Lakukan Cara Ini untuk Bakar Kalori Paling Cepat dan Menyenangkan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membakar kalori. Umumnya seseorang akan memilih olahraga kardio untuk membakar kalori dengan cepat. Namun terkadang seseorang sulit untuk tetap konsisten melakukan olahraga.

Ada pula yang memilih diet dan hanya mengonsumsi makanan sehat. Kalau kamu memilih cara ini, kamu juga perlu menjaga konsistensi dan tidak mudah tergoda untuk mencicipi makanan yang tidak sehat.

Ternyata ada cara yang lebih menyenangkan untuk bakar kalori dengan cepat. Tanpa disadari cara bakar kalori paling cepat tersebut mungkin juga sering kita lakukan. Daripada penasaran, yuk simak beberapa cara bakar kalori paling cepat berikut ini.

Minum Air Dingin

article image

Image source: muslim.okezone.com

Mungkin di antara kamu banyak mengira bahwa minum air dingin dapat menyebabkan penumpukan lemak. Banyak orang enggan minum air dingin saat sedang menjalankan diet atau program penurunan berat badan. Namun ternyata minum air dingin justru termasuk salah satu cara bakar kalori paling cepat.

Air dingin dapat membantu tubuh membakar kalori karena saat meminumnya tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas. Agar suhu tetap terjaga dan sama dengan suhu tubuh kamu, kalori pun dibutuhkan untuk menghangatkan air dingin tersebut. Akibatnya, tubuh justru akan membakar lebih banyak kalori.

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa minum air dingin sebanyak 500 ml dapat meningkatkan kalori yang terbakar sebanyak 24-30% selama 90 menit.

Sering Tertawa

article image

Image source: watyuthink.com

Cara bakar kalori paling cepat dan menyenangkan berikutnya adalah sering tertawa. Tidak percaya? Tertawa membuat kita bahagia dan telah dibuktikan juga oleh sebuah penelitian dapat membakar kalori.

Sebuah penelitian yang melibatkan pasangan menunjukkan sering menonton film lucu dapat meningkatkan metabolisme sebesar 10-20%. Penjelasannya adalah saat tertawa detak jantung akan meningkat. Dengan meningkatnya detak jantung akan memicu tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Dengan kata lain, saat tertawa kalori dalam tubuh akan terbakar lebih besar. Wah, bisa dicoba nih!

Mengunyah Permen Karet

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Mengunyah permen bisa kamu coba sebagai cara bakar kalori paling cepat dan bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga kamu juga bisa mengurangi asupan kalori dari makanan.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan University of Rhode Island. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang suka mengunyah permen karet ternyata mengonsumsi kalori yang lebih sedikit saat makan siang.

Mereka juga tidak mengonsumsi makanan yang lebih banyak saat waktu makan berikutnya. Namun kamu harus mengunyah permen karet yang bebas gula agar efektif.

Mendonorkan Darah

article image

Image source: alodokter.com

Mendonorkan darah bukan saja kegiatan yang mulia, tetapi juga termasuk cara bakar kalori paling cepat. Saat mendonorkan darah, jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh akan meningkat.

Setelah melakukan donor darah, tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk membentuk protein baru, sel darah merah dan komponen darah yang lain untuk menggantikan darah yang hilang. Akibatnya, tubuh pun akan membakar kalori lebih banyak.

Membersihkan Rumah

article image

Image source: hellosehat.com

Malas bersih-bersih rumah? Sepertinya kamu perlu mengubah kebiasaan tersebut untuk membakar kalori. Kegiatan membersihkan rumah ternyata bisa menjadi cara bakar kalori paling cepat lho!

Saat membersihkan jendela saja, kamu bisa membakar sekitar 65 kalori. Apalagi jika kamu melakukan hal lain, tentu lebih banyak lagi kalori yang bisa dibakar. Jadi jangan malas membersihkan rumah ya kalau ingin bakar kalori.

Aktivitas Belanja

article image

Image source: phinemo.com

Siapa nih yang hobinya belanja dan tidak capek keliling mall untuk berburu diskon menarik? Kamu mungkin tidak sadar bahwa saat asyik belanja sebetulnya kamu sedang berolahraga. Coba saja hitung berapa langkah yang sudah kamu lakukan saat belanja di mall atau di pasar tradisional?

Saat berbelanja, tentu kamu akan berkeliling dan mencari barang yang kamu butuhkan. Nah, setiap langkah yang kamu hasilkan ketika berbelanja tentu akan membakar kalori dalam tubuh. Apalagi jika kamu tipe orang yang senang jalan cepat atau harus naik turun tangga saat berbelanja.

Tentunya kegiatan berbelanja ini merupakan cara bakar kalori paling cepat dan menyenangkan, terutama untuk kaum wanita. Ternyata aktivitas belanja tidak melulu berkaitan dengan pemborosan ya!

Lebih Aktif Menggerakkan Tangan dan Kaki

article image

Image source: hipwee.com

Kalau ingin menerapkan cara bakar kalori paling cepat, jangan malas untuk lebih aktif menggerakkan tangan dan kaki. Cara ini bisa kamu lakukan di saat santai lho, misalnya saat sedang menunggu seseorang.

Bahkan orang yang tanpa sadar senang menggerakkan tangan dan kaki saat sedang gelisah dapat dikatakan sedang membakar kalori. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka gelisah saat duduk atau berdiri ternyata dapat membakar kalori 5-6 kali lebih banyak dibandingkan orang yang diam saja saat duduk atau berdiri.

Cara bakar kalori paling cepat yang lebih efektif adalah kamu harus lebih banyak bergerak. Manfaatkan waktu luang kamu dengan melakukan gerakan ringan seperti mengayunkan kaki, menggerakkan kepala ke kanan dan kiri, mengubah posisi atau sekadar mondar-mandir. Tanpa disadari, kamu pun telah berusaha membakar kalori.

Bercinta

article image

Image source: hellosehat.com

Bagi pasangan yang telah menikah, aktivitas bercinta tidak hanya akan menambah keintiman tetapi juga merupakan cara bakar kalori paling cepat dan tentunya menyenangkan. Bercinta atau berhubungan seksual membutuhkan banyak energi dan posisi seks yang berbeda juga mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar.

Seorang pria dapat membakar sekitar 350 kalori per jam saat melakukan posisi seks misionaris. Di sisi lain, wanita pun dapat membakar sekitar 200 kalori saat melakukan posisi cowgirl selama 30 menit.


Nah, itu tadi beberapa cara bakar kalori paling cepat dan menyenangkan untuk dilakukan. Kamu pun bisa memilih salah satu dari cara tadi yang menurut kamu paling mudah dan sesuai. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: halodoc.com