Bisa Ditiru, Begini Cara Bijak Memakai Uang THR

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu para karyawan kantor menjelang hari raya adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Setelah mendapatkan THR, kamu pun mulai memikirkan keperluan apa saja yang akan kamu beli. Kamu mungkin akan menggunakannya untuk membeli baju baru, liburan atau gadget.

Nah, kalau selama ini kamu memiliki pola pikir demikian, sebaiknya mulai sekarang kamu mulai mengubahnya. Dengan pola pikir seperti itu, justru uang THR kamu akan cepat habis, bahkan mungkin tidak akan betul-betul merasakan manfaatnya. Kamu harus belajar untuk menggunakan uang THR secara bijak supaya dapat merasakan manfaatnya.

Agar tidak telanjur salah langkah dalam mengelola uang THR, Gotomalls akan berikan beberapa tips untuk memakai uang THR secara bijak. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

Sisihkan 10-20 Persen untuk Tabungan

article image

Image source: kompas.com

Alasan utama seseorang tidak bisa menabung adalah karena tidak memiliki uang untuk ditabung. Penghasilan habis untuk berbagai keperluan dan akhirnya tidak ada yang tersisa. Padahal prinsip menabung adalah menyisihkan sejumlah dana untuk ditabung terlebih dahulu, baru sisanya digunakan untuk membeli berbagai keperluan.

Sama seperti halnya gaji bulanan, kamu pun perlu menyisihkan uang THR untuk tabungan. Cukup alokasikan 10-20 persen untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Dengan menyisihkan sedikit dana untuk tabungan kamu pun tidak akan tergoda menggunakannya untuk keperluan lain.

Alasan lain untuk menabung adalah uang THR merupakan sumber penghasilan tambahan yang tentu saja dapat mendongkrak jumlah tabungan. Sebaiknya pisahkan sejumlah uang THR yang kamu tabung dengan rekening yang kamu pakai untuk keperluan sehari-hari.

Prioritaskan untuk Keperluan Hari Raya dan Zakat

article image

Image source: avrist.com

Setelah menyisihkan sejumlah uang THR untuk tabungan, selanjutnya adalah prioritaskan tunjangan tersebut untuk hari raya. Sesuai dengan namanya, yakni Tunjangan Hari Raya tentu saja uang tersebut harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Namun bukan berarti kamu harus menggunakan uang THR seluruhnya untuk keperluan tersebut.

Gunakan uang THR untuk keperluan Lebaran seperti membeli tiket mudik, baju baru, perlengkapan ibadah dan zakat. Alokasikan maksimal 20 persen dana dari THR untuk membeli keperluan baju baru dan perlengkapan ibadah. Sebaiknya belilah pakaian baru jauh sebelum Lebaran sebelum harganya melonjak tinggi.

Hal yang tidak kalah penting, kamu harus memprioritaskan uang THR untuk membayar zakat. Bagi umat muslim membayar zakat bersifat wajib dan dibayar paling lambat sebelum hari raya Idul Fitri. Kamu bisa membayar zakat sesuai dengan ketentuan dari Badan Amil Zakat tempat kamu berzakat.

Kalau keperluan hari raya untuk diri sendiri sudah beres, kamu bisa berbelanja kebutuhan saat Idul Fitri, yakni untuk hidangan dan jamuan makan. Kamu bisa menyiapkan keperluan tersebut menjelang Lebaran. Namun kamu harus tetap menggunakan uang THR dengan cermat dan siapkanlah keperluan saat hari-H sesuai dengan kebutuhan.

Kamu juga bisa mengirim parcel lebaran untuk kerabat terdekat.

Kue Lebaran Parsel Belarosa Paket Berkah

article image

Beli Sekarang

Gunakan untuk Investasi atau Pemakaian Jangka Panjang

article image

Image source: avrist.com

Selanjutnya adalah alokasikan sejumlah uang THR untuk pemakaian jangka panjang. Sebaiknya jangan menggunakan uang THR untuk keperluan sehari-hari karena justru akan membuat kamu boros. Kamu bisa menggunakan gaji bulanan untuk keperluan tersebut.

Supaya uang THR kamu lebih bermanfaat dalam kehidupan finansial kamu, kamu bisa menyisihkannya sekitar 10 persen untuk modal investasi. Ini dapat menjadi kesempatan bagus karena kamu mendapatkan modal investasi tersebut secara cuma-cuma. Keuntungan yang kamu terima pun menjadi berlipat ganda.

Jangan Lupa untuk Berbagi dan Menyiapkan Angpao

article image

Image source: idntimes.com

Kamu sudah menyisihkan uang THR untuk tabungan, membeli keperluan hari raya dan menginvestasikan sebagian dana. Setelah semua kebutuhan tersebut terpenuhi, sekarang saatnya kamu menyalurkan sedikit rezeki untuk orang lain yang membutuhkan. Dengan berbagi uang THR kamu akan menjadi bermakna bagi orang lain.

Memaknai hari raya tidak hanya untuk berkumpul bersama keluarga, tetapi juga dengan tidak menyimpan berkat kamu sendirian. Berbagi berkat dengan orang lain akan membuatmu lebih bahagia. Kamu tidak harus memberi dalam jumlah besar karena hal yang terpenting adalah keikhlasan dan ulurkan bantuan sesuai kemampuanmu.

Selain itu, biasanya hari raya identik dengan angpau. Meski tahun ini tidak bisa mudik karena adanya wabah covid-19, kamu tetap bisa mengirimkan uang sebagai angpau untuk dibagikan ke sanak saudara. Kebutuhan ini relatif tergantung besaran angpau dan jumlah amplop yang ingin kamu bagikan.

Sebaiknya saat menerima THR kamu langsung mengirim atau menyimpannya secara terpisah. Dengan begitu alokasi dana untuk angpau sudah aman dan kamu tidak perlu pusing memikirkannya lagi menjelang Lebaran.

Sisa THR untuk Melunasi Utang Berjalan

article image

Image source: kompas.com

Kalau kamu masih memiliki sisa uang THR setelah memenuhi keperluan tadi, kamu bisa menggunakannya untuk melunasi utang berjalan atau membayar cicilan utang. Kamu bisa gunakan untuk membayar tagihan kartu kredit bulan sebelumnya yang belum dibayar lunas. Kamu tidak ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan memikirkan masalah utang bukan?

Seandainya kamu tidak memiliki utang yang perlu dibayar, kembali lagi ke poin sebelumnya, gunakanlah dana tersebut untuk investasi, tabungan atau dana darurat. Dana ini bisa kamu gunakan sewaktu-waktu untuk keperluan mendadak di kemudian hari dan berjaga-jaga apabila keperluan tersebut tidak bisa kamu penuhi dari gaji bulanan.

Products


Itu tadi beberapa tips dan strategi untuk mengelola uang THR dengan bijak. Jangan buru-buru membelanjakan uang THR, mulai sekarang kelola dana dengan baik agar manfaatnya lebih terasa. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: prokabar.com