7 Rekomendasi Board Game Seru Untuk Dimainkan Bersama Teman

Board game atau permainan papan adalah salah satu jenis permainan tertua di dunia yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Permainan papan memiliki sejumlah kategori umum, seperti permainan strategi, Eurogames, permainan perang, permainan kata, trivia, dan balap. Setiap jenis permainan papan biasanya mempunyai komponennya masing-masing. Salah satu yang paling banyak dimainkan adalah catur. Komponen permainan catur terdiri dari papan, raja (king), ratu (queen), menteri (bishop), benteng (rook), kuda (knight), dan bidak (pawn).
Kini, board game tidak hanya bisa dimainkan menggunakan media papan sungguhan, bahkan sudah banyak board game digital yang bisa dimainkan melalui perangkat PC atau mobile. Namun kalau kamu tetap ingin bermain board game dengan papan sungguhan, kamu bisa pilih salah satu dari 7 board game seru di bawah ini:

1. Mat Goceng

article image

Image source: BoardGameGeek

Board game yang satu ini berasal Indonesia, dengan tema permainan berdasarkan kisah urban legend Betawi. Background permainan ini diambil dari kisah Vrijeman, yaitu sebutan untuk “orang-orang bebas” pada masa kolonial Belanda. Salah satu Vrijeman tersebut adalah Mat Goceng, seorang jawara silat di Betawi. Board game ini dimainkan dengan cara saling adu jurus sampai semua pemain kehabisan stamina. Komponen permainan ini terdiri dari kartu karakter, kartu jurus, token, kartu peta, dan buku peraturan. Mat Goceng bisa dimainkan 3 sampai 6 orang dengan durasi 30 menit.

2. Talisman: The Cataclysm

article image

Image source: bust.danieleconstructionnj.com

Permainan papan ini termasuk ke dalam kategori permainan adventure/fighting dengan tema fantasi. Pemain harus terdiri dari 2 sampai 6 orang. Waktu yang dibutuhkan untuk bermain board game ini adalah sekitar 90 menit. Pemain akan saling mengalahkan satu sama lain dengan sejumlah item senjata berupa kartu-kartu dan bidak karakter. Board game ini sangat direkomendasikan bagi penyuka jenis permainan yang simpel tapi tetap menantang. Komponen permainan ini terdiri dari papan peta, kartu, bidak karakter, dan lain-lain.

3. Dixit: Odyssey

article image

Image source: Amazon

Permainan papan ini tak begitu jauh berbeda seperti permainan Dixit lainnya. Dalam setiap gilirannya, seorang pemain akan menjadi storyteller dan memilih satu kartu di tangannya. Setelah itu, pemain akan mendeskripsikan apa yang terdapat dalam kartu yang dipilih, tanpa menyebutkan nama. Singkatnya, kita akan saling bercerita dan menebak selama memainkan board game ini. Jumlah pemainnya bisa terdiri dari 3 sampai 12 orang, dengan durasi sekitar 30 menit. Komponen permainan ini terdiri dari kartu, papan, dan bidak pemain.

4. Codenames: Pictures

article image

Image source: The Board Game Family

Dalam permainan ini, kita akan bermain sebagai agen rahasia untuk saling bertukar kata sandi. Para pemain akan terbagi ke dalam dua tim, di mana masing-masing tim akan memiliki satu orang spymaster (pengintai) yang mengetahui di mana lokasi agen-agennya melalui kartu kunci. Sedangkan sisanya akan menjadi operator yang bertugas sebagai agen rahasia. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 sampai 8 orang dengan durasi 15-20 menit. Komponennya terdiri dari kartu kunci, kartu gambar, kartu agen, kartu saksi, kartu gambar ganda, dan kartu penjahat.

5. The Festivals

article image

Image source: twitter/manikmayagames

Board game produk asli Indonesia ini mengajak para pemain untuk mengenal berbagai festival unik di Indonesia. Dalam satu putaran, para pemain akan menyusun rencana, menentukan tiket pesawat untuk berangkat ke daerah tujuan, serta meraih pengalaman (poin) kalau bisa menonton festival yang sedang berlangsung di salah satu pulau yang dikunjungi. Permainan ini membutuhkan 2 sampai 4 pemain dengan durasi 30-40 menit. Komponen permainannya terdiri dari kartu pulau, kartu penghubung, kartu festival, token poin, token typhoon, token pesawat, layar penutup, dan bidak pemain.

6. Perjuangan Jomblo

article image

Image source: Boardgame

Dari namanya saja sudah mengundang rasa penasaran, bagaimana dengan permainannya ya? Perjuangan Jomblo diciptakan dengan tema kehidupan asmara mahasiswa, yang mana para pemain akan mengatur strategi untuk mendapatkan pujaan hatinya. Selama permainan berlangsung kita akan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk menjadi pemenang. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 sampai 4 pemain dengan durasi sekitar 30 menit. Komponen permainan terdiri dari kartu pujaan hati, kartu aksi, kartu randomizer, kartu pemain, kartu kamar, token hati, dan papan skor.

7. Beakbug: Amabua

article image

Image source: PlayDay

Yang terakhir ada Amabua, permainan papan dengan tema flora dan fauna asli Indonesia. Dalam permainan ini, para pemain akan saling mengumpulkan kartu buah sebanyak-banyaknya sampai cukup untuk ditukar dengan kartu poin. Pemain pertama yang berhasil mengumpulkan 35 poin akan keluar sebagai pemenang. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 sampai 5 orang dengan durasi hanya 10-15 menit saja. Komponennya terdiri dari papan permainan, kartu karakter, kartu poin, kartu aksi, kartu buah, token, kantong token, dan bidak karakter.


Bermain board game selalu memberikan pengalaman menyenangkan, entah untuk orang dewasa atau anak-anak. Selain sebagai sarana hiburan, board game juga bisa melatih kemampuan strategi, ketangkasan, ketelitian, dan lain sebagainya. Ikuti terus perkembangan informasi menarik seputar permainan-permainan seru lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Brands

featured image source: matagot