Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Nafsu makan ibu hamil meningkat dari biasanya adalah sesuatu yang wajar semua makanan ingin dimakan. Namun perlu diingat asupan ibu hamil tidak bisa sembarangan. Asupan ibu hamil harus sehat dan memiliki nutrisi yang baik untuk janin. Jika hanya menambah kalori saja, malah berisiko menjadi obesitas dan meningkatnya risiko diabetes. Selain asupan makanan sehari tiga kali, ibu hamil bisa menikmati camilan di sela jam makan. Nah, untuk itu ibu hamil harus bijak dalam memilih camilan sehat yang bisa dikonsumsi kapan pun tanpa perlu khawatir berlebih. Berikut ini Gotomalls rekomendasikan camilan sehat untuk ibu hamil yang mengandung berbagai macam nutrisi.

Kacang-kacangan

article image

Image source: pexels/MartaBranco

Camilan sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda nikmati kapan pun adalah kacang-kacangan. Pilih kacang seperti kacang almond, walnut, edamame, mede atau kacang kenari yang plain dan tidak mengandung garam atau penyedap rasa. Kacang-kacangan mengandung protein dan asam folat, dan juga bagus sebagai ASI booster. Selain itu, manfaat yang bisa dirasakan untuk janin adalah bantu optimalkan perkembangan otak dan juga saraf janin.

Buah-buahan

article image

Image source: alodokter.com

Buah-buahan sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai camilan sehat untuk ibu hamil yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk janin. Berbagai jenis buah memberikan sumber energi, mengoptimalkan tumbuh kembang sang janin juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C sehingga Anda juga tidak mudah terserang penyakit.

Buah juga kaya akan serat yang bantu meminimalisir risiko sembelit atau konstipasi pada ibu hamil. Beberapa rekomendasi buah segar antara lain apel, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, dan masih banyak lagi. Anda bisa menikmatinya dengan yoghurt yang juga baik untuk tubuh dan aman dikonsumsi ibu hamil.

Roti Gandum dan Selai Kacang

article image

Image source: lifestyle.okezone

Berikutnya ada camilan sehat untuk ibu hamil yang sehat dan mengenyangkan yaitu roti gandum dan selai kacang. Tidak hanya karbohidrat saja, roti gandum juga mengandung serat yang dibutuhkan ibu hamil. Selai kacang adalah pilihan terbaik sebagai selai roti dikarenakan kandungan gula dan kalorinya lebih sedikit dibanding dengan selai buah lainnya juga kaya nutrisi, protein dan serat. Selain roti gandum kamu bisa padukan dengan buah pisang. Selamat mencoba!

Alpukat

article image

Image source: jessicagavin.com

Buah alpukat juga termasuk camilan sehat untuk ibu hamil yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan asam folat dan lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak janin. Anda bisa mengonsumsi alpukat secara langsung, disajikan bersama roti gandum, bahkan bisa dijadikan smoothies. Alpukat wajib masuk daftar camilan sehat untuk ibu hamil.

Yoghurt

article image

Image source: liveeatlearn.com

Yoghurt adalah susu rendah lemak yang banyak mengandung kalsium dan protein yang cocok untuk dijadikan camilan sehat ibu hamil. Pilih greek yoghurt atau plain yoghurt karena kandungan glukosanya lebih sedikit dibandingkan yoghurt biasa. Anda bisa langsung memakannya atau jika bosan, Anda bisa memadukannya dengan potongan buah dan juga kacang-kacangan sebagai protein dan serat. Camilan satu ini pun juga memiliki kandungan pro biotik yang bisa bantu masalah pencernaan ibu hamil.

Ubi

article image

Image source: aqiqahsaungdomba.com

Ubi juga bisa Anda jadikan alternatif untuk camilan sehat ataupun pengganti nasi. Dengan mengonsumsi ubi secara rutin akan membantu pertumbuhan sel-sel yang ada ditubuh janin. Selain itu, ubi juga sebagai sumber vitamin A yang didapatkan dari senyawa beta karotin yang ada dalam ubi dan kaya akan serat yang baik untuk ibu hamil. Camilan sehat ini bisa Anda nikmati baik di kukus, dipanggang ataupun digoreng.

Overnight Oats

article image

Image source: eatthis.com

Selain roti gandum, oat bisa Anda jadikan camilan sehat untuk ibu hamil. Anda bisa menikmatinya dengan membuat overnight oat dari oat yang dicampur dengan berbagai jenis buah yang segar, selai kacang, kacang-kacangan dan bahan lainnya dan kemudian disimpan di kulkas semalaman. Keesokan harinya Anda bisa menikmati camilan sehat dan bergizi.

Products


Itu dia tujuh rekomendasi camilan sehat untuk ibu hamil yang aman dan baik untuk ibu dan juga janin. Anda tidak perlu takut kelebihan gula ataupun obesitas saat hamil karena camilan-camilan yang sudah disebut di atas sangat aman dan juga bernutrisi. Selain itu, ibu hamil juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan maupun dokter gizi untuk pola makan sehat serta dapat mendukung akan perkembangan janin. Jangan lupa cek selalu Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls