Cara-Cara Bikin Channel YouTube

Di era digital seperti sekarang, orang-orang mulai beralih mencari pendapatan secara online. Selain tidak terikat jam kerja, kamu juga bisa berpenghasilan dari rumah dengan memanfaatkan internet. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan melalui internet, salah satunya adalah dengan membuat channel YouTube.

Kamu pasti menyadari sekarang ini banyak YouTuber bermunculan dengan berbagai konten. Bahkan tidak sedikit public figure atau selebriti yang membuat channel YouTube sendiri untuk menambah penghasilan. Kamu pun bisa mencoba cara ini untuk meningkatkan pendapatan dari rumah. Kalau kamu belum tahu cara bikin channel YouTube dan bagaimana bisa menghasilkan uang dari YouTube, yuk simak ulasan berikut ini.

Membuat Akun YouTube

article image

Image source: kliksatu.co.id

Untuk menghasilkan pendapatan dari YouTube, langkah pertama kamu harus memiliki akun YouTube terlebih dahulu. Mula-mula kamu harus mendaftarkan akun. Kamu bisa menggunakan email akun Google kamu, cara ini disarankan karena mendaftarkan akun Google untuk akun YouTube lebih mudah daripada harus mendaftarkan diri dari awal. Namun lebih bagus lagi kalau email tersebut dibuat khusus untuk channel YouTube saja.

Setelah membuat akun YouTube, selanjutnya adalah membuat channel YouTube. Cara bikin channel YouTube juga cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka halaman YouTube, kemudian klik bagian 'Sign In' di pojok kanan atas.
  2. Masukkan email atau akun yang sudah didaftarkan.
  3. Setelah berhasil sign in, klik foto yang berada di pojok kanan atas lalu klik bagian 'Settings'. Kamu akan melihat pengaturan akun dan pilih 'Create a New Channel' untuk membuat channel YouTube baru.
  4. Selanjutnya kamu harus mengisi nama untuk channel YouTube kamu, pilih nama yang mudah diingat, unik dan sesuai dengan isi konten yang ingin kamu tampilkan.
  5. Kalau kamu ingin menggunakan channel YouTube untuk bisnis, klik 'Use a Bussiness or Other Name' yang berwarna biru. Masukkan nama brand yang diinginkan saat masuk ke lama 'Brand Account' dan klik 'Create'.
  6. Langkah berikutnya adalah mengunggah video yang sudah kamu siapkan.
    Cara bikin channel YouTube tidak sulit bukan? Hal paling penting yang juga harus kamu pikirkan ketika ingin membuat channel YouTube adalah konsep dan konten yang ingin kamu tampilkan. Pikirkan matang-matang konsep dan konten tersebut dan kemaslah semenarik mungkin untuk mengundang banyak penonton atau viewers.

Syarat Monetisasi YouTube dan Mengaktifkan Google AdSense

article image

Image source: febriyanlukito.com

Untuk dapat menghasilkan uang, cara bikin channel YouTube berikutnya adalah kamu harus memonetisasi YouTube. Apa itu monetisasi YouTube?

Monetisasi adalah proses menghasilkan uang dari video YouTube yang kamu unggah dengan mengaktifkan fitur iklan di dalam video. Setelah dimonetisasi kamu akan mendapat keuntungan yang nilainya dihitung berdasarkan jumlah penonton atau viewers. Kamu akan dapat menghasilkan uang dari iklan yang dipasang di video-video yang kamu unggah.

Namun tidak semua video bisa disisipkan iklan karena hanya video populer saja yang akan mendapatkan pemasukan besar. Untuk memonetisasi YouTube kamu juga harus memenuhi syarat yang diminta. Persyaratan bagi para kreator video yang ingin memonetisasi YouTube antara lain sebagai berikut.

