk bayi perempuan disarankan memiliki berat badan antara 6,1 - 9,6 kilogram atau rata-rata 7,6 kilogram.

8 Bulan

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Bayi laki-laki usia 8 bulan dianjurkan untuk memiliki berat badan ideal berkisar antara 7 - 10,5 kilogram. Rata-rata berat badan ideal bayi laki-laki adalah 8,6 kilogram. Untuk bayi perempuan sebaiknya memiliki berat badan antara 6,3 - 10 kilogram atau rata-rata 7,9 kilogram.

9 Bulan

article image

Image source: alodokter.com

Di usia 9 bulan, umumnya bayi sudah mulai aktif merangkak. Moms pun harus tetap memantau berat badan bayi di usia ini. Bayi laki-laki sebaiknya memiliki berat badan antara 7,2 - 10,9 kilogram atau rata-rata 8,9 kilogram. Sedangkan bayi perempuan seharusnya memiliki berat badan di kisaran 6,6 - 10,4 kilogram atau rata-rata 8,2 kilogram.

10 Bulan

article image

Image source: alodokter.com

Menginjak usia 10 bulan, rentang normal berat badan bayi laki-laki adalah 7,5 - 11,2 kilogram dengan rata-rata berat badan ideal 9,2 kilogram. Sedangkan berat badan ideal bayi perempuan harus berada di rentang 6,8 - 10,7 kilogram atau rata-rata 8,5 kilogram.

11 Bulan

article image

Image source: perawatanbayi.com

Di usia 11 bulan, berat badan ideal bayi laki-laki sebaiknya berada di rentang 7,7 - 11,5 kilogram atau rata-rata 9,4 kilogram. Sedangkan bayi perempuan harus memiliki berat badan ideal antara 7 - 11 kilogram atau rata-rata 8,7 kilogram.

12 Bulan

article image

Image source: doktersehat.com

Nah ketika si kecil sudah menginjak usia 12 bulan atau 1 tahun, berat badan ideal bayi laki-laki seharusnya antara 7,8 - 11,8 kilogram atau rata-rata 9,6 kilogram, Moms. Sedangkan berat badan ideal bayi perempuan harus berada di kisaran 7,1 - 11,3 kilogram atau rata-rata 8,9 kilogram.

Perkembangan berat badan bayi di usia 7 - 12 bulan dipengaruhi oleh kebutuhan susu, makanan pendamping dan rutinitas buang besar. Bayi pada usia ini sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan. Moms disarankan memberikan makanan padat sebanyak 3 kali sehari dan camilan sehat sebanyak 3 kali pula dalam sehari.


Nah, itu dia tolak ukur berat badan ideal bayi usia 0 - 12 bulan, Moms. Selain berat badan, indikator kesehatan dan pertumbuhan bayi juga diukur dari tinggi badan dan lingkar kepala bayi. Moms harus memantau tumbuh kembang bayi secara rutin. Kunjungi Gotomalls yang tidak hanya menyediakan informasi tetapi juga informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: hiberniamedical.ie