Cara Aman Belanja Online

Kemajuan teknologi telah memberikan banyak kemudahan dalam hidup kita. Mulai dari kebutuhan pangan, keuangan, mobilitas, hingga urusan belanja pun bisa dipenuhi tanpa perlu repot-repot keluar rumah, cukup dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet.

Namun, kemudahan ini tidak selamanya menguntungkan. Di sisi lain, tidak sedikit pula oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan teknologi untuk mencari keuntungan.

Misalnya saja penipuan berkedok belanja online, sampai saat ini ada berbagai modus licik yang kerap digunakan untuk mengelabui konsumen. Tak terkecuali di platform e-commerce sekalipun. Meskipun ada pihak perantara yang menjamin keamanan transaksi, belum tentu apa yang kita harapkan sesuai dengan yang didapatkan.

Nah, agar kamu bisa terhindar dari risiko-risiko seperti itu, sebaiknya simak 5 cara aman belanja online berikut ini!

1. Cek Reputasi Penjual

article image

Image source: CNET.com

Cara ini harus kamu lakukan jika hendak belanja langsung di situs web si penjual. Pertama, telusuri reputasi situs tersebut melalui mesin pencari. Cari ulasan-ulasan seputar si penjual, terutama dari konsumen yang pernah berbelanja.

Jika kamu menemukan banyak keluhan tentang situs tersebut, sebaiknya tinggalkan dan cari penjual lain. Pilihlah penjual yang memiliki reputasi positif dan hindari situs-situs yang mendapat bintang satu atau terdapat banyak komplain dari konsumen.

2. Cek Ulasan Produk

article image

Image source: eDesk.com

Setelah memastikan bahwa si penjual bisa dipercaya, selanjutnya kamu bisa cek ulasan produk dari pembeli sebelumnya. Hal ini untuk memastikan barang yang kita inginkan dari segi kualitasnya, keasliannya, dan kelengkapannya.

Jangan terkecoh, di luar sana tidak sedikit pula penjual-penjual besar yang ternyata sering teledor dalam mengemas barang pesanan. Pastinya kamu tidak ingin kan barang pesananmu tidak sesuai dengan yang diharapkan?

3. Jangan Terkecoh Harga Murah

article image

Image source: Andus Health Benefits

Lazimnya, setiap penjual pasti akan mengikuti harga pasar yang berlaku. Tidak mungkin barang berkualitas tinggi tetapi dijual di bawah harga pasar. Kamu patut curiga jika kamu menemukan hal semacam ini di toko online.

Untuk memastikannya, kamu bisa lakukan perbandingan barang dengan penjual lain. Apakah harga yang ditawarkan masuk akal? Jika selisihnya tipis itu hal yang wajar, namun jika perbedaannya terlalu jauh, kamu bisa lihat ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya, adakah yang mengeluh tentang produk tersebut?

4. Baca Deskripsi Produk & Ketentuannya

article image

Image source: rakeshnext.com

Jika sudah menemukan penjual terpercaya dan kualitas produk yang sesuai dengan harga, selanjutnya perhatikan deskripsi produk dengan baik. Pastikan produk, merek, varian, spesifikasi, serta kelengkapannya lengkap dan sesuai. Jika informasinya dirasa kurang, jangan sungkan untuk menanyakan langsung kepada penjual nomor kontak atau fitur chat.

Jangan lupa, setiap toko biasanya memiliki persyaratan dan ketentuan masing-masing. Entah itu terkait garansi barang, perjanjian refund, asuransi, jam operasional, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa syarat dan ketentuan yang diberlakukan si penjual tidak memberatkan.

5. Pertimbangkan Metode Pembayaran

article image

Image source: Beecloud.id

Pembayaran belanja online biasa dilakukan via transfer ATM, kartu kredit, atau melalui gerai retailer. Jika menggunakan kartu kredit, maka kamu akan memiliki bukti transaksi dan keterangan terjamin tentang barang yang dipesan.

Namun, karena belakangan ini sedang marak kasus pencurian nomor kartu kredit, kamu bisa mempertimbangkan pembayaran lain menggunakan sistem COD, PayPal, atau Transfer Kirim. Selain itu, pertimbangkan juga untuk membeli via marketplace agar keamanan lebih terjamin.


Demikianlah 5 cara aman berbelanja online. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: Oprah Daily