  1. Mengikuti segala aturan dan kebijakan dari monetisasi YouTube. Kebijakan tersebut antara lain pembatasan konten yang tidak boleh berisi kekerasan, pornografi dan memastikan konten yang kamu unggah tidak melanggar hak cipta.
  2. Kreator video harus tinggal di negara atau wilayah program YouTube Partner tersedia. Indonesia termasuk dalam lingkup wilayah tersebut.
  3. Telah memiliki lebih dari 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Hal ini berarti total jumlah jam tayang video kamu sudah mencapai 4000 jam.
  4. Mempunyai lebih dari 1000 subscribers.
  5. Terhubung dengan akun AdSense.

Nah, salah satu syarat untuk monetisasi YouTube adalah terhubung dengan akun AdSense. Ini menjadi bagian penting karena kamu harus mengaktifkan Google AdSense untuk mendapatkan keuntungan. Langkah-langkah untuk mengaktifkan Google AdSense adalah sebagai berikut.

  1. Buka halaman YouTube, klik ikon akun YouTube di pojok kanan atas.
  2. Masuk ke pilihan 'Creator Studio'.
  3. Di bagian kiri menu pilih atau klik 'Channel'.
  4. Pilih atau klik 'Status and Features'.
  5. Klik enable di pilihan 'Monetization'.
  6. Ikuti perintah yang tertera di halaman tersebut.

Tidak semua permintaan monetisasi akan diterima oleh YouTube. Kemungkinan monetisasi ditolak oleh YouTube adalah akun tersebut belum memenuhi kebijakan dan persyaratan. Apabila permintaan monetisasi kamu ditolak, kamu bisa melakukan pendaftaran lagi kok setelah 30 hari.

Kamera Mirrorless Alpha A6600 Body Only

article image

Beli Sekarang

Cara Monetisasi Channel YouTube

article image

Image source: magazine.job-like.com

Kalau kamu sudah memenuhi persyaratan monetisasi dan pendaftaran Google AdSense diterima, kamu bisa mengandalkan iklan sebagai pemasukan utama. Kamu bisa mengatur iklan yang tayang di kontenmu sekaligus mengatur posisi atau tata letak iklan tersebut.

Namun cara memasang iklan di YouTube tidak bisa sembarangan lho! Kamu juga harus memenuhi persyaratan yang dibuat oleh pengiklan. Selain itu, konten yang kamu tampilkan juga harus sesuai dengan iklan. Sebagai contoh, iklan mengenai tempat wisata akan lebih pas diletakkan di konten traveling.

Bikin Channel YouTube Kamu Makin Dikenal

article image

Image source: YouTube.com

Cara bikin channel YouTube selanjutnya adalah membuat channel kamu semakin dikenal. Ini penting untuk menarik jumlah penonton atau viewers yang tentu saja akan berimbas pada penghasilan yang kamu dapat dari iklan.
Apa saja yang bisa kamu lakukan supaya channel YouTube kamu lebih dikenal? Salah satunya adalah dengan membuat judul yang menarik. Judul adalah bagian terpenting untuk menjelaskan isi video kamu. Kamu juga perlu menambahkan deskripsi yang kira-kira dapat menarik perhatian penonton.

Erick Freeman, seorang pakar dari The Search Agency menganjurkan sebaiknya menyematkan kata 'video' pada judul konten di channel YouTube. Hal tersebut ternyata memberi dampak yang besar karena sebagian besar orang mengetik kata 'video' saat mencari konten di YouTube.

Jangan lupa untuk menambahkan keywords untuk membuat judul konten. Hal ini tidak hanya berlaku untuk artikel lho, tetapi juga berguna untuk channel YouTube kamu. Kamu bisa menggunakan tools seperti Google AdWords atau Wordtracker untuk mengetahui keywords yang paling sering digunakan.

Products


Nah, itulah panduan cara bikin channel YouTube untuk dapat menghasilkan uang dari rumah. Semoga tips tadi membantu kamu untuk meningkatkan pendapatan. Selamat mencoba! Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: arsip.co