5 Candi Budha Terbesar di Dunia

Kamu pasti sudah mengenal Candi Borobudur yang telah diakui oleh Guinness World Record sebagai candi Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur adalah salah satu kebanggaan Indonesia dan telah menjadi objek wisata populer yang wajib dikunjungi wisatawan.

Selain Candi Borobudur, ternyata ada beberapa candi Budha besar lainnya lho yang terletak di beberapa negara. Candi-candi tersebut tidak kalah megah dan indahnya dengan Candi Borobudur.

Penasaran dengan candi Budha terbesar di dunia? Yuk simak deretan candi Budha terbesar di dunia berikut ini, dijamin kamu pasti ingin mengunjunginya setelah membaca fakta menariknya.

Candi Bagan, Myanmar

article image

Image source: ramatours.nl

Candi Bagan menjadi salah satu candi Budha terbesar di dunia dengan kompleks area yang luasnya mencakup sekitar 42 kilometer persegi. Candi yang terletak di negara Myanmar ini dibangun pada kisaran abad ke-10 hingga abad ke-13 Masehi selama puncak kejayaan kerajaan Burma pada masa itu.

Candi Bagan memiliki pemandangan yang sangat cantik, terletak di tepi Sungai Ayerwaddy. Kompleks tempat suci agama Budha ini terdiri dari kuil, pagoda, stupa dan reruntuhan terbesar di dunia. Dahulu Bagan merupakan ibukota kuno kerajaan Burma dan diperkirakan memiliki 10.000 candi. Kini Bagan pun dijuluki sebagai kota seribu candi di Myanmar.

Setelah kerajaan jatuh ke tangan Mongolia pada 1287, candi-candi di Bagan digunakan sebagai tempat ibadah dan belajar bagi para pengikut Budha dari kawasan Asia, seperti India. Saat ini, dari 10.000 candi yang tersebar di Bagan hanya 2200 candi yang masih berdiri.

Salah satu situs yang paling populer di Bagan adalah Htilominlo yang diperkirakan dibangun pada abad ke-13. Dalam bangunan utamanya terdapat patung Budha yang difungsikan sebagai tempat ibadah. Sementara itu, pagoda terbesar adalah Shwe Zi Gon yang difungsikan sebagai pusat ibadah pengikut Budha sekaligus pusat kota Bagan.

Uniknya, pagoda Shwe Zi Gon dibangun dari emas lho!
Candi Bagan merupakan atraksi wisata wajib apabila kamu berkunjung ke Myanmar. Di sekitar kompleks candi tersedia banyak restoran yang menawarkan menu tradisional Myanmar, Asia dan masakan barat.

Pagoda Shwedagon, Myanmar

article image

Image source: airpano.com

Satu lagi candi Budha terbesar di dunia ada di Myanmar dan menjadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi wisatawan. Pagoda Shwedagon terletak di Singuttara Hill, Yangon dan dianggap sebagai kuil yang sangat suci di Myanmar.

Kompleks candi Budha ini terdiri dari kuil, stupa dan patung yang berusia lebih dari 2500 tahun dan menempati area seluas 114 hektar. Pagoda Shwedagon diperkirakan dibangun mulai abad ke-6 hingga abad ke-10 Masehi oleh etnis Mon. Candi tersebut kemudian diyakini roboh dan diabaikan hingga akhirnya difungsikan kembali oleh Raja Mon Binnya U dari Bago pada abad ke-14 dan terus mengalami perkembangan dan renovasi.

Kamu akan takjub melihat candi Budha yang satu ini karena dilapisi ribuan batang emas dan batu berlian serta menyimpan delapan helai rambut Budha yang suci. Tidak hanya terlihat menawan dengan penampilan yang gemerlap, pagoda ini juga menjadi pusat perhatian dengan tinggi stupa mencapai 99 meter. Keseluruhan stupa pun dilapisi oleh emas asli. Tidak heran apabila pagoda ini tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan dan selalu menjadi objek foto.

