Inilah Cara Belajar Main Gitar Untuk Pemula Beserta Kunci-Kunci Dasarnya

Belajar gitar bukanlah hal yang sulit, namun juga bukan hal yang mudah. Tak jarang ada orang yang memang sudah mempunyai bakat bermain gitar sehingga mudah bagi mereka saat mempelajari cara bermain gitar. Namun ada pula sebagian orang yang memang kurang berbakat bermain gitar dan mungkin akan mengalami kesulitan untuk menguasainya. Meskipun begitu kamu masih bisa belajar cara bermain gitar meskipun dari nol dan kamu sama sekali tidak mengetahui dasar-dasar bermain gitar. Nah tips di bawah ini mungkin dapat membantu jika kamu ingin mempelajari cara-cara dasar bermain gitar.

Belajar Kunci Dasar Gitar

article image

Image source: pinterest.fr

Bagi pemula, cara belajar main gitar yang pertama kali harus diketahui adalah belajar kunci-kunci dasar gitar. Umumnya, gitar mempunyai enam dawai atau senar, mulai yang paling bawah (paling kecil) hingga yang paling atas (paling besar). Baik jenis gitar elektrik maupun gitar akustik,keduanya sama-sama mempunyai nada sama di setiap senarnya. Hanya saja yang membedakannya kedua jenis gitar ini terletak pada tuningnya. Untuk nada di masing-masing senar gitar adalah:

• Senar paling bawah, senar 1: bernada E’
• Senar 2: bernada B
• Senar 3: bernada G
• Senar 4: bernada D
• Senar 5: bernada A
• Senar paling atas, senar 6: bernada E

Kunci dasar yang ada pada gitar terbagi menjadi dua, kunci biasa atau dasar serta kunci dasar gitar minor. Untuk kunci utama yang sering sekali digunakan yaitu A mayor, C mayor, D mayor, E mayor, dan G mayor. Setiap kunci gitar mempunyai penempatan jari pada senar gitar yang berbeda. Kamu bisa mempelajarinya pada tutorial gambar maupun video yang ada di internet.

Belajar Memegang Gitar

article image

Image source: liveabout.com

Setelah mengetahui kunci-kunci dasar pada senar gitar, maka hal lainnya yang harus dipelajari dalam cara belajar main gitar untuk pemula adalah belajar memegang gitar dengan benar. Terlihat sepele mungkin, namun hal seperti ini penting. Kamu harus tahu bagaimana cara memegang gitar yang benar, sebelum mulai memainkannya. Jika kamu bukan pemilik tangan kidal, kamu bisa menggunakan tangan kirimu untuk menekan dawai atau senar gitar yang ada pada leher gitar. Dan gunakan tangan kananmu untuk memetik senar yang ada di bridge gitar atau lubang suara.

Saat ingin bermain gitar, maka pastikan jika posisi kamu sudah sangat nyaman. Kamu bisa duduk di bangku atau kursi. Pastikan jika gitar yang kamu mainkan berada dalam posisi horizontal. Pegang bagian belakang gitar sehingga menyentuh bagian dada dan perut. Pastikan juga jika posisi gitarmu bertumpu di kaki dominan. Letakkan gitar di atas paha dan pastikan jika ada di pangkuanmu. Mungkin akan terasa tidak nyaman di awal-awalnya meskipun kamu telah belajar gitar dengan benar. Namun tak perlu dikhawatirkan karena hal ini biasa untuk pemula. Kamu akan merasakan tidak nyaman sat memegang gitar dan tangan yang terasa sakit serta pegal. Akan tetapi lama kelamaan maka kamu juga akan mulai terbiasa.

Baca juga artikel lainnya tentang musik di bawah ini sebagai referensi.

Artikel

Cara Menyetem Gitar

article image

Image source: liveabout.com

Untuk menyetem gitar ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan tuning standar. Kemudian kamu pun juga bisa menggunakan tuner dan yang terakhir juga dapat mencocokkannya dengan instrumen lainnya ataupun menggunakan teknik harmonik. Semua cara tersebut bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis gitar, baik gitar elektrik maupun akustik ataupun instrumen-instrumen lainnya seperti bass, ukulele, dan kencerung. Kamu bisa mempelajari salah satu cara untuk menyetem gitar sebelum memainkannya.

Jika kamu ingin menggunakan tuning standar, sebenarnya cara ini sangat mudah mengingat banyak digunakan oleh gitaris serta lagu-lagu yang ada di pasaran umumnya menggunakan stem standar ini. Lalu bagaimana cara untuk menyetem agar tuning menjadi standar? Langkah yang paling mudah dengan cara mencocokkannya langsung dengan lagu yang kamu dengar.

Cobalah dengarkan salah satu lagu, terutama pada bagian chordnya yang pertama. Setelah kamu mendengarkannya, kamu bisa saja langsung menyamakan nadanya menggunakan senar 6 yang ada pada gitarmu. Jika sudah sama, maka kamu bisa melanjutkannya dengan langkah-langkah selanjutnya dalam menyetem manual.

Berlatih Secara Rutin

article image

Image source: londonmusicacademy.com

Teori yang kamu pelajari tak akan cukup untuk membuat kamu bisa mahir bermain gitar. Karena itulah penting juga untuk melakukan latihan rutin sehingga tangan kamu nantinya terbiasa menekan senar yang sesuai chord gitar dasar. Mungkin yang tadinya kamu belum terlalu terbiasa, jika kamu berlatih secara terus menerus membuat kamu menjadi biasa dan akan lebih mahir saat bermain gitar. Luangkan waktu luangmu untuk mempelajari cara belajar main gitar untuk pemula, sehingga ini juga akan membantu melatih memori otot-otot pada tanganmu.


Ada banyak referensi untuk belajar main gitar. Belajar gitar bukanlah hal yang sulit saat ini untuk mempelajarinya. Apalagi ada banyak referensi yang bisa dijadikan panduan bermain gitar, seperti dari buku atau internet. Jadi kamu tak akan merasa kesulitan jika harus belajar gitar secara otodidak.

Kamu juga bisa mendaftar ke beberapa sekolah musik di mall terdekat di kotamu dengan para ahlinya cek rekomendasinya di Gotomalls.com. Aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brand

Mall

featured image source: pexels/renatoabati