Begini Cara Buat Kolak Pisang Agar Tidak Terlalu Pekat dan Kemanisan

Sebagai menu favorit untuk takjil buka puasa, kolak pisang akan banyak dijumpai selama bulan Ramadhan. Rasanya yang manis dan terasa meleleh di mulut memang menjadikan kolak ini sangat digemari orang-orang. Walaupun begitu, tidak semua olahan kolak memiliki rasa yang pas, tidak jarang kita menemui kolak pisang yang rasanya sangat pekat dan terlalu manis.

Penyebab kolak pisang berasa enek bukan lain karena cara pembuatan yang kurang sesuai. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas cara buat kolak pisang yang benar supaya tidak terlalu pekat dan kemanisan.

Gunakan Takaran Santan Secukupnya

article image

Image source: cookpad.com

Santan memang salah satu bahan baku utama untuk membuat kolak pisang, tapi kalau takarannya berlebihan justru akan mengacaukan cita rasanya. Sebelum mencampur semua bahan menjadi satu, perkirakan takaran santan secukupnya saja, kira-kira 20 sampai maksimal 30 persen dari total porsi.

Mencampur santan terlalu banyak akan membuat kuah kolak menjadi kental dan berasa pekat, kalau kamu punya lambung yang sensitif, hidangan kolak yang menggunakan santan terlalu banyak akan membuat perut terasa perih setelah berbuka puasa.

Pilih Gula Merah, Bukan Gula Putih

article image

Image source: radarpekalongan.co.id

Gula putih memiliki karakter rasa manis yang menyengat dan agak tajam, lain halnya dengan gula merah yang terasa gurih. Jadi sebaiknya kita pakai gula merah untuk membuat kolak pisang alih-alih gula putih. Supaya rasanya lebih khas dan wangi, tambahkan beberapa bahan rempah seperti cengkeh dan kayu manis, atau bisa juga disesuaikan dengan selera.

Berikut rekomendasi bahan dasar kolak yang bisa kamu coba:

• 4 buah pisang kepok.
• 3 batang kayu manis.
• 2 lembar daun pandan.
• 2 blok gula merah.
• 1/4 sdt garam.

Sebelum mencampur potongan pisang, siapkan dulu kuahnya dengan cara merebus air bersama gula merah, kayu manis, dan daun pandan yang diikat simpul. Tunggu air hingga mendidih sambil sesekali diaduk merata.

Kamu juga bisa mencoba berbagai resep kolak dengan membeli buku resep di bawah ini:

Resep Aneka Kolak Spesial

article image

Beli Sekarang

Pilih Jenis Pisang yang Sesuai

article image

Image source: blibli.com

Tidak semua buah pisang bisa diolah menjadi kolak. Setiap jenis buah pisang punya ciri khas rasa yang berbeda-beda, begitu pula dengan tingkat kemanisan dan teksturnya. Membuat kolak pisang tidak bisa sembarang pilih, ketahui dulu jenis-jenis pisang yang cocok dijadikan kolak.

Pisang Kepok

article image

Image source: akurat.co

Pisang kepok adalah salah satu jenis pisang terfavorit yang sering diolah menjadi kolak. Pisang kepok bisa dibedakan berdasarkan dua jenis yang paling umum, yaitu pisang kepok putih dan kuning. Pisang kepok putih lebih kecil, berkulit tipis, dan teksturnya empuk. Sebaliknya, pisang kepok kuning berukuran lebih besar, tebal, dan rasanya dinilai lebih enak untuk diolah menjadi kolak, pisang goreng, hingga keripik pisang.

Ciri-ciri pisang kepok terbaik yang matang secara alami memiliki warna kuning yang tidak rata. Jadi, hindari membeli pisang kepok yang berwarna kuning merata di satu sisir karena bisa jadi pisang itu sudah disemprot agar terlihat segar.

Pisang Nangka

article image

Image source: elevania.co.id

Pisang nangka memiliki aroma khas dengan rasa manis dan sedikit asam. Biasanya pisang nangka terasa gurih jika bercampur dengan kuah santan. Selain itu, pisang nangka memiliki tekstur yang lebih keras sehingga tidak mudah hancur ketika diolah menjadi kolak.

Pisang nangka yang sudah matang memiliki kulit yang tetap berwarna hijau, dan ini kadang membingungkan untuk sebagian orang. Cara mengetahuinya yaitu dengan melihat bagian tandan. Jika pisang nangka memiliki tandan berwarna cokelat dan tampak kering, itu artinya pisang nangka sudah tidak segar lagi. Jadi pilihlah tandan pisang yang masih berwarna hijau.

Pisang Tanduk

article image

Image source: bukalapak.com

Pisang tanduk bisa dikenali dengan mudah karena ukurannya yang sangat besar di antara jenis pisang lainnya. Pisang tanduk juga termasuk jenis pisang terfavorit untuk diolah menjadi kolak atau pisang goreng, maka jangan heran kalau harganya cukup mahal.

Pisang tanduk yang bagus mempunyai kulit tebal dengan bintik hitam dan warna kulit yang sedikit kemerahan. Daging pisang ini harus berwarna putih kekuningan yang menandakan bahwa pisang sudah matang.

Pisang Uli

article image

Image source: shopee.co.id

Yang terakhir adalah pisang uli. Pisang ini sebenarnya cocok dijadikan berbagai jenis olahan pisang, entah itu pisang goreng, pisang kukus, pisang cokelat, pisang panggang, atau mungkin dimakan langsung. Pisang uli memiliki rasa manis dengan tekstur yang lumayan kuat dan tidak mudah lembek ketika diolah menjadi kolak.

Produk


Nah, itulah cara buat kolak pisang supaya tidak terlalu pekat dan kemanisan. Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan!

Mall

featured image source: cindycarissa.com