Candi Mahabodhi, India

article image

Image source: beritagar.id

Candi Budha terbesar di dunia yang satu ini terletak di kota Bodh Gaya, India. Candi Mahabodhi mulai dibangun pada abad ke 3 sebelum Masehi saat masa pemerintahan Kaisar Asoka. Candi baru selesai dibangun pada abad ke-7 Masehi saat masa pemerintahan Raja Gupta.

Spot menarik di Candi Mahabodhi adalah terdapat tanda yang menunjukkan tempat Budha (Siddhartha Gautama) memandang pohon Bodhi dan disebut dengan Animesa Locana. Pohon Bodhi tempat sang Budha mendapat pencerahan sudah tidak ada saat ini, tetapi keturunan pohon tersebut masih berdiri di lokasi yang sama dengan induknya berdiri.

Candi Mahabodhi telah mengalami sejumlah renovasi, restorasi dan perbaikan. Orang Burma atau Myanmar disebut-sebut ikut andil dan berperan besar dalam pembangunan. Pada 1883, renovasi menyeluruh dan ilmiah dilakukan di bawah pengawasan Sir A. Cunningham dan JDM Belgar, arkeolog asal Inggris dan Dr. Rajendra Lal Mitra, arkeolog India.

Kemudian pada 1956, pemerintah India melakukan perbaikan dan memperbesar Candi Mahabodhi sebagai tempat suci bagi umat Budha dunia. Pada 27 Juni 2002, Candi Mahabodhi akhirnya dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Candi Boudhanath, Nepal

article image

Image source: imbarcoimmediato.net

Berikutnya adalah Boudhanath yang merupakan salah satu candi Budha dengan stupa terbesar di dunia. Boudhanath berjarak 11 kilometer dari pusat Kota Kathmandu, Nepal. Jika Pagoda Shwedagon berlapis emas kuning, maka hal istimewa di Boudhanath adalah stupa yang berlapis emas putih.

Boudhanath dibangun oleh Raja Sivadeva sekitar tahun 590 - 604 Masehi. Boudhanath sering dikunjungi oleh peziarah dan biksu dari berbagai belahan dunia, terutama Tibet. Para peziarah akan mengelilingi tempat ibadah dengan stupa terbesar setinggi 36 meter ini sambil berdoa. Selain dikunjungi oleh para peziarah, Boudhanath juga terbuka untuk wisatawan dan harga tiket masuknya dibedakan antara turis asal SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation) dan pengunjung dari negara di luar SAARC.

Gempa bumi pada 2015 yang mengguncang Nepal sempat menyebabkan kerusakan parah pada stupa Boudhanath. Pemerintah kemudian melakukan rekonstruksi mulai 3 November 2015. Saat ini pengunjung pun sudah dapat menikmati keindahan stupa.

Candi Borobudur, Indonesia

article image

Image source: goodnewsfromindonesia.id

Ini dia candi Budha terbesar di dunia kebanggaan Indonesia. Candi megah ini terletak di Yogyakarta dan dibangun selama kira-kira 75 tahun pada abad ke-8 hingga abad ke-9 yakni pada masa dinasti Sailendra. Borobudur berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan serta kebijaksanaan menurut Budha.

Candi Borobudur terdiri dari 2 juta blok batu alam dan disusun tanpa bahan perekat. Bagian dasar memiliki luas permukaan sekitar 2500 meter persegi. Masih menjadi misteri mengapa candi ini ditinggalkan pada abad ke-14. Pada 1814, pasukan Inggris di bawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles akhirnya menemukan Borobudur dan berhasil membersihkan keseluruhan area pada 1835.

Candi Budha terbesar di dunia ini dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Budha. Kalau kamu sedang mengunjungi Yogyakarta, tentu kamu tidak akan melewatkan candi megah nan indah ini bukan?


Itulah 5 candi Budha terbesar di dunia yang terkenal dengan kemegahan dan keindahannya. Candi-candi tersebut pun selalu menjadi tujuan wisata wajib bagi para turis mancanegara. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Mall

featured image source: ad-gentes.ch