Cara Ampuh dan Manfaat Diet Media Sosial

Pernah mendengar istilah diet media sosial? Biasanya diet media sosial dilakukan oleh orang yang tidak bisa lepas dari gadget dan terlalu banyak menghabiskan waktu di aplikasi media sosial. Memang benar media sosial seperti Instagram sudah menjadi candu dan juga makanan sehari-hari untuk bisa mengetahui informasi terupdate, melihat kehidupan artis dan juga berbelanja online. Tapi terkadang seringnya membuka media sosial justru membuat beberapa orang menjadi merasa gelisah, stres, khawatir, merasa kesepian dan jadinya juga membandingkan dengan kehidupan orang lain dan menjadikan media sosial sebagai alat ukur dalam menjalankan kehidupan.

Nah kalau kamu sudah mengalami gejala-gejala seperti ini, artinya kamu sudah berlebihan dalam mengonsumsi media sosial. Untuk itu, cobalah untuk menjalankan diet media sosial demi kesehatan jiwa dan banyak manfaat yang bisa kamu rasakan. Simak penjelasannya di bawah ini:

Jangan Cek HP Setelah Bangun Pagi

article image

Image source: kompasiana.com

Siapa yang setiap baru bangun pagi hari langsung cek hp dan media sosial? Tentu semua orang pernah melakukan hal tersebut karena ada perasaan yang tidak ingin ketinggalan update satu pun yang terjadi di dunia. Jika kamu ingin melakukan diet media sosial, cobalah untuk tidak mengecek hp dan scroll Instagram setiap baru melek. Simpan hp di laci atau di mana pun yang jauh dari tempat tidur sebelum tidur.

Ganti kegiatan mengecek hp dengan melakukan berbagai aktivitas pagi seperti menikmati udara pagi, menikmati sarapan, berolahraga dan mengerjakan hal yang terpenting terlebih dahulu sebelum membuka media sosial. Lakukan cara ini setiap hari selama seminggu, nantinya kamu akan terbiasa untuk tidak mengecek hp saat baru bangun dan otak terasa lebih fresh di pagi hari.

Atur jadwal Untuk Media Sosial

article image

Image source: hellosehat.com

Cara diet media sosial yang kedua adalah dengan mengatur jadwal untuk melihat media sosial. Biasanya tanpa sadar kita telah menghabiskan beberapa jam dalam sehari hanya untuk scroll Instagram atau membuka media sosial lainnya. Untuk itu, kamu bisa belajar untuk mengatur waktu dan menjadi lebih disiplin melihat media sosial. Seperti di Instagram, kamu bisa mengatur time reminder untuk penggunaan media sosial. Jika sudah melebihi waktu maka kamu akan mendapat reminder berapa lama kamu sudah membuka media sosial dalam sehari.

Dengan begitu, kamu juga bisa belajar menggunakan sisa waktu untuk melalukan banyak hal penting, tidak merasa membuang waktu hanya melihat kehidupan sehari-hari orang yang ada di media sosial, berita hoaks dan juga gosip. Fokuslah pada tujuan hidup dan apa yang ingin kamu capai.

Pilih Fitur Unfollow dan Mute

article image

Image source: heartcms.com

Media sosial terkadang membuat kita suka kesal sendiri melihat akun-akun yang isinya hanya pamer dan tidak memiliki nilai sama sekali. Terkadang tanpa kita sadari akun-akun yang di follow juga memberi dampak yang tidak baik seperti menjadi sedih, depresi, bahkan minder, ada juga yang menebar kebencian. Tentu hal ini sangat mengganggu kesehatan jiwa kita. Jadi tidak ada salahnya kamu untuk unfollow akun-akun tersebut agar tidak muncul lagi di timeline. Pilihlah akun yang benar-benar bermanfaat dan memberi dampak dan juga motivasi yang baik bagi kehidupan sehari-hari.

Jika kamu merasa terganggu juga dengan postingan teman, kamu bisa memilih untuk “mute” atau “hide” dari timeline dibandingkan harus unfollow teman sendiri. Hal ini baik untuk kamu dan juga tidak akan berpengaruh terhadap hubungan pertemanan. Dengan begitu kamu tidak perlu unfollow dan melihat postingan teman lagi.

Membatasi Penggunaan Media Sosial

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Membatasi penggunaan media sosial juga bisa menjadi salah satu cara untuk diet media sosial. Kamu bisa menantang diri hanya membuka media sosial sehari 2-3 kali setelah kamu selesai beraktivitas atau menyelesaikan deadline. Kamu juga bisa menantang diri untuk menghapus aplikasi media sosial yang kamu rasa malah membuat kamu menjadi kecanduan selama 2 minggu hingga satu bulan.

Manfaat Dari Diet Media Sosial

article image

Image source: annisamulia.com

Dengan melakukan diet media sosial banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan:

  1. Dengan diet media sosial kamu bisa belajar untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain. Kamu jadi bisa lebih menerima hidup dengan memperhatikan goals dari hidup kamu. Tidak mengecek atau memperhatikan kehidupan orang lain yang jadi kebiasaan setiap hari malah justru membuat kamu jadi lebih tenang dan berpikiran terbuka.
  2. Otak dan pikiran jadi lebih fresh setiap harinya karena kamu sudah menyerap lebih sedikit informasi yang tidak berguna
  3. Tidak membuang-buang waktu lagi dengan menghabiskan waktu di media sosial. Justru jadi lebih banyak waktu untuk melakukan hal produktif seperti berolahraga, belajar pengembangan diri, bersosialisasi, belajar berkebun, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan
  4. Kamu bisa jadi lebih fokus pada diri sendiri, introspeksi diri, set up goals, lebih memahami diri sendiri dan lebih banyak untuk berkontemplasi.
  5. Tanpa sadar dengan diet media sosial kamu jadi bisa lebih menahan diri untuk tidak hidup konsumtif. Media sosial cenderung membuat kita untuk berlaku konsumtif dengan berusaha mengikuti tren dari akun yang kita follow sedangkan kita tidak membutuhkan barang tersebut. Hanya keinginan semata saja.

Itulah beberapa cara yang paling mudah untuk melakukan diet media sosial beserta manfaat yang bisa kamu rasakan. Memang tidak semudah itu untuk memutuskan untuk diet media sosial, butuh sebuah tekad yang kuat dalam membatasi diri menggunakan media sosial. Yang paling penting jangan sampai media sosial mengontrol hidup kamu dan melupakan kesehatan jiwa. Ikuti informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: africaymca.org