Olimpiade Tokyo 2020: Ini Dia 5 Cabang Olahraga Baru yang Akan Dipertandingkan

Olimpiade Tokyo akan menjadi perhelatan olahraga terbesar di tahun 2020. Akan ada beberapa kejutan yang tengah dipersiapkan tuan rumah Jepang dalam penyelenggaraan pesta olahraga terbesar tersebut. Mulai dari pesta pembukaan yang dikabarkan akan menggunakan teknologi canggih hingga cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan.

Seperti diketahui, tuan rumah Olimpiade diberikan keleluasaan dalam menentukan cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Jepang sendiri telah merekomendasikan lima cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyetujui lima cabang olahraga baru tersebut yang diharapkan akan lebih menarik minat penonton muda dan meningkatkan dukungan lokal terhadap penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Penasaran apa saja cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020? Yuk simak ulasan lima cabang olahraga baru tersebut berikut ini.

Karate

article image

Image source: fightsports.tv

Karate akan dipertandingkan pertama kali di Olimpiade Tokyo 2020 sebagai cabang olahraga baru. Dimasukkannya karate dalam daftar cabang olahraga di Olimpiade Tokyo 2020 bukan tanpa alasan. Karate yang merupakan seni bela diri asal Jepang tentu diharapkan akan mendominasi perolehan medali bagi tuan rumah.

Pertandingan olahraga karate akan diselenggarakan di Nippon Budokan, yakni gedung serbaguna yang terletak di pusat kota Tokyo, Jepang. Cabang karate akan mempertandingkan kelas tarung untuk pria, wanita, kata (gerakan jurus) dan kumite (pertarungan). Tuan rumah Jepang mendapat keistimewaan yakni slot satu orang atlet per kelas. Indonesia yang masuk dalam zona Asia Tenggara sedang berjuang untuk memperebutkan jatah 2 orang atlet, yakni 1 pria dan 1 wanita untuk mewakili Asia Tenggara.

Sayangnya, beredar kabar bahwa cabang karate tidak akan dipertandingkan di Olimpiade Prancis 2024. Tentunya keputusan ini menuai beragam respons dari banyak pihak, terutama Jepang selaku tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020.

Pasalnya keputusan tersebut dikeluarkan sebelum cabang karate dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Wah, semoga kabar pencoretan cabang karate di Olimpiade Prancis 2024 tidak menurunkan antusiasme masyarakat terhadap seni bela diri tersebut di Olimpiade Tokyo 2020 ya.

Baseball dan Softball

article image

Image source: wbsc.org

Rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa baseball dan softball masuk dalam cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga ini begitu populer di Jepang. Masuknya cabang olahraga favorit di Jepang ini disambut dengan penuh antusias oleh Riccardo Fraccari, Presiden Konfederasi Baseball/Softball Dunia (WBSC).

Indonesia sendiri mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asia Cup 2019 yang berlangsung pada 30 April-7 Mei 2019 lalu. Asia Cup 2019 merupakan
bagian pra kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelum dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020, sebenarnya cabang baseball pernah dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992 dan softball di Olimpiade Atlanta 1996. Baseball kemudian tidak dipertandingkan pada Olimpiade Beijing 2008 karena sejumlah pemain top di liga utama absen tampil. Saat itu softball juga tidak dipertandingkan.

Skateboard

article image

Image source: republika.co.id

Perjalanan cabang olahraga skateboard menuju Olimpiade Tokyo 2020 cukup panjang. Keputusan skateboard menjadi cabang olahraga baru di olimpiade pertama kali dikeluarkan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Agustus 2016 lalu. Nah, untuk pertama kalinya kita akan melihat pertandingan skateboard di Olimpiade Tokyo 2020.

Masuknya cabang skateboard pada Olimpiade Tokyo 2020 tentu memberi harapan pada atlet muda untuk mewujudkan impian mereka dan bersaing di panggung olahraga terbesar di dunia. Keputusan ini juga mendapat respons positif dari para atlet skateboard profesional. Nyjah Huston dan Chris Cole sepakat bahwa berkompetisi dalam perhelatan Olimpiade merupakan hal yang luar biasa.

Indonesia sendiri tengah bersiap untuk meloloskan wakil menuju Olimpiade Tokyo 2020. Dengan raihan medali 1 emas, 3 perak dan 3 perunggu pada Sea Games Manila 2019 lalu, tim skateboard Indonesia optimis bisa menjadi finalis di Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Surfing

article image

Image source: pemburuombak.com

Untuk pertama kalinya cabang olahraga surfing akan dipertandingkan pada perhelatan olimpiade. Surfing menjadi cabang olahraga baru di Olimpiade Tokyo 2020 setelah diputuskan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada pertemuan anggota komite pada 3 Agustus 2016.

Pertandingan surfing akan digelar di lautan, bukan ombak buatan seperti yang diisukan sebelumnya. Surfing diyakini sebagai cabang olahraga yang digandrungi kalangan muda dan akan menjamur di seluruh dunia. Nantinya cabang olahraga surfing akan diikuti oleh atlet pria dan wanita dari 40 negara, tak terkecuali atlet dari Indonesia.

Peselancar Indonesia kini sudah berhasil masuk dalam jajaran atlet papan atas dunia. Diharapkan para peselancar Indonesia mampu menyumbang medali pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Dengan berbagai kejuaraan selancar yang digelar di Indonesia dan mampu melahirkan atlet surfing potensial, tentu kita menaruh harapan besar pada cabang olahraga ini di olimpiade.

Sports Climbing

article image

Image source: nasional.republika.co.id

Perjuangan untuk memasukkan cabang olahraga sports climbing atau panjat tebing sudah dilakukan sejak Olimpiade Beijing 2008. Setelah beberapa kali gagal dipertandingkan di olimpiade, panjat tebing akhirnya berhasil masuk menjadi cabang olahraga baru di Olimpiade Tokyo 2020.

Cabang olahraga panjat tebing akan mempertandingkan dua nomor, yakni combine putra dan putri. Combine sendiri merupakan nomor baru yang khusus diciptakan untuk Olimpiade Tokyo 2020. Nomor ini menggabungkan 3 nomor utama, yakni speed, lead dan boulder. Atlet harus memainkan dan menjadi yang terbaik di 3 nomor tersebut untuk menjadi juara.

Ternyata nomor combine justru bukan hal baru di Indonesia, khususnya bagi atlet Bali yang berpartisipasi dalam trilomba sejak Porprov 2006/2007 lalu. Namun tim Indonesia tidak ingin over confident karena saat ini atlet panjat tebing Indonesia masih mendominasi di nomor speed.


Itu tadi lima cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Semoga dengan adanya cabang olahraga baru ini memberi harapan bagi tim Indonesia untuk mendulang lebih banyak perolehan medali. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: fakta.news