Camilan Rendah Kalori

Sudah bukan rahasia lagi jika ngemil dapat menyebabkan berat badan bertambah. Namun dengan memilih camilan sehat yang rendah kalori, berat badan pun dapat dikontrol dengan baik.

Sebuah penelitian menyebutkan jika makanan bergizi dengan kandungan serat dan protein tinggi dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang lebih lama. Selain itu makanan tersebut juga dapat membantu menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari.

Untungnya saat ini camilan rendah kalori yang enak, dapat dijumpai dengan mudah. Dan berikut ini beberapa camilan rendah kalori yang bisa kamu pilih sebagai makanan pengganjal. Cocok untuk kamu yang sedang menjalankan diet.

1. Telur Rebus

article image

Image source: downshiftology.com

Telur sering kali disebut sebagai makanan multivitamin, salah satunya terdapat dalam telur rebus. Telur rebus hanya memiliki 78 kalori dan mengandung vitamin B12, vitamin A, selenium, fosfor, lemak sehat, serta lebih dari 6 gram protein.

Itu mengapa kamu bisa memilih telur rebus sebagai camilan rendah kalori. Kamu bisa mengonsumsinya berbarengan dengan sayur, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

2. Greek Yoghurt dengan Beri

article image

Image source: thefoodiephysician.com

Sudah bukan rahasia lagi jika yoghurt masuk dalam kategori camilan rendah kalori. Greek yoghurt dikemas dengan protein dan nutrisi penting seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Pun dengan buah beri yang mengandung serat dan antioksidan yang membantu menangkal kerusakan sel dalam tubuh.

Mengonsumsi greek yoghurt berbarengan dengan beri adalah cara yang paling tepat untuk menjauhkan rasa lapar sekaligus menyehatkan. Dalam satu wadah atau setidaknya 200 gram yoghurt polos dan setengah cangkir beri mengandung 180 kalori.

3. Pisang dan Selai Kacang

article image

Image source: wellplated.com

Rasa manis pada pisang dan rasa asin yang dihasilkan kacang almond, kacang tanah, atau selai mete adalah kombinasi yang sangat enak. Dua makanan ini saat dipadukan akan jadi camilan rendah kalori yang membuatmu kenyang lebih lama serta menambah protein dan serat.

Kamu bisa mengiris satu buah pisang yang diolesi selai kacang untuk camilan harianmu. Makanan tersebut setidaknya hanya mengandung 280 kalori saja.

4. Biji Labu

article image

Image source: jessicagavin.com

Disebut juga kuaci, makanan ini kaya akan nutrisi termasuk protein, magnesium, seng, kalium, tembaga, dan mangan. Nutrisi tersebut sangat baik dan dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat.

Kamu bisa memanggang sendiri biji labu di rumah dengan ditambahkan garam, merica, dan minyak zaitun. untuk setengah cangkir biji labu sangrai atau setiap 32 gram mengandung 143 kalori.

5. Almond Panggang dan Ceri Kering

article image

Image source: standfliend.com

Almond adalah sumber protein, serat, dan magnesium yang sangat baik untuk tubuh. Ceri kering pun adalah camilan rendah kalori yang mengandung serat dan vitamin A. Kedua makanan ini jika digabungkan rasanya akan saling melengkapi dan sangat sempurna.

Oh iya, ceri kering juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat dijadikan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Penelitian pada manusia menunjukkan jika mengonsumsi almond dan ceri dapat membantu mengurangi resiko tertentu, salah satunya adalah penyakit jantung dan diabetes.

Mengonsumsi 28 gram almond dan 4o gram ceri kering setidaknya hanya mengandung 290 kalori.

6. Edamame

article image

Image source: bola.com

Kacang edamame adalah camilan rendah kalori ramah vegetarian. Edamame mengandung protein dan serat nabati dalam jumlah yang cukup besar.

Setidaknya dalam 75 gram edamame yang dimasak hanya memberikan kalori 105 kalori dengan total nutrisi 9 gram protein dan 3 gram serat.

7. Dendeng

article image

Image source: heartbrandbeef.com

Berbagai dendeng daging seperti daging sapi, ayam, dan salmon sangat bagus dikonsumsi, Bahkan untuk vegan kamu bisa mencoba dendeng jamur, terong, dan kelapa.

Dendeng mengandung protein tinggi dan rendah kalori. Tetapi juga sangat enak dan cocok dijadikan camilan sehat. Setiap 28 gram dendeng setidaknya mengandung 70 kalori. Namun sebelum mengonsumsinya pastikan dendeng tersebut tidak mengandung banyak garam.

8. Kacang Panggang

article image

Image source: acouplecooks.com

Tidak jauh berbeda dari edamame, kacang panggang juga mengandung protein dan serat yang tinggi. Dalam 28 gram buncis panggang setidaknya mengandung 6 gram protein, 5 gram serat, dan 120 kalori.

Ngemil buncis panggang akan bermanfaat bagi kesehatan. Camilan ini dapat mengurangi nafsu makan dan pastinya mengandung nutrisi baik bagi tubuh.

9. Sarden

article image

Image source: thekitchn.com

Sarden bukanlah camilan yang populer karena biasa dijadikan sebagai lauk pada makanan berat. Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin ngemil ikan. Sarden adalah salah satu makanan paling enak dengan kandungan protein, kalsium, zat besi, vitamin D, vitamin B12, selenium, dan nutrisi penting lainnya.

Sarden juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Lemak yang terkandung sangat bersifat anti-inflamasi baik untuk penderita penyakit jantung. Satu kaleng sarden atau 106 gramnya mengandung 151 kalori.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Mall

Artikel

Featured image source: baking business.com