7 Buah dan Sayur Dengan Bentuk Tidak Biasa

Setiap jenis buah-buahan dan sayuran sejatinya memiliki bentuk yang sama. Semua wortel berbentuk kerucut, semangka berbentuk bundar, mentimun berbentuk lonjong, dan lain sebagainya. Tapi bagaimana jadinya kalau buah semangka malah berbentuk kotak dan lemon berbentuk hati? Unik bukan? Beberapa petani telah mengembangkan cara-cara unik untuk menghasilkan produk pertanian yang tidak biasa, bahkan, hal ini sempat menjadi tren tersendiri di dunia pertanian! Selain semangka kotak dan lemon hati, masih ada lagi beberapa produk pertanian yang memiliki wujud tidak biasa. Penasaran ingin melihat seperti apa wujudnya? Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:

1. Semangka Berbentuk Kotak

article image

Image source: metro.co.uk

Semangka berbentuk kotak ini pertama kali dikembangkan oleh seorang petani di Jepang. Sebenarnya semangka ini adalah semangka biasa yang sering dibudidayakan, bukan berasal dari bibit khusus. Petani tersebut hanya mengandalkan alat khusus yang digunakan sebagai wadah pencetak semangka. Sebelum dicetak, buah semangka harus mencapai setengah dari ukuran maksimalnya. Setelah perkembangannya dirasa sudah cukup, barulah buah tersebut dimasukkan ke dalam kotak cetakan. Biasanya, buah semangka akan disimpan dalam kotak setelah berumur 40 - 45 hari. Selain kotak, ada pula cetakan berbentuk hati dan segitiga.

2. Lemon Berbentuk Hati

article image

Image source: Flickr

Masyarakat Jepang memang terkenal telaten dan kreatif di bidang agrikultur. Seakan belum puas dengan semangka kotak, mereka kemudian melakukan inovasi baru dengan menciptakan buah lemon yang berbentuk hati. Sama halnya seperti semangka kotak, pengembangan lemon berbentuk hati juga dilakukan dengan menggunakan alat cetakan. Sekumpulan peneliti dari Hiroshima Prefectural Technology Research Institute telah mengembangkan sebuah cetakan berbentuk hati untuk buah lemon. Kendati bentuknya berubah, rasa asam dan segar pada lemon tersebut tetap sama. Menariknya lagi, lemon hati ini juga telah dipasarkan dalam bentuk teh!

3. Mentimun Hati dan Bintang

article image

Image source: thegreenhead.com

Kalau kamu bosan dengan bentuk mentimun yang begitu-begitu saja, sebaiknya kamu coba mentimun ini. Zayintec mengembangkan sebuah cetakan yang bisa digunakan untuk membuat bentuk mentimun menjadi hati atau bintang. Selain itu, cetakan ini juga bisa digunakan untuk tomat, labu, lemon, jeruk mandarin, dan lain sebagainya. Inovasi keren ini bisa sangat berguna untuk membuat hasil panen yang lebih unik.

4. Pir Buddha

article image

Image source: thepartridgefamilytemple.org

Awalnya, seorang petani bernama Hao Xianzhan di Tiongkok berniat untuk membuat buah pir yang berbentuk Buddha, dia mengaku terinspirasi dari kisah Sun Go Kong! Untuk mewujudkannya, Hao membuat sebuah cetakan dari bahan fiberglass berbentuk Buddha dan mulai melakukan eksperimennya. Buah pir muda yang telah dipilih kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan dibiarkan selama kurang lebih enam bulan. Tetapi, hasilnya malah terlihat sangat menggemaskan. Kalau kita perhatikan, sepasang buah pir kembar ini malah mirip Upin & Ipin ya!

Baca juga artikel lainnya tentang buah dan sayur di bawah ini.

Articles

5. Tomat Berbentuk Bebek

article image

Image source: gambarbagus.com

Tidak semua hasil pertanian yang memiliki bentuk unik selalu menggunakan alat khusus. Karena faktor genetik tertentu, kadang kala suatu tanaman bisa menghasilkan buah yang terlihat unik pula. Contohnya adalah tomat berbentuk bebek ini. Tomat ini memiliki “moncong” dan “kepala” tambahan yang membuatnya tampak seperti bebek kecil!

6. Buah Pepaya Bertanduk

article image

Image source: twitter/kabarklaten

Di Indonesia juga pernah terjadi anomali serupa, yaitu buah pepaya yang memiliki sepasang tanduk. Pepaya bertanduk ini ditemukan di sebuah pohon pepaya di pekarangan rumah salah seorang warga di Desa Sembung, Kecamatan Wedi, Klaten, Jawa Tengah. Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan buah pepaya ini memiliki sepasang tanduk, yang jelas, pohon pepaya setinggi 5 meter ini sontak memancing perhatian warga sekitar.

7. Padi Berwarna Emas

article image

Image source: producer.com

Kalau biasanya padi berwarna putih tulang, lain halnya dengan padi yang satu ini. Bentuk padi ini tampak biasa saja, tapi warna padi ini terbilang cukup unik dengan warna keemasan, persis seperti nasi kuning. Usut punya usut, padi berwarna emas ini merupakan karya seorang ilmuwan asal Swiss yang melakukan eksperimen dengan mencangkokkan gen Beta Karotin yang biasa ditemukan dalam wortel ke dalam padi. Dan ternyata, hasil dari eksperimen tersebut menyebabkan warna padi ini menjadi keemasan. Selain warnanya yang berubah, padi ini juga memiliki kandungan yang tidak biasa! Pasalnya, padi ini memiliki kandungan pro vitamin A yang melimpah, persis seperti wortel!


Nah, itulah 7 buah dan sayuran di dunia dengan bentuk tidak biasa. Kamu bisa tetap menikmati buah dan sayuran dengan bentuk yang biasa, dapatkan buah dan sayuran yang segar di supermarket terdekat di kotamu.

Brands

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

Malls

featured image source: discovermagazine.com