5 Binatang Laut Memiliki Kulit Berduri dan Berbahaya

Snorkeling mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan saat akhir pekan atau berlibur. Tak hanya menikmati keindahan pantai dan di sekitarnya, kamu bisa mengeksplor keindahan bawah lautnya dan bertemu dengan beragam biota laut yang menarik. Tentunya ini akan jadi momen liburan yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga maupun teman-teman terdekat. Namun kamu tentunya tak ingin bukan momen liburan tersebut malah berubah menjadi pengalaman yang tak menyenangkan? Meskipun snorkeling memang asyik dan seru dilakukan, namun tetap saja kamu harus waspada. Ada banyak binatang laut berkulit duri yang bisa saja kamu temukan dan membahayakan saat sedang snorkeling, seperti daftar di bawah ini.

Bulu Babi (Sea Urchin)

article image

Image source: leisurepro.com

Binatang laut yang satu ini memiliki banyak duri beracun yang tersebar di seluruh tubuhnya. Karena durinya cukup rapuh, jadi jika terinjak oleh kaki kita bisa-bisa durinya akan patah dan tertanam dalam kulit. Tentunya akan sangat sakit bukan? Meskipun ukurannya kecil, namun jika tertusuk ke dalam kulit bisa membuat rasa nyeri yang luar biasa bahkan terasa hingga ke sekujur tubuh.

Sebenarnya bulu babi ini pasif serta tidak menyerang. Namun sering kali ketika bermain di pantai maupun sedang snorkeling banyak orang yang tak sengaja menginjaknya. Meskipun rasa sakitnya tidak langsung berasa, tapi lama kelamaan akan terasa menyakitkan.

Reaksi yang ditimbulkan tak hanya rasa nyeri saja namun juga muncul bentol-bentol kemerahan di sekitar bagian kulit yang tertusuk. Jika sudah begini, rasa nyerinya akan terus menerus terasa dan ingin untuk mencabutnya. Jika kamu sampai mengalami hal ini saat sedang snorkeling atau main di pantai, segera lakukan pertolongan pertama untuk mencabut duri-duri bulu babi yang menancap di kulit. Jadi, berhati-hatilah jika sampai menemukan binatang laut berkulit duri seperti pada gambar di atas.

Crown Of Thorns Sea Star & Mosaic Sea Star

article image

Image source: oceanservice.noaa.go

Meskipun terlihat tak membahayakan, namun siapa sangka jika bintang laut bisa berbahaya saat kamu sedang bermain di pantai. terutama untuk jenis Crown of Thorns Sea Star dan juga Mosaic Sea Star. Untuk jenis Crown of Thorns ini mempunyai duri yang beracun cukup kuat bahkan bisa menembus sarung tangan, boots penyelam hingga wetsuit. Jadi jika sampai kamu menemukan hewan yang satu ini, jangan sesekali mencoba untuk menyentuhnya. Ada banyak duri-duri yang di dalamnya terdapat jarum kecil yang bisa menyebabkan rasa sakit hingga bengkak pada tubuh. Bahkan bahayanya, duri-duri tersebut juga bisa hingga menurunkan sistem imunitas tubuh.

Ikan Buntal atau Blowfish

article image

Image source: ourmarinespecies.com

Ikan ini cukup unik karena bisa menggembungkan tubuhnya saat merasa sedang terancam. Mungkin terlihat lucu, karena bentuknya yang bulat menyerupai bola. Namun jangan sesekali mencoba menyentuhnya hingga memegang ikan yang satu ini. Jika sampai kamu menyentuh binatang laut berkulit duri ini, kamu bisa langsung tertusuk duri-duri dari tubuhnya. Akibatnya bisa segera langsung kamu rasakan, mulai dari kesulitan bernafas bahkan hingga meninggal dunia. Hal ini dikarenakan pada duri-duri tersebut memiliki kandungan racun yang mana belum ada obat penawarnya. Racun ini dikenal sebagai Tetrodotoxin (TTX), kekuatan mematikannya pun bahkan lebih kuat dibandingkan Sianida. Jadi hindari untuk mendekati ikan ini ketika sedang snorkeling.

Ikan Lepu atau Lion Fish

article image

Image source: phys.org

Jenis ikan lainnya yang juga cukup berbahaya dan wajib untuk dihindari adalah jenis ikan lepu atau yang juga dikenal sebagai lion fish. Ikan ini memang punyai ciri khas yang cukup memesona bagi orang yang memandangnya. Bentuk tubuhnya elegan dan siripnya yang memanjang ditambah lagi siripnya memiliki corak warna-warni yang sangat indah, semakin membuat ikan ini tampak cantik dan anggun. Namun siapa sangka jika sirip-siripnya yang indah tersebut memiliki kandungan racun. Terutama pada bagian sirip belakang, panggul, hingga area anus ikan tersebut. racun yang ada pada sirip-siripnya ini bisa menyebabkan rasa sakit pada tubuh manusia dan berlangsung hingga 6 jam lamanya. Jika kamu sampai terkena racun dari ikan lepu ini, segera menggunakan air panas yang telah dicampurkan irisan lemon atau cuka sebagai pertolongan pertama.

Ikan Batu

article image

Image source: divetheocean.net

Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang paling beracun di dunia. Hidupnya berkamuflase, berwarna kecokelatan semburat kuning menyerupai karang yang ada di sekitarnya. Tentunya ini akan menyulitkan penglihatan, kamu bisa saja tak sengaja menginjaknya karena memang tidak terlalu tampak jelas. Jika kamu tak sengaja menginjak ikan ini, kamu bisa langsung merasakan efek syok hingga kelumpuhan. Bagian punggung ikan batu ini memiliki duri yang cukup tajam dan mengandung racun. Cara efektif untuk menetralisir racun ikan batu ini adalah dengan merendam bagian tubuh yang terkena duri tersebut ke dalam air hangat.


Itulah kelima jenis binatang laut yang memiliki duri. Berhati-hatilah saat snorkeling dan tetap waspada dengan sekitar kamu. Dapatkan peralatan snorkeling kamu di toko-toko olahraga terdekat di kotamu. Cek langsung Gotomalls.com untuk menemukan informasi merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: wikipedia