Burung Terbesar di Dunia

Para ilmuan terdahulu pernah sepakat jika burung terbesar di dunia memiliki berat rata-rata hingga 800 kg layaknya dinosaurus bernama Vorombe. Tingginya bisa mencapai 3 meter lebih. Namun hewan tersebut hanya bisa ditemukan pada 1.000 tahun lalu di Madagaskar.

Sayangnya hingga kini, tidak ada data ilmiah yang menyebutkan alasan kepunahan burung raksasa tersebut. Ada yang berpendapat, jika burung vorombe musnah karena manusia.

Nah jika vorembe adalah burung kuno terbesar, maka di masa sekarang kita juga masih bisa menjumpai burung terbesar di dunia. Meski berat dan tingginya tidak mencapai vombre. Apa saja ya?

Berikut ini 10 burung terbesar di dunia yang beratnya mencapai ratusan kg.

1. Burung Unta

article image

Image source: treehunger.com

Struthio camelus alias burung unta adalah burung terbesar di dunia yang masih hidup hingga kini. Burung unta memiliki berat rata-rata mencapai 104 kg dengan tinggi sampai 2 meter.

Burung unta memiliki telur burung terbesar dan memegang rekor sebagai burung dengan kecepatan lari hingga 70 km/jam. Tidak hanya itu, mata burung unta juga dikategorikan sebagai mata vertebrata darat terbesar berdiameter 50 mm.

Burung asal Afrika ini sekarang masih bisa kita jumpai di belahan dunia manapun. Bahkan tak sedikit orang telah membudidayakannya untuk diambil kulit serta dagingnya.

2. Kasuari

article image

image source: pinterest.com

Casuarius atau burung kasuari adalah burung terbesar di dunia berikutnya yang memiliki berat rata-rata 45 kg dan panjang 155 cm. Ada beberapa jenis kasuari, yakni kasuari selatan dan kasuari bagian utara.

Kasuari selatan banyak ditemukan di laut Australia, Indonesia, dan New Guinea. sedangkan kasuari bagian utara merupakan salah satu hewan endemik di New Guinea Utara.

Tidak hanya besar, kasuari juga digolongkan jadi burung yang berbahaya saking agresifnya. Kasuari memiliki kaki kuat dengan kuku besar dan tajam yang bisa merobek kulit lawan secepat kayuhannya. Sekali terserang akibatnya bisa fatal.

3. Emu

article image

Image source: ebird.com

Emu merupakan burung terbesar di dunia yang termasuk hewan endemik Australia. Dikenal juga dengan nama latin dromaius novaehollandiae, Emu memiliki tinggi hingga 2 m dengan berat mencapai 33 kg.

Untuk ukuran, emu betina biasanya jauh lebih besar daripada sang jantan karena memiliki bokong lebar. Ukurannya yang besar tidak menghalangi kecepatan larinya. Burung ini bahkan dikenal sebagai pelari yang cepat meski tidak dapat terbang.

Sayapnya selalu dikepakan saat berlari untuk menyeimbangkan diri. Emu memiliki 3 jari kaki kuat dan jadi satu-satunya burung yang memiliki otot gastrocnemius pada bagian belakang bawah kakinya.

4. Penguin

article image

Image source: thought.com

Berikutnya ada aptenodytes forsteri alias penguin kaisar. Hewan endemik Antartika ini adalah yang tertinggi dan terberat dengan rata-rata mencapai 31,5 kg dan tinggi 1,2 m.

Ada yang menarik dari burung terbesar di dunia ini, saat musim kawin penguin jantan harus kehilangan berat badannya hingga 15 kg. Mengapa? karena mereka tidak makan apa pun demi melindungi telur dari suhu dingin ekstrim selama lebih dari 2 bulan.

Sudah tau dong, jika penguin tidak bisa terbang. Penguin menggunakan sayapnya untuk menghangatkan tubuhnya dari suhu ekstrim. Bulu-bulunya juga 90% mampu melindungi tubuh penguin dari cuaca dingin tanpa mengubah metabolismenya.

Selain penguin kaisar, ada juga penguin raja atau aptenodytes patagonicus. Penguin raja hanya memiliki berat rata-rata 13,6 kg dan panjang 1 m. Penguin raja banyak ditemukan di pulau-pulau Sub Antartika, Tierra del Fuego, Kepulauan Falkland, dan pulau lain dengan iklim sedang.

5. Rheas

article image

Image source: ebird.com

Rheas adalah jenis burung terbesar di dunia yang juga tidak bisa terbang. Burung ini berasal dari Amerika Selatan. Rata-rata rheas memiliki berat hingga 23 kg dengan tinggi 1,4 m.

Populasi rheas terbesar banyak ditemukan di Jerman. Diperkirakan saat ini masih ada sekitar 250 ekor populasi burung rheas. Karena jumlahnya semakin sedikit, burung rheas kini digolongkan sebagai hewan yang dilindungi.

6. Kalkun

article image

Image source: fineartamerica.com

Meleagris gallopavo alias kalkun liar merupakan jenis burung terbesar di dunia yang bisa terbang. Beratnya bisa mencapai 13,5 kg dengan tinggi sampai 1,3 m. Meski ukurannya cukup besar, namun burung ini tergolong tenang dan gesit saat terbang. kalkun mampu terbang hingga jarak 400 meter dalam satu waktu.

7. Angsa

article image

Image source: pixabay.com

Cygnus olor atau angsa adalah unggas air terberat mencapai 11,8 kg dan panjang sampai 1,3 m. Angsa adalah unggas yang gesit dan memiliki banyak jenis. Ada angsa bisu dan terompet yang keduanya memiliki ciri berbeda.

8. Bustards

article image

Image source: pinterest.com

Otis tarda adalah burung terbesar di dunia dengan berat rata-rata mencapai 10,6 kg dan tinggi 1,1 m. Bustards berkembang biak dengan baik di padang rumput terbuka di daerah Eropa Tengah dan Asia.

9. Albatros

article image

Image source: ebird.com

Disebut juga sebagai elang laut bersalju. Burung ini memiliki sayap berwarna putih dengan berat mencapai 12 kg dan panjang 1,4 m. Di antara semua burung, albatros memiliki sayap terpanjang mulai dari 2,5 m hingga 3,5 m.

Selama hidupnya, elang laut banyak menghabiskan waktu untuk berkelana dan terus terbang selama beberapa jam. Albatros bahkan dikenal mampu mengelilingi Samudera Selatan tiga kali dalam satu tahun.

10. Burung Pelikan

article image

Image source: fineartamerican.com

Pelecanus crispus, burung terbesar terakhir ini adalah anggota keluarga pelikan dan mungkin jadi burung air tawar terbesar di dunia. Burung ini memiliki berat mencapai 11,5 kg dengan panjang 1,8 m.

Pelikan memiliki sayap serupa dengan elang laut dan merupakan spesies burung dengan bentang sayap lebih dari 350 cm.

Pelikan Dalmatian banyak ditemukan di danau, sungai, dan muara di Eropa Tenggara, Rusia, India, dan Cina. Selama abad ke-20 populasi burung pelikan semakin menurun drastis kemungkinan besar karena hilangnya habitat asal yang disebabkan oleh drainase lahan basah. Demikianlah 10 burung terbesar di dunia yang beratnya mencapai ratusan kg.


Simak juga info menarik lainnya dalam update artikel terbaru di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Articles

Featured image source:birdspot.com