6 Cara Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dan Efektif Untuk Anak

Kini bahasa inggris menjadi bahasa favorit yang harus dipelajari semua orang di dunia. Pasalnya kini bahasa inggris menjadi bahasa internasional dan universal, tidak hanya orang Indonesia saja yang perlu belajar tapi semua orang di dunia harus mempelajarinya. Itulah mengapa pelajaran Bahasa Inggris sudah masuk dalam kurikulum anak-anak di sekolah sejak dini mula dari playgroup. Anak-anak dianggap lebih cepat menyerap Bahasa asing sejak dini tapi sebagai orang tua tidak ada salahnya untuk tetap mengajarkan Bahasa inggris ketika di rumah. Tentu dengan cara yang menyenangkan agar anak tidak merasa seperti sedang berada di sekolah. Dengan cara yang efektif dan menyenangkan dijamin anak-anak pun tidak mudah lupa dan senang untuk terus belajar. Simak cara-caranya di bawah ini:

Bangun Rutinitas Bicara

article image

Image source: citizentime.com

Orang tua perlu membangun rutinitas bicara saat anak belajar Bahasa Inggris. Dengan begitu anak akan lebih mudah tahu cara belajar tanpa terlihat seperti serius belajar di kelas. Anak pun akan konsisten mempelajari bahasa. Bisa diawali dengan berbicara selama 15 menit setiap harinya. Luangkan waktu 15 menit untuk sepenuhnya berbicara dalam Bahasa Inggris. Pada saat ini, libatkan anak untuk berbicara Bahasa Inggris baik tentang hobi, pilihan makan, ataupun film. Baik orang tua atau anak harus berbicara dalam Bahasa Inggris dalam durasi tersebut supaya tidak ada kebingungan dalam bicara. Durasi bicara ini bisa ditingkatkan seiring anak lancar berbicara. Anak jadi akan secara natural berbicara Bahasa Inggris.

Ajak Membaca

article image

Image source: signupgenius.com

Cara belajar Bahasa Inggris tidak hanya dilakukan dengan berbicara sehari-hari saja. Anak juga bisa diajak untuk membaca. Nantinya anak bisa diminta untuk membaca keras-keras tulisan dalam bacaan tersebut. Jadi mereka bisa lancar membaca sebuah tulisan. Tak usah bacaan yang rumit, ajak anak membaca bacaan anak-anak. Atau kalimat sederhana tentang buah, hobi, atau pun dongeng sebelum tidur.

Menulis

article image

Image source: readingrecket.com

Setelah membaca, anak bisa diajarkan untuk menulis apa yang dibacanya tadi. Hal ini untuk membiasakan anak bisa mengeja setiap kata yang mereka ucapkan. Hal ini dikarenakan banyak kata dalam Bahasa Inggris yang bunyinya sama tapi ejaan dan artinya berbeda. Ini penting untuk menambah kosakata. Mereka bisa membedakan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Jadi saat berbicara, mereka akan tahu konteks kata dalam sebuah kalimat. Cara belajar bahasa Inggris seperti ini bisa membuat mereka berbicara dan menulis dengan benar kata-katanya.

Baca juga artikel lainnya seputar ibu dan anak di bawah ini.

Articles

Bermain

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Setiap anak tidak bisa dipaksa belajar sesuatu dalam cara formal apalagi ketika di rumah. Jadi harus diselingi dengan permainan, begitu juga dengan cara belajar Bahasa Inggris yang mudah. Anak diusahakan belajar dalam keadaan menyenangkan. Nah tugas orang tua mencari permainan yang bisa meningkatkan kemampuan anak dalam belajar Bahasa Inggris. Contoh permainan yang bisa digunakan untuk belajar Bahasa Inggris seperti board race, simon says, hangman, hide and seek, what’s missing?, dan market game.

Menonton video atau film

article image

Image source: simplemost.com

Menonton video atau film adalah cara belajar bahasa Inggris paling efektif dan pasti mudah dihafalkan. Anak bisa belajar sambil bermain lewat menonton video atau film dalam Bahasa Inggris. Dengan begitu mereka bisa melihat, mendengar, dan menirukan setiap kata. Tidak sedikit video yang juga membantu mengeja kata per kata. Tak jarang kata-kata tersebut terbenam masuk ke dalam otak sang anak. Alhasil mereka makin banyak tahu kosakata dalam Bahasa Inggris.

Mendengarkan Lagu

article image

Image source: pbs.org

Selain video, lagu juga relatif efektif membantu cara belajar Bahasa Inggris untuk anak. Anak lebih mudah mencerna kata dalam sebuah lagu. Apalagi anak-anak juga lebih mudah menghafalkan kosakata Bahasa Inggris dalam lagu. Nyanyian dengan gaya atau tarian sangat bagus untuk anak yang masih kecil karena dapat mengikuti gerakan meski pun belum bisa menyanyikan lagunya. Gaya atau tarian tersebut sering menggambarkan makna atau arti dari lagu.


Itulah beberapa cara belajar Bahasa Inggris yang efektif dan menyenangkan untuk anak-anak di rumah. Lakukan hal yang seru bersama anak untuk belajar. Yuk, mulai terapkan ke buah hati Anda sejak dini, agar mereka semakin lihai berbicara Bahasa Inggris. Cek Gotomalls.com untuk menemukan informasi seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls