7 Buku Non Fiksi Cocok Untuk di Baca Malam Hari

Malam hari adalah waktunya untuk bersantai dan beristirahat dan pada umumnya suasana di sekitar kita cukup mendukung dan secara psikologis membuat pikiran jadi lebih tenang. Di saat seperti inilah selain waktu terbaik untuk beristirahat dan tidur, beberapa di antara kita memanfaatkannya untuk melakukan berbagai hal yang disuka termasuk membaca.

Jika kamu sudah membaca semua novel fiksimu maka tentunya buku non-fiksi adalah pilihan berikutnya. Tetapi kerap kali novel non-fiksi justru cenderung membuatmu cepat mengantuk karena kontennya tidak memicu ketegangan atau rasa penasaran. Benarkan seperti itu? Jangan salah, ternyata banyak bacaan non fiksi yang memiliki konten yang membuat emosi naik turun bahkan merasa tegang sehingga tentunya menjauhkanmu dari kantuk atau malas. Dari begitu banyaknya bacaan non fiksi yang menarik untuk dibaca, inilah 7 rekomendasi buku non fiksi yang cocok kamu baca pada malan hari:

Sapiens : A Brief History of Humankind

article image

Image source: jebiga.com

Daftar ini dimulai dari buku buah karya Yuval Noah Harari yang membahas tentang sejarah umat manusia, mulai perkembangan manusia purba hingga masyarakat modern, termasuk di dalamnya revolusi industri dan masa setelahnya. Buku satu ini mendapatkan sejumlah ulasan positif dari pembaca umum. Namun sayangnya banyak ilmuwan dan akademisi yang skeptis dengan ulasan Harari dalam buku ini.

Meskipun demikian, sentilan juga sisipan humor di dalamnya membuat buku ini memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan dari buku-buku sejarah dan teori evolusi yang lain. Buat kamu yang berminat memperkaya khasanah pengetahuan dan memperluas wawasan, buku ini bisa kamu baca.

A Sloth’s Guide to Mindfulness

article image

Image source: flabjacks.com

Kalau buku yang satu ini diperuntukkan bagi kamu yang tidak begitu telaten membaca banyak tulisan apalagi buku yang memiliki ratusan halaman. Buku ini sangat sesuai buat kamu karena ini merupakan buku self-help yang dilengkapi dengan ilustrasi. A Sloth’s Guide to Mindfulnes ditulis sekaligus dilukis oleh Ton Mak dengan mencoba mengambil pelajaran hidup dari seekor hewan yang dikenal bergerak amat lamban yaitu Sloth. Coba kamu googling hewan ini, atau kamu mungkin sudah mengenalnya dari film animasi Zootopia (2016).

The Naked Traveler Anthology : Horror

article image

Image source: today.line.me

Buku ini sepertinya jelas tidak akan membuat kamu mengantuk dan jatuh tertidur. Bercerita mengenai pengalaman beberapa traveler dan travel blogger yang terkait dengan peristiwa misterius maupun horor yang mereka alami saat berkunjung ke beberapa tempat di Indonesia maupun dunia. Dari mulai bermalam di hotel tua sebuah kota mati di Jepang hingga ramalan misterius yang bikin merinding sekaligus takjub di Edinburg, Skotlandia. Temukan sensasi tersendiri dengan menyimak kisah 10 petualang Indonesia dengan latar belakang beragam ini.

Soul Travellers : Turning Miles Into Memories

article image

Image source: mizanstore.com

Masih dari buku karya anak bangsa dan juga masih berbicara tentang pengalaman para petualang. Buku ini merupakan kumpulan kisah 39 penulis terkait perjalanan mereka pada berbagai kota dunia yang pada akhirnya mengubah hidup mereka. Buku ini bertujuan menginspirasi serta memberi semangat pada generasi muda demi menemukan arti hidup sesungguhnya dan berani untuk melakukan perjalanan ke luar negeri sebagai bagian dari proses pendewasaan diri. Emosi kamu akan terbawa naik dan turun jika membaca buku satu ini.

Baca juga rekomendasi novel-novel lainnya di bawah ini:

Articles

Educated

article image

Image source: groupheads.blogspot.com

Kamu salah besar jika menganggap bahwa di dunia Barat semua orang hidup dengan gaya modern. Dalam buku satu ini kamu akan dibawa menyelami kehidupan seorang penulis bernama Tara Westover yang terlahir dari keluarga penganut paham konservatif. Sang ayah tidak mengizinkan Tara bersekolah di sekolah umum, dan ia kemudian dididik menjadi seorang perawat dan dokter pengobatan alternatif mengikuti jejak sang ibu. Ia juga berusaha belajar sendiri sehingga mampu menembus universitas top dunia.

I’ll Be Gone In The Dark

article image

Image source: amazon.com

Amerika Serikat sempat digegerkan oleh kasus pembunuhan serta pemerkosaan berantai yang dilakukan oleh seorang lelaki berusia 20-an, dan berlangsung setidaknya selama satu dekade mulai tahu 1976-1986. Kasus ini belum terpecahkan hingga saat ini. Buku ini membahas kisah yang dituturkan oleh para korban selamat serta kisah perkembangan penyidikan kasus ini yang dilakukan oleh seorang wanita yang terobsesi untuk memecahkan kasus ini, bernama Michelle McNamara. Sayangnya wanita ini wafat sebelum buku dan penyelidikannya tuntas. Buku ini pada akhirnya rilis pada tahun 2018 dan menjadi salah satu buku non fiksi terlaris di Amerika Serikat.

Into The Wild

article image

Image source: pinterest.com

Sempat diangkat menjadi sebuah film berjudul sama rilis tahun 2007, buku ini berkisah mengenai seorang pemuda cerdas, sarjana cum laude berusia 24 tahun yang meninggalkan kehidupan dan keluarganya demi mengasingkan diri hidup di alam liar dan berakhir tragis. Ia meninggalkan segala kenyamanan, menyumbangkan tabungannya, membakar sisa uang tunai miliknya lalu menyerahkan diri sepenuhnya pada alam. Jon Krakauer mengajak kita menguak misteri pengasingan diri Christopher Johnson McCandless yang mengganti namanya menjadi Alexander si petualang serta menyelami gairah manusia saat bersinggungan dengan bahaya dan maut.


Masih banyak judul-judul lain yang bertebaran di luar sana tentunya yang beberapa di antaranya akan menarik perhatian kamu. Yang perlu kamu tentukan terlebih dahulu sebelum menentukan buku non fiksi apa yang akan kamu beli sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis buku apa yang ingin kamu baca. Misalnya biografi, literatur, buku ilmiah, kumpulan kisah dari beberapa orang dalam satu situasi dan lain sebagainya. Lalu cari tahu latar belakang penulis, ketahui penerbitnya, bila perlu baca daftar isinya. Dengan semakin banyak data yang kamu kumpulkan maka kamu akan semakin yakin dengan buku yang akan kamu pilih.

Dapatkan buku non fiksi di atas di toko-toko buku terdekat di kota kamu. Caranya akses Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: pexels